Strategic Plan



A. VISI SEKOLAH: ”PENDIDIKAN YANG MENGHASILKAN PRESTASI DI BIDANG AKADEMIK DAN NON (2016-2021)      AKADEMIK, BERAKHLAK, SERTA PEDULI LINGKUNGAN ”

B. MISI SEKOLAH:      
1.     Meningkatkan disiplin warga sekolah.
2.     Melaksanakan proses belajar mengajar dengan efektif dan tuntas.
3.     Melaksanakan bimbingan belajar secara terprogram.
4.     Meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas siswa dalam bidang olahraga dan seni melalui ekstra kurikuler.
5.     Tertib administrasi.
6.     Melatih siswa membaca Al’quran.
7.     Membudidayakan perilaku beretika dalam kegiatan sehari-hari.
8.     Menggalang kerjasama dengan stake holder dan masyarakat.
9.     Menciptakan siswa yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

C. TUJUAN SEKOLAH:

Bertolak dari Visi dan Misi di atas maka tujuan yang ingin dicapai oleh
SMAN 4 MERLUNG adalah sebagai berikut:

1.      Menjadi sekolah terbaik/teladan di sekitar Merlung.
2.      Terwujudnya layanan pendidikan yang unggul yang ditandai dengan layanan pendidikan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat menggunakan pembelajaran yang kreatif.
3.      Terciptanya lingkungan sekolah yang agamis dan mencintai budaya bangsa.
4.      Memiliki tim olahraga minimal 2 cabang mampu menjadi finalis tingkat kabupaten.
5.      Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.
6.      Meningkatkan pengetahuan tentang komputer dan mampu menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari serta mengaplikasikannya dalam menunjang informasi.
7.      Memiliki tim olimpiade dan LCC minimal finalis tingkat kabupaten.
8.      Lulusan yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.


D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA YANG DIHADAPI SEKOLAH                           
           
   1.          Kualitas SDM orang tua siswa umumnya masih rendah, sehingga berakibat kurangnya kepedulian mereka terhadap pendidikan.
   2.          Nilai Ujian Nasional yang masuk ke SMAN 4 Merlung umumnya rendah.
   3.          Lingkungan sekitar sekolah, lingkungan masyarakat yang tidak kondusif untuk   mendukung            keberhasilan pendidikan.
   4.          Kondisi sosial ekonomi orang tua siswa relatif masih rendah, sehingga mempengaruhi   peran aktif mereka untuk memperhatikan sekolah.
   5.          Masih adanya guru yang mengajar tidak sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
   6.          Masih ada beberapa guru yang merangkap beberapa mata pelajaran.
   7.          Masih adanya beberapa guru yang motivasi mengajarnya perlu peningkatan.
   8.          Kemampuan Guru dalam mengimplementasikan kurikulum Tingkat Satuan pendidikan   (KTSP) masih perlu peningkatan.
   9.          Belum maksimalnya beberapa orang guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik.
    10.       Kesadaran siswa tentang hak dan kewajiban umumnya rendah.
    11.       Motivasi belajar siswa masih rendah.
    12.       Kedisiplinan, keaktifan siswa masih perlu peningkatan.
    13.       Kesadaran akan arti pentingnya lingkungan sekolah masih perlu dibenahi.
    14.       Beberapa sarana dan prasarana sekolah belum memiliki ruang sendiri seperti:
                 - Laboratorium Bahasa
                 - Ruang OSIS, Pramuka
                 - Mushala
                 - Ruang Kelas
    15.       Perlunya penambahan Guru untuk memperlancar KBM.

E. SASARAN

1.      Proaktif mencari informasi dari berbagai sumber.
2.      Secara berkala mengadakan musyawarah dengan komite sekolah.
3.      Membahas permasalahan tentang kemampuan siswa menghadapi UN/UAS dengan Dinas terkait.
4.      Melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar melalui kegiatan gotong royong dan keagamaan sekaligus minta dukungan masyarakat untuk mendukung program sekolah.
5.      Proaktif mencari dana lain selain dari orang tua siswa.
6.      Mengupayakan penambahan guru sesuai dengan kompetensi.
7.      Mengupayakan guru tidak rangkap jabatan dan rangkap mata pelajaran.
8.      Mengikut sertakan guru dalam penataran dan pelatihan-pelatihan dinas dan non kedinasan.
9.      Melakukan pembinaan terhadap guru menyangkut hak dan kewajibannya.
10.    Memberi penghargaan kepada siswa yang berprestasi.
11.    Memiliki tim olimpiade/ LCC yang mampu bersaing di tingkat Kabupaten.
12.    Memiliki tim olahraga yang mampu menjadi finalis di tingkat Kabupaten.
13.    Memiliki tim kesenian yang mampu tampil di tingkat Kabupaten.
14.    Mengusulkan penambahan ruangan Kelas, Labor Bahasa, Ruang OSIS, Pramuka, dan Mushala.
15.    Mengusulkan penambahan Tenaga Administrasi Sekolah.
16.   Mengusulkan Penambahan sarana sekolah seperti : Komputer, Alat Praktik IPA, dan Olahraga.

F. NILAI-NILAI

1.      Kebersamaan
2.      Transparansi
3.      Tanggung Jawab
4.      Saling Percaya
5.      Saling Menghargai
6.      Disiplin
7.      Kreasi dan Inovatif

8.      Pelayanan Prima

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

GUEST BOOK