MOTIVASI MENGIKUTI PROGRAM S2 DAN RENCANA SETELAH STUDI
Posted on | Wednesday, September 25, 2013 | 6 Comments
Motivasi
Motivasi saya mengikuti program S2 ini antara lain: pertama yaitu untuk meningkatkan
kualitas pekerjaan saya, tentunya setelah mendapatkan ilmu baru maka harapan
saya akan meningkatkan cara dan metode yang digunakan dalam mengajar dan
mendidik. Yang kedua saya pikir ingin
mengembangkan karir saya. Tentunya jika saya telah mengikuti program S2, akan
menaikkan pangkat atau golongan dan juga dapat membuka lebih banyak alternatif
jabatan atau posisi yang mungkin dapat terisi. Dan terakhir yang ketiga adalah untuk mewujudkan cita-cita
saya yang tertunda, karena setelah tamat S1 dahulu sebenarnya saya ingin
langsung melanjutkan program S2 namun karena satu dan lain hal rencana ini
tertunda.
Demikianlah
motivasi saya yang sebenarnya kenapa saya ingin mengikuti program S2 yang
ditawarkan ini. Namun saya mengikutinya dengan segala kerendahan hati saya,
karena adalah justru karena kekurangan atau kebodohan saya, bukan karena saya
merasa pintar atau merasa mampu. Akhir kata hanya itulah yang dapat saya
utarakan. Mohon maaf dan maklum atas segala kekurangan ataupun salah kata. Salam.
Terima Kasih.SURAT BUAT SISWA SISWI YANG KUCINTAI
Apa kabar kalian anak-anak ku semua? Smoga sehat & berbahagia ya.
Saya rindu dg kalian semua yang kusayangi, bukan hanya sebatas
mengenang tapi juga rindu untuk membimbing & membina kalian lagi.
Saat ini kegiatan saya adalah belajar, sama seperti kalian. Belajar tentang bagaimana untuk menjadi lebih baik dalam mendidik & membimbing kalian.
Pada saat ini, hanya dg menulis, maka saya bisa melepas beban kerinduan ini kepada kalian. Di sela-sela belajar ini, saya menyadari banyak sekali kekurangan saya dalam mendidik & membimbing kalian. Butuh jiwa besar untuk menyatakan pengakuan ini, tapi memang demikianlah seharusnya. Banyak juga kekeliruan yg telah saya perbuat, menyadarinya, dan saya menyesalinya. Untuk hal tersebut, saya hanya bisa mohon maaf kepada kalian. Karena seharusnya kalian berhak mendapat pembelajaran yg terbaik.
Saat ini kegiatan saya adalah belajar, sama seperti kalian. Belajar tentang bagaimana untuk menjadi lebih baik dalam mendidik & membimbing kalian.
Pada saat ini, hanya dg menulis, maka saya bisa melepas beban kerinduan ini kepada kalian. Di sela-sela belajar ini, saya menyadari banyak sekali kekurangan saya dalam mendidik & membimbing kalian. Butuh jiwa besar untuk menyatakan pengakuan ini, tapi memang demikianlah seharusnya. Banyak juga kekeliruan yg telah saya perbuat, menyadarinya, dan saya menyesalinya. Untuk hal tersebut, saya hanya bisa mohon maaf kepada kalian. Karena seharusnya kalian berhak mendapat pembelajaran yg terbaik.
