MOTIVASI MENGIKUTI PROGRAM S2 DAN RENCANA SETELAH STUDI

Posted on | Wednesday, September 25, 2013 | 6 Comments



Motivasi



            Motivasi saya mengikuti program S2 ini antara lain: pertama yaitu untuk meningkatkan kualitas pekerjaan saya, tentunya setelah mendapatkan ilmu baru maka harapan saya akan meningkatkan cara dan metode yang digunakan dalam mengajar dan mendidik. Yang kedua saya pikir ingin mengembangkan karir saya. Tentunya jika saya telah mengikuti program S2, akan menaikkan pangkat atau golongan dan juga dapat membuka lebih banyak alternatif jabatan atau posisi yang mungkin dapat terisi. Dan terakhir yang ketiga adalah untuk mewujudkan cita-cita saya yang tertunda, karena setelah tamat S1 dahulu sebenarnya saya ingin langsung melanjutkan program S2 namun karena satu dan lain hal rencana ini tertunda.
            Demikianlah motivasi saya yang sebenarnya kenapa saya ingin mengikuti program S2 yang ditawarkan ini. Namun saya mengikutinya dengan segala kerendahan hati saya, karena adalah justru karena kekurangan atau kebodohan saya, bukan karena saya merasa pintar atau merasa mampu. Akhir kata hanya itulah yang dapat saya utarakan. Mohon maaf dan maklum atas segala kekurangan ataupun salah kata. Salam. Terima Kasih.


SURAT BUAT SISWA SISWI YANG KUCINTAI

No Comments

Apa kabar kalian anak-anak ku semua? Smoga sehat & berbahagia ya. Saya rindu dg kalian semua yang kusayangi, bukan hanya sebatas mengenang tapi juga rindu untuk membimbing & membina kalian lagi.

Saat ini kegiatan saya adalah belajar, sama seperti kalian. Belajar tentang bagaimana untuk menjadi lebih baik dalam mendidik & membimbing kalian.

Pada saat ini, hanya dg menulis, maka saya bisa melepas beban kerinduan ini kepada kalian. Di sela-sela belajar ini, saya menyadari banyak sekali kekurangan saya dalam mendidik & membimbing kalian. Butuh jiwa besar untuk menyatakan pengakuan ini, tapi memang demikianlah seharusnya. Banyak juga kekeliruan yg telah saya perbuat, menyadarinya, dan saya menyesalinya. Untuk hal tersebut, saya hanya bisa mohon maaf kepada kalian. Karena seharusnya kalian berhak mendapat pembelajaran yg terbaik.


PENDIDIKAN TRANSENDENSI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

No Comments

Pertama, yang perlu dikembangkan dan dilatihkan adalah empati, yaitu kemampuan merasakan perasaan orang lain. Masyarakat kita saat ini sangat mudah bersimpati, bukan empati, sehingga toleransi terhadap hal-hal yang tidak baik mudah dan banyak terjadi. Latihan empati akan memampukan sesorang untuk membangun kearifan, yaitu dapat merasakan perasaan orang lain tanpa harus larut dengan perasaan orang lain tersebut. Hal yang kedua yang perlu dikembangkan dan dilakukan adalah generativity, yaitu kemampuan menerima dan memberi sesuatu kepada orang lain, termasuk arahan untuk menerima generasi yang akan datang. Perilaku mewariskan dunia yang nyaman, lingkungan yang tidak tercemar perlu menjadi perhatian karena karakter menghabiskan potensi alam untuk kepentingan hari ini dengan melupakan hari esok perlu diperbaiki. Latihan berikutnya adalah keberhasilan bersama (mutually), yaitu memandang sukses tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri tetapi juga sesuatu yang bermakna bagi kepentingan orang banyak. Berikutnya adalah sikap yang mengedepankan kepentingan bersama (civil aspiration), yaitu tidak hanya berpikir dalam terminologi negatif tetapi juga memberi kontribusi melalui pemikiran positif. Kondisi saat ini menunjukkan hal yang sebaliknya, yaitu orang baru manyampaikan aspirasinya jika kepentingannya terganggu atau tidak diakomodasi. Keadaan ini perlu dirubah melalui pendidikan transendensi ini.

