PROSEDUR SELEKSI CALON WI
Posted on | Thursday, October 17, 2013 | No Comments
Profesi Widyaiswara
Posted on Mei 29, 2007 |
Widyaiswara….?! Apa itu Widyaiswara…?! Demikian beberapa pertanyaan pernah diajukan pada saya….misalnya dari saudara Paijo dan Pak Guru Urip…..sampai
saat ini belum pernah saya jawab secara khusus….kalau Bahasa Inggrisnya
sih Trainer….atau pelatih….dan ini mengacu juga pada jenis-jenis diklat
yang diperuntukkan bagi para widyaiswara….yang sering disebut sebagai
TOT atau Training Of Trainers….jadi widyaiswara adalah pelatih khan….?!
Tidak persis begitu sih….tetapi mirip-mirip lah….cuman kalau widyaiswara
itu istilah pelatih pada lingkungan pemerintahan….kalau saya sendiri
sih sebenarnya pengen disebut guru….seperti juga profesi ayah dan ibu
kandungku yang juga merupakan seorang guru…..dan sebenarnya cita-citaku
juga….hanya saja kadung ngambilnya kuliah salah jurusan…maklum anak
SMA…..gengsi kalau cita-citanya cuman jadi guru….begitu nyadar agak
salah jurusan trus biar agak mirip-mirip guru ya mbelok dikit…….pengen
jadi Dosen gitu…tapi gak ada Universitas yang mau nerima….trus kesasar
ngelamar PNS sebagai widyaiswara…..tanpa tahu apa itu
widyaiswara…….ya…apa sih sebenarnya Widyaiswara itu……?!PENDIDIKAN KURANG BERDAMPAK KARENA KURANG TELADAN
Reformasi pendidikan di Indonesia kurang berjalan lancar dan
berhasil, terutama mengenai
pendidikan nilai, karena kurang adanya teladan dalam hal itu.
Di sekolah guru mengajarkan tentang kejujuran, kedisiplinan, penghargaan terhadap orang lain, tetapi di luar sekolah yang ditemukan adalah adanya korupsi, penipuan, orang bekerja seenaknya, dan konflik yang memakan nyawa dimana-mana.
Di sekolah guru mendidik untuk jujur, di masyarakat anak mengalami bila jujur dalam mengurus KTP malah akan lama dan mengalami banyak soal, sedangkan kalau membayar dengan cepat dilayani.
pendidikan nilai, karena kurang adanya teladan dalam hal itu.
Di sekolah guru mengajarkan tentang kejujuran, kedisiplinan, penghargaan terhadap orang lain, tetapi di luar sekolah yang ditemukan adalah adanya korupsi, penipuan, orang bekerja seenaknya, dan konflik yang memakan nyawa dimana-mana.
Di sekolah guru mendidik untuk jujur, di masyarakat anak mengalami bila jujur dalam mengurus KTP malah akan lama dan mengalami banyak soal, sedangkan kalau membayar dengan cepat dilayani.
KRITIK TERHADAP PENYIAPAN GURU
Mutu guru mau tidak mau tidak dapat dilepaskan dari pendidikan mereka
sewaktu masih sebagai
mahasiswa calon guru entah di FKIP, di universitas, maupun di lembaga pendidikan yang lain. Maka perlulah kita mengamati bagaimana calon guru sebaiknya disiapkan, dididik, dan dilatih.
Giroux menyayangkan bahwa dalam penyiapan tenaga guru, terlalu banyak ditekankan pada soal behaviorisme dan juga psikologi kognitif. Akibatnya calon guru lebih disiapkan pada soal bahan yang mau diajarkan dan soal bagaimana menyampaikan bahan itu. Maka memang calon guru lebih disiapkan sebagai tukang yang tahu bahan dan cara menyampaikannya. Mereka kurang disiapkan untuk menjadi pemikir yang kritis.
mahasiswa calon guru entah di FKIP, di universitas, maupun di lembaga pendidikan yang lain. Maka perlulah kita mengamati bagaimana calon guru sebaiknya disiapkan, dididik, dan dilatih.