PENDIDIKAN TRANSENDENSI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA
Pertama, yang perlu dikembangkan dan dilatihkan adalah empati, yaitu
kemampuan merasakan perasaan orang lain. Masyarakat kita saat ini sangat
mudah bersimpati, bukan empati, sehingga toleransi terhadap hal-hal
yang tidak baik mudah dan banyak terjadi. Latihan empati akan memampukan
sesorang untuk membangun kearifan, yaitu dapat merasakan perasaan orang
lain tanpa harus larut dengan perasaan orang lain tersebut. Hal yang
kedua yang perlu dikembangkan dan dilakukan adalah generativity, yaitu
kemampuan menerima dan memberi sesuatu kepada orang lain, termasuk
arahan untuk menerima generasi yang akan datang. Perilaku mewariskan
dunia yang nyaman, lingkungan yang tidak tercemar perlu menjadi
perhatian karena karakter menghabiskan potensi alam untuk kepentingan
hari ini dengan melupakan hari esok perlu diperbaiki. Latihan berikutnya
adalah keberhasilan bersama (mutually), yaitu memandang sukses tidak
hanya untuk kepentingan diri sendiri tetapi juga sesuatu yang bermakna
bagi kepentingan orang banyak. Berikutnya adalah sikap yang
mengedepankan kepentingan bersama (civil aspiration), yaitu tidak hanya
berpikir dalam terminologi negatif tetapi juga memberi kontribusi
melalui pemikiran positif. Kondisi saat ini menunjukkan hal yang
sebaliknya, yaitu orang baru manyampaikan aspirasinya jika
kepentingannya terganggu atau tidak diakomodasi. Keadaan ini perlu
dirubah melalui pendidikan transendensi ini.
PERANGKAP KEHIDUPAN
Suatu hari ada seekor tikus yang terkena atau masuk ke dalam
perangkap berisi ikan asin yang dibuat oleh manusia, tetapi entah
bagaimana tikus tersebut akhirnya bisa selamat atau lepas dari perangkap
yang bisa mengakhiri hidupnya tersebut. Di lain waktu dan lain tempat,
terdapat pula seekor harimau yang terjerat atau terperangkap oleh jerat
berisi kambing yang dibuat oleh manusia, namun sama seperti si tikus
tadi, sang harimau inipun selamat dari perangkap tersebut, yang dapat
membuat petualangan hidupnya berakhir.
Kemudian tersebutlah seorang pemuda yang tadinya baik dan polos, namun suatu ketika dia jatuh dalam perangkap narkotika, kemudian dia pun menjadi pecandu narkotika. Dan di saat lain seorang pemudi yang tadinya baik dan sholeh, suatu ketika dia jatuh ke dalam perangkap maksiat, kemudian dia pun menjadi seorang pramuria yang menjajakan maksiat kepada manusia-manusia yang suka dengan perangkap maksiatnya.
Kemudian tersebutlah seorang pemuda yang tadinya baik dan polos, namun suatu ketika dia jatuh dalam perangkap narkotika, kemudian dia pun menjadi pecandu narkotika. Dan di saat lain seorang pemudi yang tadinya baik dan sholeh, suatu ketika dia jatuh ke dalam perangkap maksiat, kemudian dia pun menjadi seorang pramuria yang menjajakan maksiat kepada manusia-manusia yang suka dengan perangkap maksiatnya.
PARADOKS KEHIDUPAN
Banyak orang yang tidak logis, tidak bisa diterima akal sehat dan egois, sekalipun demikian cintailah mereka.
Jika anda berbuat baik, orang-orang akan menuduh anda memiliki motivasi egois tersembunyi, sekalipun demikian, tetaplah berbuat baik.
Jika anda meraih kesuksesan, anda akan menemukan teman-teman palsu dan musuh sejati, sekalipun demikian, raihlah kesuksesan.
Kebaikan yang anda lakukan hari ini, akan dilupakan keesokan harinya, sekalipun demikian, tetap lakukan kebaikan.
Jika anda berbuat baik, orang-orang akan menuduh anda memiliki motivasi egois tersembunyi, sekalipun demikian, tetaplah berbuat baik.
Jika anda meraih kesuksesan, anda akan menemukan teman-teman palsu dan musuh sejati, sekalipun demikian, raihlah kesuksesan.
Kebaikan yang anda lakukan hari ini, akan dilupakan keesokan harinya, sekalipun demikian, tetap lakukan kebaikan.