PERANGKAP KEHIDUPAN

No Comments

          Suatu hari ada seekor tikus yang terkena atau masuk ke dalam perangkap berisi ikan asin yang dibuat oleh manusia, tetapi entah bagaimana tikus tersebut akhirnya bisa selamat atau lepas dari perangkap yang bisa mengakhiri hidupnya tersebut. Di lain waktu dan lain tempat, terdapat pula seekor harimau yang terjerat atau terperangkap oleh jerat berisi kambing yang dibuat oleh manusia, namun sama seperti si tikus tadi, sang harimau inipun selamat dari perangkap tersebut, yang dapat membuat petualangan hidupnya berakhir.

          Kemudian tersebutlah seorang pemuda yang tadinya baik dan polos, namun suatu ketika dia jatuh dalam perangkap narkotika, kemudian dia pun menjadi pecandu narkotika. Dan di saat lain seorang pemudi yang tadinya baik dan sholeh, suatu ketika dia jatuh ke dalam perangkap maksiat, kemudian dia pun menjadi seorang pramuria yang menjajakan maksiat kepada manusia-manusia yang suka dengan perangkap maksiatnya.

PARADOKS KEHIDUPAN

No Comments

Banyak orang yang tidak logis, tidak bisa diterima akal sehat dan egois, sekalipun demikian cintailah mereka.
Jika anda berbuat baik, orang-orang akan menuduh anda memiliki motivasi egois tersembunyi, sekalipun demikian, tetaplah berbuat baik.
Jika anda meraih kesuksesan, anda akan menemukan teman-teman palsu dan musuh sejati, sekalipun demikian, raihlah kesuksesan.
Kebaikan yang anda lakukan hari ini, akan dilupakan keesokan harinya, sekalipun demikian, tetap lakukan kebaikan.

HIDUP ADALAH ANUGERAH BAGI JIWA YANG IKHLAS

No Comments

Yang tinggal di gunung merindukan pantai. Yang tinggal di pantai merindukan gunung. Di musim kemarau merindukan musim hujan. Di musim hujan merindukan musim kemarau.

Yang berambut hitam mengagumi yang pirang. Yang berambut pirang mengagumi yang hitam. Diam di rumah merindukan bepergian. Setelah bepergian merindukan rumah.

Ketika masih jadi karyawan ingin jadi enterpreneur supaya punya kebebasan waktu. Begitu jadi enterpreneur ingin jadi karyawan, biar tidak pusing. Waktu tenang mencari keramaian, waktu ramai mencari ketenangan. Saat masih lajang, pengen punya suami ganteng/istri cantik. Begitu sudah dapat suami ganteng/istri cantik, pengen yang biasa-biasa saja, bikin cemburu aja/takut selingkuh.

TIPS BUAT BERHASIL

No Comments

1. Yakin bahwa semua masalah pasti ada jalan penyelesaiannya.

2. Tetap tenang (relax) dan hindarkan diri dari stres.

3. Jangan bersikeras hanya pada satu pilihan, buat beberapa alternatif pilihan.

4. Yakin dan percaya diri sebagai yang terbaik (jangan pesimis).

5. Ada perencanaan (planning) yang matang sebelum memulai setiap usaha.

6. Cari pembimbing untuk bertukar pikiran dalam masalah tertentu.

7. Beribadat kepada Nya.

DUA BELAS KEKAYAAN HIDUP YANG BESAR

No Comments

1. Sikap mental yang positif

2. Kesehatan fisik yang baik

3. Keselarasan dalam hubungan antar sesama manusia

4. Kebebasan dari segala bentuk ketakutan

5. Harapan untuk berprestasi di masa yang akan datang

6. Kemampuan untuk beriman

MAU BAHAGIA? KITA SENDIRILAH YANG MENENTUKAN!

No Comments

  • Aku memohon kepada Tuhan agar kebiasaan burukku diambil.
  • Tuhan menjawab: tidak! Bukan Tuhan yang mengambil, tapi kamulah yang harus menyerahkannya!
  • Aku memohon kepada Tuhan agar memberikan kesabaran.
  • Tuhan menjawab: tidak! Kesabaran adalah buah pencobaan, bukan diberikan, melainkan kamu harus belajar sabar.