Giroux menyayangkan bahwa dalam penyiapan tenaga guru, terlalu banyak ditekankan pada soal behaviorisme dan juga psikologi kognitif. Akibatnya calon guru lebih disiapkan pada soal bahan yang mau diajarkan dan soal bagaimana menyampaikan bahan itu. Maka memang calon guru lebih disiapkan sebagai tukang yang tahu bahan dan cara menyampaikannya. Mereka kurang disiapkan untuk menjadi pemikir yang kritis.
DEMOCRATIC TEACHER
Sampai hari ini masih sering terdengar guru yang otoriter, main sebagai diktator.
Apa yang diinginkan harus dituruti peserta didik. Menjadi marah apabila peserta didik mengajukan gagasan yang berbeda dengan idenya. Di beberapa sekolah, guru suka main kekerasan, main hukuman, dan kadang memukul peserta didik yang dianggap melawan. Di beberapa sekolah, guru tidak mau menerima gagasan siswa dan menyalahkan pekerjaan siswa, karena siswa itu menggunakan cara yang lain, padahal cara itu juga benar.
Apa yang diinginkan harus dituruti peserta didik. Menjadi marah apabila peserta didik mengajukan gagasan yang berbeda dengan idenya. Di beberapa sekolah, guru suka main kekerasan, main hukuman, dan kadang memukul peserta didik yang dianggap melawan. Di beberapa sekolah, guru tidak mau menerima gagasan siswa dan menyalahkan pekerjaan siswa, karena siswa itu menggunakan cara yang lain, padahal cara itu juga benar.
PROBLEM OF TEACHER TODAY
Perbedaan anak-anak dulu dengan sekarang :
1. Anak-anak dulu cuma bisa pegang dan hisap PERMEN berbentuk ROKOK, Anak-anak sekarang
sudah hebat pegang dan hisap ROKOK
2. Anak-anak dulu takut sama yang namanya JARUM SUNTIK, Anak- anak sekarang sudah bisa NYUNTIK sendiri (NARKOBA)
3. Anak-anak dulu pintar menyanyikan LAGU ANAK-ANAK, Anak-anak sekarang lebih memilih
menyayikan LAGU PERCINTAAN
21ST CENTURY LEARNING
Posted on 1 Oktober 2013 by AKHMAD SUDRAJAT
Inilah 4 Prinsip Pokok Pembelajaran Abad ke-21
Jika Anda sempat menelaah isi buku PARADIGMA PENDIDIKAN NASIONAL ABAD XXI yang diterbitkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) atau membaca isi Pemendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, Anda akan menemukan sejumlah prinsip pembelajaran sebagai acuan dasar berpikir dan bertindak guru dalam mengembangkan proses pembelajaran. BNSP merumuskan 16 prinsip pembelajaran yang harus dipenuhi dalam proses pendidikan abad ke-21. Sedangkan Permendikbud No. 65 tahun 2013 mengemukakan 14 prinsip pembelajaran, terkait dengan implementasi Kurikulum 2013. Sementara itu, Jennifer Nichols menyederhanakannya ke dalam 4 prinsip, yaitu: (1) instruction should be student-centered; (2) education should be collaborative; (3) learning should have context; dan (4) schools should be integrated with society.TEACHER'S DISEASE
Berikut adalah lima belas macam temuan penyakit yang acap kali
mengjangkiti para pekerja di manapun juga. Seiring waktu dan
meningkatnya perkembangan jaman, varian penyakit bisa jadi lebih banyak
lagi ditemukan di lapangan.