HIDUP ADALAH ANUGERAH BAGI JIWA YANG IKHLAS
Yang tinggal di gunung merindukan pantai. Yang tinggal di pantai
merindukan gunung. Di musim kemarau merindukan musim hujan. Di musim
hujan merindukan musim kemarau.
Yang berambut hitam mengagumi yang pirang. Yang berambut pirang mengagumi yang hitam. Diam di rumah merindukan bepergian. Setelah bepergian merindukan rumah.
Ketika masih jadi karyawan ingin jadi enterpreneur supaya punya kebebasan waktu. Begitu jadi enterpreneur ingin jadi karyawan, biar tidak pusing. Waktu tenang mencari keramaian, waktu ramai mencari ketenangan. Saat masih lajang, pengen punya suami ganteng/istri cantik. Begitu sudah dapat suami ganteng/istri cantik, pengen yang biasa-biasa saja, bikin cemburu aja/takut selingkuh.
Yang berambut hitam mengagumi yang pirang. Yang berambut pirang mengagumi yang hitam. Diam di rumah merindukan bepergian. Setelah bepergian merindukan rumah.
Ketika masih jadi karyawan ingin jadi enterpreneur supaya punya kebebasan waktu. Begitu jadi enterpreneur ingin jadi karyawan, biar tidak pusing. Waktu tenang mencari keramaian, waktu ramai mencari ketenangan. Saat masih lajang, pengen punya suami ganteng/istri cantik. Begitu sudah dapat suami ganteng/istri cantik, pengen yang biasa-biasa saja, bikin cemburu aja/takut selingkuh.
TIPS BUAT BERHASIL
1. Yakin bahwa semua masalah pasti ada jalan penyelesaiannya.
2. Tetap tenang (relax) dan hindarkan diri dari stres.
3. Jangan bersikeras hanya pada satu pilihan, buat beberapa alternatif pilihan.
4. Yakin dan percaya diri sebagai yang terbaik (jangan pesimis).
5. Ada perencanaan (planning) yang matang sebelum memulai setiap usaha.
6. Cari pembimbing untuk bertukar pikiran dalam masalah tertentu.
7. Beribadat kepada Nya.
2. Tetap tenang (relax) dan hindarkan diri dari stres.
3. Jangan bersikeras hanya pada satu pilihan, buat beberapa alternatif pilihan.
4. Yakin dan percaya diri sebagai yang terbaik (jangan pesimis).
5. Ada perencanaan (planning) yang matang sebelum memulai setiap usaha.
6. Cari pembimbing untuk bertukar pikiran dalam masalah tertentu.
7. Beribadat kepada Nya.
DUA BELAS KEKAYAAN HIDUP YANG BESAR
1. Sikap mental yang positif
2. Kesehatan fisik yang baik
3. Keselarasan dalam hubungan antar sesama manusia
4. Kebebasan dari segala bentuk ketakutan
5. Harapan untuk berprestasi di masa yang akan datang
6. Kemampuan untuk beriman
2. Kesehatan fisik yang baik
3. Keselarasan dalam hubungan antar sesama manusia
4. Kebebasan dari segala bentuk ketakutan
5. Harapan untuk berprestasi di masa yang akan datang
6. Kemampuan untuk beriman
MAU BAHAGIA? KITA SENDIRILAH YANG MENENTUKAN!
- Aku memohon kepada Tuhan agar kebiasaan burukku diambil.
- Tuhan menjawab: tidak! Bukan Tuhan yang mengambil, tapi kamulah yang harus menyerahkannya!
- Aku memohon kepada Tuhan agar memberikan kesabaran.
- Tuhan menjawab: tidak! Kesabaran adalah buah pencobaan, bukan diberikan, melainkan kamu harus belajar sabar.
PELANGI KASIHNYA
Apa yang kau alami kini mungkin tak dapat engkau mengerti
Cobaan yang engkau alami tak melebihi kekuatanmu
Tuhanmu tak akan memberi ular beracun pada yang minta roti
Satu hal kau tanam di hati: Indah semua yang Tuhan b'ri
Tangan Tuhan sedang merenda
Suatu karya yang Agung Mulia
Saatnya kan tiba nanti kau lihat pelangi kasihNya.
