PENGERTIAN SOSIOLOGI
Posted on | Wednesday, May 7, 2014 | No Comments
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X/1
Peminatan : Ilmu ilmu Sosial
Materi Pokok : Fungsi Sosiologi
Alokasi Waktu : 3
x 3 JP
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1 Mensyukuri keberadaan diri dan
keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2 Merespon secara positif berbagai gejala sosial di
lingkungan sekitar
3.1 Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji
berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
a)
Menjelaskan pengertian
Sosiologi
b)
Menjelaskan Fungsi Sosiologi
c)
Menjelaskan Konsep dasar
Sosiologi
d)
Mendeskripsikan gejala sosial
e)
Menjelaskan pengertian dan
jenis-jenis gejala sosial
4.1 Melakukan kajian pustaka, diskusi dan
menyimpulkan berbagai pendapat para
ahli
tentang peran, fungsi dan konsep-konsep dasar Sosiologi
a)
Menghubungkan berbagai teori
Sosiologi
b)
Menyimpulkan peran sosiologi
menurut berbagai ahli
c)
Menyimpulkan fungsi Sosiologi
menurut berbagai ahli
d)
Menyimpulkan konsep dasar
Sosiologi menurut berbagai ahli
e)
Menyimpulkan pengertian dan jenis realitas/fakta sosial
f)
Menyimpulkan gejala/fenomena sosial yang terjadi di
masyarakat dalam tinjauan Sosiologi
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
proses mencari informasi, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan
berdiskusi peserta didik dapat:
·
Menjelaskan pengertian
Sosiologi
·
Menjelaskan fungsi Sosiologi
·
Menjelaskankonsep dasar
Sosiologi
·
Menjelaskangejala Sosial
·
Menjelaskan pengertian dan
jenis-jenis gejala sosial
·
Menghubungkan berbagai teori
Sosiologi
·
Menyimpulkan peran sosiologi
menurut berbagai ahli
·
Menyimpulkan fungsi Sosiologi
menurut berbagai ahli
·
Menyimpulkan konsep dasar
Sosiologi menurut berbagai ahli
·
Menyimpulkan pengertian dan jenis realitas/fakta sosial
·
Menyimpulkan gejala/fenomena sosial yang terjadi di
masyarakat dalam tinjauan Sosiologi
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian Sosiologi
2.
Peran dan Fungsi
Sosiologi
3.
Konsep dasar
sosiologi
4.
Realitas Sosial
5.
Macam-macam
Realitas/fakta Sosial
6.
Gejala/Fenomena
Sosial Sosial
Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Strategi :
Pembelajaran Koperatif
·
Metode
Pembelajaran : Kajian Pustaka,
Diskusi, Presentasi
Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran
·
Media : LCD, Hand Out
·
Alat/bahan : Papan tulis,
Spidol
·
Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan referensi lain yang relevan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Apersepsi
(Guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar istilah
“Sosiologi” ?
· Orientasi
(Guru menampilkan gambar yang berhubungan dengan materi “Sosiologi”)
· Motivasi
(Memberi contoh tentang manfaat mempelajari Sosiologi)
· Pemberian
Acuan :
§ (Garis
besar materi tentang “Pengertian dan Fungsi Sosiologi”)
§ Pembentukan
Kelompok diskusi
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Peserta
didik menyimak pendapat para ahli tentang pengertian “Sosiologi”
· Peserta
didik menyimak berbagai fungsi Sosiologi
· Guru menilai keterampilan peserta
didik mengamati
Menanya
· Peserta
didik mendikusikan dengan teman sebangku mengenai makna gambar dan pengertian
“Sosiologi”
· Peserta
didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai berbagai fungsi Sosiologi
· Guru
bertanya tentang makna gambar yang ditampilkan
· Guru
bertanya tentang pendapat para ahli tentang pengertian “Sosiologi” yang
terdapat pada buku teks
· Guru
bertanya tentang berbagai fungsi Sosiologi
Mencoba
· Peserta
didik membaca buku teks yang berkaitan dengan pengertian Sosiologi menurut
berbagai ahli Sosiologi
· Peserta
didik membaca buku teks tentang berbagai fungsi Sosiologi
Mengasosiasi
· Peserta
didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
· Peserta
didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai
pengertian Sosiologi
· Peserta
didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai fungsi Sosiologi dalam
memahami berbagai gejala sosial di masyarakat
· Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai
keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta
menilai kemampuan peserta didik memahami pengertian dan fungsi Sosiologi
· peserta
didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok
Mengomunikasikan
· Perwakilan
dari kelompok menyampaikan hasil diskusi
· Guru menilai kemampuan peserta
didik berkomunikasi lisan
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta
didik menyimpulkan materi
mengenai pengertian dan fungsi Sosiologi
·
Memberikan
tugas membuat
resume hasil diskusi kelompok
·
Memberi Pekerjaan Rumah
·
Melaksanakan
postes
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi hasil pretes dan postes
pertemuan sebelumnya
· Menagih dan mengingatkan pekerjaan
rumah
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Melaksanakan pretes tentang
pengertian dan fungsi Sosiologi
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
·
Dua orang peserta
didik dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil pengamatan
terhadap gambar dan artikel mengenai realitas/fakta sosial yang terjadi di
masyarakat
·
Mencoba
· Kelompok diminta untuk
mendiskusikan pengertian
realitas/fakta sosial
· Kelompok mencoba memilah jenis-jenis
realitas/fakta sosial menurut berbagai ahli
· Setiap kelompok mencoba menganalisis
salah satu contoh realitas/fakta sosial yang terjadi di masyarakat
· Kelompok mendiskusikan
realitas/fakta sosial tersebut dan menghubungkannya dengan pengertian Sosiologi
· Guru menilai
sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan konsep dan
prinsip dalam pemecahan masalah dan keterampilan mencoba instruksi kerja
Mengasosiasi
· Kelompok mendiskusikan hubungan