PELANGI KASIHNYA

No Comments

Apa yang kau alami kini mungkin tak dapat engkau mengerti
Cobaan yang engkau alami tak melebihi kekuatanmu

Tuhanmu tak akan memberi ular beracun pada yang minta roti
Satu hal kau tanam di hati: Indah semua yang Tuhan b'ri

Tangan Tuhan sedang merenda
Suatu karya yang Agung Mulia
Saatnya kan tiba nanti kau lihat pelangi kasihNya.

ALLAH PEDULI

No Comments

Banyak perkara yang tak dapat kumengerti
Mengapakah harus terjadi di dalam kehidupan ini
Satu perkara yang kusimpan dalam hati
Tiada sesuatu yang terjadi tanpa Allah peduli.

Allah mengerti, Allah peduli
Segala persoalan yang kita hadapi
Tak akan pernah dibiarkanNya
Kubergumul sendiri sebab Allah peduli.

BAGI TUHAN

No Comments

Ku yakin saat Dia berfirman, ku tenang saat Dia bertindak
Hidupku hanya ditentukan, oleh perkataanMu
Ku aman saat Dia menjaga, ku kuat saat Dia menopang
Hidupku hanya ditentukan, oleh kuasaMu

                Bagi Tuhan tak ada yang mustahil,
                Bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin
                MukjizatNya disediakan bagiku,
                Ku diangkat dan dipulihkanNya

SENDOK SURGA DAN SENDOK NERAKA

No Comments

Suatu ketika seorang Manusia diberi kesempatan untuk berkomunikasi dengan Tuhannya dan berkata, "Tuhan izinkan saya untuk dapat melihat seperti apakah Surga dan Neraka itu."

Kemudian Tuhan membimbing manusia itu menuju ke dua buah pintu dan kemudian membiarkannya melihat ke dalam.

Di tengah ruangan terdapat sebuah meja bundar yang sangat besar, dan di tengahnya terdapat semangkuk sup yang beraroma sangat lezat yang membuat manusia tersebut mengalir air liurnya. Meja tersebut dikelilingi orang-orang yang kurus yang tampak sangat kelaparan.

PERUBAHAN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

Posted on | Tuesday, September 24, 2013 | No Comments

KETIKA AKU MASIH MUDA DAN BEBAS BERKHAYAL,
AKU BERMIMPI INGIN MENGUBAH DUNIA.
SEIRING DENGAN BERTAMBAHNYA USIA DAN KEARIFANKU,
KUDAPATI BAHWA DUNIA TIDAK KUNJUNG BERUBAH.
MAKA CITA - CITA ITUPUN, AGAK KU PERSEMPIT LALU KUPUTUSKAN UNTUK HANYA MENGUBAH NEGERIKU. NAMUN TAMPAKNYA, HASRAT ITUPUN TIADA HASIL.
KETIKA USIAKU SEMAKIN SENJA,
DENGAN SEMANGATKU YANG MASIH TERSISA KUPUTUSKAN UNTUK MENGUBAH KELUARGAKU, ORANG - ORANG YANG PALING DEKAT DENGANKU.

TETAPI CELAKANYA,

BEKERJALAH DENGAN HATI

No Comments

MATA DAPAT MELIHAT, TETAPI TIDAK BISA MENDENGAR DAN BERBICARA.
TELINGA DAPAT MENDENGAR, TETAPI TIDAK BISA BERBICARA DAN MELIHAT.
MULUT DAPAT BERBICARA, TETAPI TIDAK BISA MELIHAT DAN MENDENGAR.
HATI DAPAT MELIHAT, MENDENGAR, DAN BERBICARA.

PESAN BUAT SESAMA

No Comments

MENEGUR JANGAN SAMPAI MENGHINA.

MENDIDIK JANGAN SAMPAI MEMAKI.


MEMINTA JANGAN SAMPAI MEMAKSA.

MEMBERI JANGAN SAMPAI MENGUNGKIT.