Cobaan yang engkau alami tak melebihi kekuatanmu
Tuhanmu tak akan memberi ular beracun pada yang minta roti
Satu hal kau tanam di hati: Indah semua yang Tuhan b'ri
Tangan Tuhan sedang merenda
Suatu karya yang Agung Mulia
Saatnya kan tiba nanti kau lihat pelangi kasihNya.
ALLAH PEDULI
Banyak perkara yang tak dapat kumengerti
Mengapakah harus terjadi di dalam kehidupan ini
Satu perkara yang kusimpan dalam hati
Tiada sesuatu yang terjadi tanpa Allah peduli.
Allah mengerti, Allah peduli
Segala persoalan yang kita hadapi
Tak akan pernah dibiarkanNya
Kubergumul sendiri sebab Allah peduli.
Mengapakah harus terjadi di dalam kehidupan ini
Satu perkara yang kusimpan dalam hati
Tiada sesuatu yang terjadi tanpa Allah peduli.
Allah mengerti, Allah peduli
Segala persoalan yang kita hadapi
Tak akan pernah dibiarkanNya
Kubergumul sendiri sebab Allah peduli.
BAGI TUHAN
Ku yakin saat Dia berfirman, ku tenang saat Dia bertindak
Hidupku hanya ditentukan, oleh perkataanMu
Ku aman saat Dia menjaga, ku kuat saat Dia menopang
Hidupku hanya ditentukan, oleh kuasaMu
Bagi Tuhan tak ada yang mustahil,
Bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin
MukjizatNya disediakan bagiku,
Ku diangkat dan dipulihkanNya
Hidupku hanya ditentukan, oleh perkataanMu
Ku aman saat Dia menjaga, ku kuat saat Dia menopang
Hidupku hanya ditentukan, oleh kuasaMu
Bagi Tuhan tak ada yang mustahil,
Bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin
MukjizatNya disediakan bagiku,
Ku diangkat dan dipulihkanNya
SENDOK SURGA DAN SENDOK NERAKA
Suatu ketika seorang Manusia diberi kesempatan untuk berkomunikasi
dengan Tuhannya dan berkata, "Tuhan izinkan saya untuk dapat melihat
seperti apakah Surga dan Neraka itu."
Kemudian Tuhan membimbing manusia itu menuju ke dua buah pintu dan kemudian membiarkannya melihat ke dalam.
Di tengah ruangan terdapat sebuah meja bundar yang sangat besar, dan di tengahnya terdapat semangkuk sup yang beraroma sangat lezat yang membuat manusia tersebut mengalir air liurnya. Meja tersebut dikelilingi orang-orang yang kurus yang tampak sangat kelaparan.
Kemudian Tuhan membimbing manusia itu menuju ke dua buah pintu dan kemudian membiarkannya melihat ke dalam.
Di tengah ruangan terdapat sebuah meja bundar yang sangat besar, dan di tengahnya terdapat semangkuk sup yang beraroma sangat lezat yang membuat manusia tersebut mengalir air liurnya. Meja tersebut dikelilingi orang-orang yang kurus yang tampak sangat kelaparan.
PERUBAHAN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI
Posted on | Tuesday, September 24, 2013 | No Comments
KETIKA AKU MASIH MUDA DAN BEBAS BERKHAYAL,
AKU BERMIMPI INGIN MENGUBAH DUNIA.
SEIRING DENGAN BERTAMBAHNYA USIA DAN KEARIFANKU,
KUDAPATI BAHWA DUNIA TIDAK KUNJUNG BERUBAH.
MAKA CITA - CITA ITUPUN, AGAK KU PERSEMPIT LALU KUPUTUSKAN UNTUK HANYA MENGUBAH NEGERIKU. NAMUN TAMPAKNYA, HASRAT ITUPUN TIADA HASIL.
