Strategic Plan
A. VISI SEKOLAH: ”PENDIDIKAN YANG MENGHASILKAN PRESTASI DI BIDANG
AKADEMIK DAN NON (2016-2021) AKADEMIK,
BERAKHLAK, SERTA PEDULI LINGKUNGAN ”
B. MISI SEKOLAH:
1. Meningkatkan
disiplin warga sekolah.
2. Melaksanakan
proses belajar mengajar dengan efektif dan tuntas.
3. Melaksanakan
bimbingan belajar secara terprogram.
4. Meningkatkan
dan mengembangkan kreatifitas siswa dalam bidang olahraga dan seni melalui
ekstra kurikuler.
5. Tertib
administrasi.
6. Melatih
siswa membaca Al’quran.
7. Membudidayakan
perilaku beretika dalam kegiatan sehari-hari.
8. Menggalang
kerjasama dengan stake holder dan masyarakat.
9. Menciptakan
siswa yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.
C. TUJUAN SEKOLAH:
Bertolak dari Visi dan Misi
di atas maka tujuan yang ingin dicapai oleh
SMAN 4 MERLUNG adalah sebagai
berikut:
1.
Menjadi sekolah terbaik/teladan di sekitar Merlung.
2.
Terwujudnya layanan pendidikan yang unggul yang
ditandai dengan layanan pendidikan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat
menggunakan pembelajaran yang kreatif.
3.
Terciptanya lingkungan sekolah yang agamis dan
mencintai budaya bangsa.
4.
Memiliki tim olahraga minimal 2 cabang mampu
menjadi finalis tingkat kabupaten.
5.
Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.
6.
Meningkatkan pengetahuan tentang komputer dan
mampu menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari serta mengaplikasikannya
dalam menunjang informasi.
7.
Memiliki tim olimpiade dan LCC minimal finalis
tingkat kabupaten.
8.
Lulusan yang peduli terhadap lingkungan dan
masyarakat.
D. IDENTIFIKASI TANTANGAN
NYATA YANG DIHADAPI SEKOLAH
1.
Kualitas SDM orang tua siswa umumnya masih rendah,
sehingga berakibat kurangnya kepedulian mereka terhadap pendidikan.
2.
Nilai Ujian Nasional yang masuk ke SMAN 4 Merlung umumnya
rendah.
3.
Lingkungan sekitar sekolah, lingkungan masyarakat
yang tidak kondusif untuk mendukung keberhasilan pendidikan.
4.
Kondisi sosial ekonomi orang tua siswa relatif
masih rendah, sehingga mempengaruhi
peran aktif mereka untuk memperhatikan sekolah.
5.
Masih adanya guru yang mengajar tidak sesuai
dengan kompetensi yang dimilikinya.
6.
Masih ada beberapa guru yang merangkap beberapa
mata pelajaran.
7.
Masih adanya beberapa guru yang motivasi
mengajarnya perlu peningkatan.
8.
Kemampuan Guru dalam mengimplementasikan kurikulum
Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) masih
perlu peningkatan.
9.
Belum maksimalnya beberapa orang guru dalam
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik.
10.
Kesadaran siswa tentang hak dan kewajiban umumnya
rendah.
11.
Motivasi belajar siswa masih rendah.
12.
Kedisiplinan, keaktifan siswa masih perlu
peningkatan.
13.
Kesadaran akan arti pentingnya lingkungan sekolah
masih perlu dibenahi.
14.
Beberapa sarana dan prasarana sekolah belum
memiliki ruang sendiri seperti:
- Laboratorium Bahasa
- Ruang OSIS, Pramuka
- Mushala
- Ruang Kelas
15.
Perlunya penambahan Guru untuk memperlancar KBM.
E. SASARAN
1.
Proaktif mencari informasi dari berbagai sumber.
2.
Secara berkala mengadakan musyawarah dengan komite
sekolah.
3.
Membahas permasalahan tentang kemampuan siswa
menghadapi UN/UAS dengan Dinas terkait.
4.
Melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar
melalui kegiatan gotong royong dan keagamaan sekaligus minta dukungan masyarakat
untuk mendukung program sekolah.
5.
Proaktif mencari dana lain selain dari orang tua
siswa.
6.
Mengupayakan penambahan guru sesuai dengan
kompetensi.
7.
Mengupayakan guru tidak rangkap jabatan dan
rangkap mata pelajaran.
8.
Mengikut sertakan guru dalam penataran dan
pelatihan-pelatihan dinas dan non kedinasan.
9.
Melakukan pembinaan terhadap guru menyangkut hak
dan kewajibannya.
10.
Memberi penghargaan kepada siswa yang berprestasi.
11.
Memiliki tim olimpiade/ LCC yang mampu bersaing di
tingkat Kabupaten.
12.
Memiliki tim olahraga yang mampu menjadi finalis
di tingkat Kabupaten.
13.
Memiliki tim kesenian yang mampu tampil di tingkat
Kabupaten.
14.
Mengusulkan penambahan ruangan Kelas, Labor Bahasa,
Ruang OSIS, Pramuka, dan Mushala.
15.
Mengusulkan penambahan Tenaga Administrasi
Sekolah.
16.
Mengusulkan Penambahan sarana sekolah seperti :
Komputer, Alat Praktik IPA, dan Olahraga.
F.
NILAI-NILAI
1. Kebersamaan
2. Transparansi
3. Tanggung Jawab
4. Saling Percaya
5. Saling Menghargai
6. Disiplin
7. Kreasi dan Inovatif
8. Pelayanan Prima
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II