1. KUDIS: Kurang Disipilin
2. ASMA: Asal Mengisi Absen
3. TBC: Tidak Bisa Computer
4. KRAM: Kurang Terampil
5. ASAM URAT: Asal Sampai Kantor Terus Uring-uringan Atau Tidur
6. GINJAL: Gaji Ingin Naik Tapi Kerja nya Lambat
7. PUCAT: Pulang Cepat
8. FLU: Facebook Melulu
9. KURAP: Korupsi atau Rampok
10. MUNTABER: Mundur Tanpa Berita
11. KATARAK: Kagak Taat Aturan dan cenderung Pemberontak
12. EBOLA: Egois, suka Bohong dan Keras Kepala
13. KUTIL: Kurang Teliti
14. KURAP: Kurang Rapi
15. CONGEAN: Congkak dan ngeyel tanpa alasan
Adapun vaksin atau obatnya adalah 8B:
Belajar, Berusaha, Berkemampuan, Berpikiran Positif, Berhati bersih, Berprilaku Baik, Bertindak Benar dan Berdoa.
Posted by trancepass
1. KUDIS: Kurang Disipilin
2. ASMA: Asal Mengisi Absen
3. TBC: Tidak Bisa Computer
4. KRAM: Kurang Terampil
5. ASAM URAT: Asal Sampai Kantor Terus Uring-uringan Atau Tidur
6. GINJAL: Gaji Ingin Naik Tapi Kerja nya Lambat
7. PUCAT: Pulang Cepat
8. FLU: Facebook Melulu
9. KURAP: Korupsi atau Rampok
10. MUNTABER: Mundur Tanpa Berita
11. KATARAK: Kagak Taat Aturan dan cenderung Pemberontak
12. EBOLA: Egois, suka Bohong dan Keras Kepala
13. KUTIL: Kurang Teliti
14. KURAP: Kurang Rapi
15. CONGEAN: Congkak dan ngeyel tanpa alasan
Adapun vaksin atau obatnya adalah 8B:
Belajar, Berusaha, Berkemampuan, Berpikiran Positif, Berhati bersih, Berprilaku Baik, Bertindak Benar dan Berdoa.
Posted by trancepass
CONE OF LEARNING (EDGAR DALE)
Apa Cone Dale Pengalaman?
Cone ini awalnya dikembangkan oleh Edgar Dale pada tahun 1946 dan
dimaksudkan sebagai cara untuk menggambarkan berbagai pengalaman
belajar. Diagram yang disajikan ke kanan ( Raymond S. Pastore, Ph.D
) merupakan modifikasi dari Cone asli Dale, persentase yang diberikan
berhubungan dengan berapa banyak orang mengingat dan merupakan
modifikasi terakhir.
Pada dasarnya, Cone menunjukkan perkembangan pengalaman dari yang
paling konkret (di bagian bawah kerucut) yang paling abstrak (di atas
kerucut).
Penting untuk dicatat bahwa Dale pernah dimaksudkan Cone untuk
menggambarkan pertimbangan nilai pengalaman, dengan kata lain,
argumennya tidak bahwa pengalaman lebih konkrit yang lebih baik daripada
yang lebih abstrak. Dale percaya bahwa setiap dan semua pendekatan bisa dan harus digunakan, tergantung pada kebutuhan peserta didik.
TYPE OF HUMAN CHARACTER
- Melankolis, si Sempurna -
Kau begitu sempurna, dimataku kau begitu indah. ingat
dengan lirik lagu ini? lagunya Andra and The Backbone dengan judul
sempurna. Pas banget dengan sifat manusia yang akan kita bahas sekarang
yaitu Melankolis si Sempurnaaaaa. ada 4 sifat manusia selain melankolis,
kholeris, sanguinis dan plegmatis nanti satu persatu akan dibahas deh.
melankolis duluan, sesuai sifat saya :malu.
Melankolis, kalau nemu temen orangnya pemikir,
sensitif, romantis, teratur (kalau saiya sih ancur :ngakak), bisa
dipastikan 99.99 persen dia tipe orang melankolis. si melankolis
mempunyai rasa empati yang tinggi, tak jarang kalau ada temen yang ada
masalah dialah orang pertama yang merasakannya bahkan menjadi pendengar
yang baik. selain berempati, melankolis juga romantis banget, jago bikin
puisi kayak saya malu....