KETIKA USIAKU SEMAKIN SENJA,
DENGAN SEMANGATKU YANG MASIH TERSISA KUPUTUSKAN UNTUK MENGUBAH KELUARGAKU, ORANG - ORANG YANG PALING DEKAT DENGANKU.
TETAPI CELAKANYA,
AKU BERMIMPI INGIN MENGUBAH DUNIA.
SEIRING DENGAN BERTAMBAHNYA USIA DAN KEARIFANKU,
KUDAPATI BAHWA DUNIA TIDAK KUNJUNG BERUBAH.
MAKA CITA - CITA ITUPUN, AGAK KU PERSEMPIT LALU KUPUTUSKAN UNTUK HANYA MENGUBAH NEGERIKU. NAMUN TAMPAKNYA, HASRAT ITUPUN TIADA HASIL.
KETIKA USIAKU SEMAKIN SENJA,
DENGAN SEMANGATKU YANG MASIH TERSISA KUPUTUSKAN UNTUK MENGUBAH KELUARGAKU, ORANG - ORANG YANG PALING DEKAT DENGANKU.
TETAPI CELAKANYA,
BEKERJALAH DENGAN HATI
TELINGA DAPAT MENDENGAR, TETAPI TIDAK BISA BERBICARA DAN
MELIHAT.
MULUT DAPAT BERBICARA, TETAPI TIDAK BISA MELIHAT DAN
MENDENGAR.
HATI DAPAT MELIHAT, MENDENGAR, DAN BERBICARA.
PESAN BUAT SESAMA
MENEGUR JANGAN SAMPAI MENGHINA.
MENDIDIK JANGAN SAMPAI MEMAKI.
MEMINTA JANGAN SAMPAI MEMAKSA.
MEMBERI JANGAN SAMPAI MENGUNGKIT.
MENDIDIK JANGAN SAMPAI MEMAKI.
MEMINTA JANGAN SAMPAI MEMAKSA.
MEMBERI JANGAN SAMPAI MENGUNGKIT.
KARAKTER DALAM KEHIDUPAN
DI DALAM RUMAH, IA ADALAH KEBAIKAN.
DI DALAM BISNIS, IA ADALAH KEJUJURAN.
DI DALAM MASYARAKAT, IA ADALAH KESOPANAN.
DI DALAM PEKERJAAN, IA ADALAH KECERMATAN.
DI DALAM PERMAINAN, IA ADALAH SPORTIVITAS.
TERHADAP YANG BERUNTUNG, IA MEMBERI SELAMAT.
TERHADAP YANG LEMAH, IA MENOLONG.
TERHADAP YANG JAHAT, IA BERTAHAN.
TERHADAP YANG KUAT, IA PERCAYA.
TERHADAP YANG MENYESAL, IA MEMAAFKAN, DAN
TERHADAP TUHAN, IA MEMULIAKAN DAN MENGASIHI.
DI DALAM BISNIS, IA ADALAH KEJUJURAN.
DI DALAM MASYARAKAT, IA ADALAH KESOPANAN.
DI DALAM PEKERJAAN, IA ADALAH KECERMATAN.
DI DALAM PERMAINAN, IA ADALAH SPORTIVITAS.
TERHADAP YANG BERUNTUNG, IA MEMBERI SELAMAT.
TERHADAP YANG LEMAH, IA MENOLONG.
TERHADAP YANG JAHAT, IA BERTAHAN.
TERHADAP YANG KUAT, IA PERCAYA.
TERHADAP YANG MENYESAL, IA MEMAAFKAN, DAN
TERHADAP TUHAN, IA MEMULIAKAN DAN MENGASIHI.