KARAKTER DALAM KEHIDUPAN

No Comments

DI DALAM RUMAH, IA ADALAH KEBAIKAN.
DI DALAM BISNIS, IA ADALAH KEJUJURAN.
DI DALAM MASYARAKAT, IA ADALAH KESOPANAN.
DI DALAM PEKERJAAN, IA ADALAH KECERMATAN.
DI DALAM PERMAINAN, IA ADALAH SPORTIVITAS.

TERHADAP YANG BERUNTUNG, IA MEMBERI SELAMAT.
TERHADAP YANG LEMAH, IA MENOLONG.
TERHADAP YANG JAHAT, IA BERTAHAN.
TERHADAP YANG KUAT, IA PERCAYA.
TERHADAP YANG MENYESAL, IA MEMAAFKAN, DAN
TERHADAP TUHAN, IA MEMULIAKAN DAN MENGASIHI.

SESEORANG BELAJAR DARI KEHIDUPAN

No Comments

JIKA SESEORANG DIBESARKAN DENGAN OLOK-OLOK, IA BELAJAR RENDAH DIRI

JIKA SESEORANG DIBESARKAN DENGAN IRI HATI, IA BELAJAR KEDENGKIAN

JIKA SESEORANG DIBESARKAN DENGAN DIPERMALUKAN, IA BELAJAR MERASA BERSALAH

TETAPI,

RENUNGAN HIDUP

No Comments

Jika sukses memang bermakna, mengapa gedung-gedung kita semakin tinggi tetapi emosi kita semakin rendah.
Jika sukses memang bermakna, mengapa jalan-jalan kita semakin lebar tetapi wawasan kita semakin sempit.
Jika sukses memang bermakna, mengapa rumah dan mobil kita semakin megah tetapi kebahagiaan kita semakin lapuk.
Jika sukses memang bermakna, mengapa makanan kita semakin bervariasi tetapi nutrisi kita semakin sedikit.

SCIENTISTS OF SOCIOLOGY

Posted on | Tuesday, September 10, 2013 | No Comments

David Emile Durkheim (1857-1917), French
George Herbert Mead (1863-1931) USA

Plato (427 SM-347 SM)
Aristoteles (384 SM-322 SM)
Immanuel Kant (1724-1804) Germany
Auguste Comte (1798-1857), French
Lester Frank Ward (1841-1913), USA
Friedrich Nietzsche (1844-1900) Germany
Vilfredo Pareto (1848-1923), Italia
Karl Marx (1818-1883), Germany

PENGEMBANGAN KARYA TULIS ILMIAH SISWA SEBAGAI KULTUR SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN GOOD SCHOOL

Posted on | Monday, September 2, 2013 | No Comments



ABSTRAK

Untuk melakukan pengembangan kultur sekolah perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut, pertama adalah memotret kultur sekolah sehingga diketahui kecenderungan kultur sekolah yang bersifat positif (unggulan) dan negatif. Setelah itu, baru menentukan indikator-indikator yang mempengaruhi kultur tersebut. Langkah berikutnya adalah memonitoring dan mengevaluasi perubahan yang dilakukan untuk kemudian membuat laporan dan memberikan tindak lanjut. Kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dapat dijadikan sebagai budaya unggulan yang akan diberlakukan di tingkatan sekolah baik SD, SMP maupun SMA. Kegiatan penelitian ilmiah di kalangan remaja perlu dilakukan sejak dini, terselenggaranya aktivitas peserta didik yang berbasis penelitian dapat dimasukkan kedalam proses pembelajaran (intrakurikuler) atau kegiatan diluar pelajaran (ekstrakurikuler). Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan seyogyanya memiliki kultur sekolah yang positif agar secara terus menerus dapat meningkatkan mutunya. Melalui kegiatan KIR yang menjadi budaya unggulan sekolah, maka faktor itulah yang diharapkan bisa mewujudkan good school yang menjadi cita-cita tersebut.  Kultur sekolah yang positif akan menyemaikan nilai-nilai kehidupan dan kemanusiaan sehingga sekolah benar-benar dapat menjadi agen perubahan untuk menjadikan manusia Indonesia yang utuh, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab sehingga tercapai good school yang diharapkan.

Kata Kunci : KIR, kultur sekolah, good school.

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

GUEST BOOK