POSISI MEDIA DALAM SISTEM PEMBELAJARAN
Definisi media pembelajaran. Kata media merupakan
bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai
perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju
penerima (Heinich et.al., 2002; Ibrahim, 1997; Ibrahim et.al.,
2001). Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai
pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan (Criticos, 1996).
Berdasarkan definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa proses
pembelajaran merupakan proses komunikasi. Proses pembelajaran
mengandung lima komponen komunikasi, guru (komunikator), bahan
pembelajaran, media pembelajaran, siswa (komunikan), dan tujuan
pembelajaran. Jadi, Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat
merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam
kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.
Posisi media pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Posisi media pembelajaran sebagai komponen komunikasi ditunjukkan pada Gambar 1.
Posisi media pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Posisi media pembelajaran sebagai komponen komunikasi ditunjukkan pada Gambar 1.
KOMPONEN-KOMPONEN PEMBELAJARAN
Pengertian Komponen Pembelajaran
Pandangan mengenai konsep pembelajaran terus menerus mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan perkembangan IPTEK. Pembelajaran sama artinya dengan kegiatan mengajar. Kegiatan mengajar dilakukan oleh guru untuk menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Pembelajaran merupakan suatu sistem, yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Komponen tersebut meliputi: kurikulum, guru, siswa, materi, metode, media dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran adalah operasionalisasi dari perencanaan pembelajaran, sehingga tidak lepas dari perencanaan pengajaran / pembelajaran yang sudah dibuat. Oleh karenanya dalam pelaksanaannya akan sangat tergantung pada bagaimana perencanaan pengajaran sebagai operasionalisasi dari sebuah kurikulum.
Pembelajaran kontestual merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam proses belajar-mengajar, yaitu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan enam komponen utama pembelajaran efektif, yakni: konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan ( Inquiri), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), dan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment).
Jadi dapat disimpulkan bahwa komponen pembelajaran adalah kumpulan dari beberapa item yang saling berhubungan satu sama lain yang merupakan hal penting dalam proses belajar mengajar.
OUR BRAIN
Anda Tipikal si Otak Kiri atau si Otak Kanan?
10 Juni 2013 | 10:36 wib
Untuk mencari kelebihan Anda, ternyata sangat berhubungan erat dengan sistem kerja otak kiri dan kanan. Seseorang yang cenderung menggunakan otak kiri sangat cerdas dalam menyusun hal mengatur dan penghitungan. Sementara menerka yang cenderung bekerja dengan otak kana lebih menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan praktek dan bekerja di bidang seni.
Apabila saat ini Anda sudah bekerja namun merasa tidak nyaman dengan pekerjaan Anda, bisa jadi Anda salah memilih pekerjaan. Yuk cari bidang pekerjaan sesuai dengan cara kerja otak.
Jawab beberapa pertanyaan berikut yang akan membantu Anda menentukan apakah Anda tipe si otak kanan atau si otak kiri.
1. Jika Anda diberi tugas untuk mengarang, maka yang akan Anda tulis adalah...
a. Menjabarkan sistem planet dan peredarannya
b. Menulis cerita bagaimana seekor gajah dapat menyelamatkan dunia
2. Menurut teman Anda, Anda adalah sosok yang...
a. Akademis dan terkenal selalu disiplin
b. Sosok yang populer dan ramai
3. Di pagi hari, Anda memilih pakaian berdasarkan...
a. Apa saja yang penting praktis
b. Seperti yang telah direncanakan semalam, karena ada acara yang spesial harus didatangi
4. Kalau ada dua pekerjaan yang menanti, maka Anda akan...
a. Menyelesaikan satu terlebih dahulu sampai sempurna, baru menyelesaikan yang lain
b. Mengerjakan yang satu, apabila bosan mengerjakan yang lain, dan kembali ke pekerjaan semula. Yang penting tidak bosan.