SESEORANG BELAJAR DARI KEHIDUPAN
JIKA SESEORANG DIBESARKAN DENGAN OLOK-OLOK, IA BELAJAR RENDAH DIRI
JIKA SESEORANG DIBESARKAN DENGAN IRI HATI, IA BELAJAR KEDENGKIAN
JIKA SESEORANG DIBESARKAN DENGAN DIPERMALUKAN, IA BELAJAR MERASA BERSALAH
TETAPI,
JIKA SESEORANG DIBESARKAN DENGAN IRI HATI, IA BELAJAR KEDENGKIAN
JIKA SESEORANG DIBESARKAN DENGAN DIPERMALUKAN, IA BELAJAR MERASA BERSALAH
TETAPI,
RENUNGAN HIDUP
Jika sukses memang bermakna, mengapa gedung-gedung kita semakin tinggi tetapi emosi kita semakin rendah.
Jika sukses memang bermakna, mengapa jalan-jalan kita semakin lebar tetapi wawasan kita semakin sempit.
Jika sukses memang bermakna, mengapa rumah dan mobil kita semakin megah tetapi kebahagiaan kita semakin lapuk.
Jika sukses memang bermakna, mengapa makanan kita semakin bervariasi tetapi nutrisi kita semakin sedikit.
Jika sukses memang bermakna, mengapa jalan-jalan kita semakin lebar tetapi wawasan kita semakin sempit.
Jika sukses memang bermakna, mengapa rumah dan mobil kita semakin megah tetapi kebahagiaan kita semakin lapuk.
Jika sukses memang bermakna, mengapa makanan kita semakin bervariasi tetapi nutrisi kita semakin sedikit.
SCIENTISTS OF SOCIOLOGY
Posted on | Tuesday, September 10, 2013 | No Comments
David Emile Durkheim (1857-1917), French |
George Herbert Mead (1863-1931) USA |
Plato (427 SM-347 SM) |
Aristoteles (384 SM-322 SM) |
Immanuel Kant (1724-1804) Germany |
Auguste Comte (1798-1857), French |
Lester Frank Ward (1841-1913), USA |
Friedrich Nietzsche (1844-1900) Germany |
Vilfredo Pareto (1848-1923), Italia |
Karl Marx (1818-1883), Germany |
PENGEMBANGAN KARYA TULIS ILMIAH SISWA SEBAGAI KULTUR SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN GOOD SCHOOL
Posted on | Monday, September 2, 2013 | No Comments
ABSTRAK
Untuk melakukan
pengembangan kultur sekolah perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut,
pertama adalah memotret kultur sekolah sehingga diketahui kecenderungan kultur
sekolah yang bersifat positif (unggulan) dan negatif. Setelah itu, baru
menentukan indikator-indikator yang mempengaruhi kultur tersebut. Langkah
berikutnya adalah memonitoring dan mengevaluasi perubahan yang dilakukan untuk
kemudian membuat laporan dan memberikan tindak lanjut. Kegiatan ekstrakurikuler
Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dapat dijadikan sebagai budaya unggulan yang akan
diberlakukan di tingkatan sekolah baik SD, SMP maupun SMA. Kegiatan penelitian
ilmiah di kalangan remaja perlu dilakukan sejak dini, terselenggaranya
aktivitas peserta didik yang berbasis penelitian dapat dimasukkan kedalam
proses pembelajaran (intrakurikuler) atau kegiatan diluar pelajaran
(ekstrakurikuler). Sekolah
sebagai sebuah lembaga pendidikan seyogyanya memiliki kultur sekolah yang
positif agar secara terus menerus dapat meningkatkan mutunya. Melalui kegiatan KIR
yang menjadi budaya unggulan sekolah, maka faktor itulah yang diharapkan bisa
mewujudkan good school yang menjadi cita-cita tersebut. Kultur sekolah yang positif akan menyemaikan
nilai-nilai kehidupan dan kemanusiaan sehingga sekolah benar-benar dapat
menjadi agen perubahan untuk menjadikan manusia Indonesia yang utuh, beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung
jawab sehingga tercapai good school yang diharapkan.
Kata
Kunci : KIR, kultur sekolah, good school.
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II