5. Dalam produksi film, kira-kira Anda akan berperan sebagai apa?
a. Pengarah gaya
b. Sebagai artisnya dong
6. Anda baru saja memenangkan sebuah tiket liburan selama seminggu ke pantai, Anda akan...
a. Mengajak serta kedua orang tua dan keluarga
b. Berlibur bersama teman-teman saja
7. Seseorang baru saja mengatakan bahwa Anda ini terlalu mementingkan penampilan. Maka Anda berpikir...
a. Masak sih?
b. Iya mungkin iya. Karena penampilan kan juga penting.
8. Dalam soal pilihan ganda, Anda akan...
a. Menelaah jawaban satu per satu kemudian baru memilih
b. Bingung memilih mana yang benar
9. Apabila Anda menonton film yang mengharukan maka Anda akan
a. Berkaca-kaca
b. Berusaha keras untuk tidak menangis
10. Saat beradu pendapat dengan orang lain Anda akan
a. Mengeluarkan semua fakta yang ada
b. Berusaha memanipulasi keadaan dan membuatnya lebih dramatis
Cek jawaban Anda di sini. Apabila jawaban Anda"
Kebanyakan A: Si Tipe Otak Kiri
Anda adalah tipe otak kiri, di mana Anda sosok pemikir yang praktis dan tak suka hal-hal yang muluk-muluk. Anda adalah tipe orang yang dikagumi karena kedisiplinan Anda. Anda sangat teliti dan tidak suka hal-hal atau barang yang berantakan. Anda akan menyelesaikan semua problem yang ditemui satu per satu terlebih dahulu sebelum menjamah problem lain.
Anda sangat pandai dalam hal menganalisa serta menemukan jawaban akan sebuah problem.
Kebanyakan B: Si Tipe Otak Kanan
Anda sosok yang ceroboh dan seringkali dibuat bimbang saat berhadapan dengan banyak pilihan. Anda sering kurang yakin dan kurang tegas, serta mudah tergiur rayuan.
Anda lebih senang berangan-angan dan cepat bosan. Gemar mendengarkan cerita fiksi dan khayalan serta menyukai hal-hal yang berkaitan dengan seni. Anda juga suka tantangan serta kejutan. Anda orang yang moody, dan tidak suka berkutat pada satu hal saja saat mengerjakan sesuatu.
(maya/vml/CN19)
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/wanita/2013/06/10/1427/Anda-Tipikal-si-Otak-Kiri-atau-si-Otak-Kanan
SAHABAT
Posted on | Friday, October 11, 2013 | No Comments
SAHABAT ITU SEPERTI BINTANG,
WALAU JAUH DIA BERCAHAYA,
MESKI KADANG MENGHILANG,
DIA TETAP ADA,
TAK MUNGKIN DIMILIKI,
TAK BISA DILUPAKAN.
WALAU JAUH DIA BERCAHAYA,
MESKI KADANG MENGHILANG,
DIA TETAP ADA,
TAK MUNGKIN DIMILIKI,
TAK BISA DILUPAKAN.
PODA 8: 30-31
Ahu do uju i di lambung ni pande,
jala marolop-olop ahu ari-ari marmeami tongtong dijolona.
Jala Ahu marmeami diliat portibion,
jala hasudungan ni rohaku do jolma manusia.
jala marolop-olop ahu ari-ari marmeami tongtong dijolona.
Jala Ahu marmeami diliat portibion,
jala hasudungan ni rohaku do jolma manusia.
HAPPY NEW YEAR
Posted on | Thursday, October 10, 2013 | No Comments
Habang ma pidong si buruk, songgop tu batu na jagar ,
nunga salpu taon na buruk, di taon on asi ma roha ni Tuhan,
sai ro ma angka na jagar.
Horbo ni si buluan manggagat di balian, sai dapot ma naniluluan,
sude ma hita dapot parsaulian.
nunga salpu taon na buruk, di taon on asi ma roha ni Tuhan,
sai ro ma angka na jagar.
Horbo ni si buluan manggagat di balian, sai dapot ma naniluluan,
sude ma hita dapot parsaulian.
DOAKU
TUHAN,
MAMPUKAN SAYA UNTUK MENGUTAMAKAN ENGKAU DI ATAS SEGALANYA,
MAMPUKAN SAYA JUGA UNTUK MELAKUKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
SAYA DALAM PEKERJAAN DENGAN BAIK,
PIMPIN DAN SERTAI SAYA SENANTIASA.
AMIN.
MAMPUKAN SAYA UNTUK MENGUTAMAKAN ENGKAU DI ATAS SEGALANYA,
MAMPUKAN SAYA JUGA UNTUK MELAKUKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
SAYA DALAM PEKERJAAN DENGAN BAIK,
PIMPIN DAN SERTAI SAYA SENANTIASA.
AMIN.
GOD'S JOB
Posted on | Sunday, October 6, 2013 | No Comments
TUHAN MERANGKAI HIDUP INI TAK SEINDAH YANG KITA IDAMKAN,
TETAPI JUGA TAK SEPAHIT YANG KITA CEMASKAN.
DIA MERAJUTNYA DENGAN KASIH YANG BERSEMAIKAN TANGIS DAN SENYUMAN.
DENGAN BIJAK, DIA MENUNTUN KITA UNTUK SELALU BELAJAR MEMAHAMI SEGALA MAKSUDNYA.
TETAPI JUGA TAK SEPAHIT YANG KITA CEMASKAN.
DIA MERAJUTNYA DENGAN KASIH YANG BERSEMAIKAN TANGIS DAN SENYUMAN.
DENGAN BIJAK, DIA MENUNTUN KITA UNTUK SELALU BELAJAR MEMAHAMI SEGALA MAKSUDNYA.
STRONG CHARACTER
KITA TIDAK MUNGKIN MENUTUPI PERMUKAAN BUMI INI SELURUHNYA
DENGAN KARPET AGAR KAKI KITA TIDAK TERTUSUK DURI.
GUNAKANLAH ALAS KAKI, DAN PERGILAH KE MANA SAJA, DURI
TIDAK AKAN MENYENTUH KAKI KITA.
MILIKILAH KEPRIBADIAN KUAT, MAKA ANDA AKAN MAMPU
MENGHADAPI TERPAAN MASALAH SEKUAT APAPUN.
BELAJAR DARI KUPU-KUPU
AKU BELAJAR BAHWA TAWA DAN AIRMATA BUKAN SESUATU YANG MEMALUKAN.
AKU TIDAK GAGAL KETIKA AKU KALAH, TETAPI AKU GAGAL KETIKA AKU BERHENTI MENCOBA.
AKU BELAJAR BAHWA KESUKSESAN TIDAK DIUKUR DARI MATERI, TAPI DARI HUBUNGANKU DENGAN TUHAN.
AKU TIDAK GAGAL KETIKA AKU KALAH, TETAPI AKU GAGAL KETIKA AKU BERHENTI MENCOBA.
AKU BELAJAR BAHWA KESUKSESAN TIDAK DIUKUR DARI MATERI, TAPI DARI HUBUNGANKU DENGAN TUHAN.
KRISIS MANUSIA
Fenomena krisis manusia, sangat sulit bila hanya didekati sebagai bagian dari krisis intelektual dan moral saja.
Saya ingin menarik satu jengkal lagi, sedikit lebih dalam, ke jantung persoalan bahwa krisis moral itu yang hampir merambah seluruh lini kehidupan kita.
Saya ingin menarik satu jengkal lagi, sedikit lebih dalam, ke jantung persoalan bahwa krisis moral itu yang hampir merambah seluruh lini kehidupan kita.
JADILAH ANAK YANG TERANG
1. Perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif.
2. Pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat, sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
3. Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan roh.
2. Pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat, sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
3. Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan roh.
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II