antara realitas/fakta sosial dengan pengertian dan fungsi Sosiologi
· Dengan fasilitasi guru, peserta
didik diminta merumuskan kembali dengan kalimat sendiri mengenai pengertian
realitas/fakta sosial dan jenis-jenisnya
· Guru menilai
keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
· Perwakilan kelompok memaparkan hasil
diskusi kelompoknya
· Guru menilai
keterampilan menyaji dan berkomunikasi
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan pengertian
dan jenis-jenis realitas/fakta sosial
·
Memberikan tugas membaca materi berikutnya
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi hasil pretes dan postes
pertemuan sebelumnya
· Menagih dan mengingatkan pekerjaan
rumah
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Melaksanakan pretes tentang
gejala/fenomena sosial hubungannya
dengan Sosiologi
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Peserta didik menyimak gambar
mengenai gejala/fenomena sosial
· Peserta didik menyimak pengertian
gejala/fenomena sosial menurut ahli Sosiologi
· Peserta didik menyimak berbagai
gejala/fenomena sosial
· Guru menilai
keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
· Peserta didik mendikusikan dengan
teman sebangku mengenai pengertian gejala/fenomena sosial
· Guru bertanya tentang pengertian
gejala/fenomena sosial seperti yang terdapat pada buku teks
· Guru bertanya tentang berbagai
gejala/fenomena sosial
· Guru bertanya tentang penelitian
mengenai gejala/femonena sosial
Mencoba
· Peserta didik membaca buku teks yang
berkaitan dengan pengertian gejala/fenomena sosial
· Peserta didik membaca buku teks
tentang berbagai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
Mengasosiasi
· Peserta didik dibagi dalam kelompok
kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
· Peserta didik dalam kelompok diminta
mendiskusikan pengertian gejala/fenomena sosial
· Peserta didik dalam kelompok diminta
mendiskusikan berbagai gejala/fenomena sosial di masyarakat
· Peserta didik diminta mendiskusikan
kemungkinan pelaksanaan penelitian sosial mengenai gejala/fenomena sosial
yang terjadi di masyarakat
· Guru menilai sikap peserta didik
dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis,
menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan peserta
didik memahami gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
· peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi kelompok
Mengomunikasikan
· Perwakilan dari kelompok
menyampaikan hasil diskusi
· Guru menilai kemampuan peserta didik
berkomunikasi lisan
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan materi
mengenai pengertian
gejala/fenomena
sosial
·
Bersama peserta didik menyimpulkan berbagai
gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
·
Bersama peserta didik menyimpulkan kemungkinan
penelitian sosial mengenai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
·
Memberikan tugas membuat resume hasil diskusi
kelompok
·
Memberi Pekerjaan Rumah
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Penilaian
1.
Mekanisme dan prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi
kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian
hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.
Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam
kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen
laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas
visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.
Contoh Instrumen (Terlampir)
....................,..... 2014
Mengetahui Guru Mapel Sosiologi
Kepala SMA ....
.................................. ..................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala
Sekolah
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
a. Lembar
Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/Program :
X/Ilmu-ilmu Sosial
Kompetensi :
KD 3.1 dan 4.1
No
|
Nama
Peserta didik
|
Observasi
|
Kinerja
Presentasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
Akt
|
tgjwb
|
Kerjsm
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
A
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
B
|
||||||||
3.
|
C
|
||||||||
4.
|
D
|
||||||||
5.
|
E
|
||||||||
6.
|
F
|
||||||||
7.
|
G
|
||||||||
8.
|
H
|
||||||||
9.
|
I
|
||||||||
10.
|
J
|
||||||||
11.
|
dst
|
||||||||
12.
|
|||||||||
13.
|
|||||||||
14.
|
|||||||||
15.
|
|||||||||
16.
|
|||||||||
17.
|
|||||||||
18.
|
|||||||||
19.
|
|||||||||
20.
|
|||||||||
21.
|
|||||||||
Keterangan pengisian skor
4. Sangat
tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
tinggi
1. Kurang
b. Pretes/postes
Pretes/Postes
Pertama
1. Berilah
tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Manusia
selalu hidup dalam masyarakat dan berhubungan dengan manusia lain.
|
||
2.
|
Hubungan
tersebut selalu terjadi secara individual.
|
||
3.
|
Hubungan
manusia dengan lingkungannya menghasilkan
suatu sistem kehidupan bersama yang disebut dengan masyarakat.
|
||
4.
|
Selain
membentuk masyarakat sebagai suatu sistem sosial, hubungan antara manusia
dengan lingkungannyajuga menghasilkan berbagai produk yang disebut kebudayaan
|
||
5.
|
Sebagai
suatu ilmu, sosiologi merupakan suatu kerangka pengetahuanyang disusun dan
diuji hanya melalui keinginan pribadi.
|
2. Jawablah
petanyaan berikut ini
a.
Menurut Pitirim A Sorokin , Sosiologi adalah ilmu yang
mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala
sosial, diantaranya adalah gejala....
1.
2.
3.
c. Contoh Tes Tertulis
1.
Jelaskan
pengertian dan fungsi Sosiologi menurut salah seorang ahli !
2.
Apa yang
dimaksud dengan realitas sosial dan sebutkan 7 bagian realitas sosial menurut
Soerjono Soekanto !
3.
d. Tugas
1.
Lengkapi tabel berikut dengan
mengisi pengertian sosiologi menurut pendapat berbagai ahli Sosiologi
No.
|
Ahli Sosiologi
|
Pengertian “Sosiologi”
|
1.
|
Auguste
Comte
|
|
2.
|
Max
Weber
|
|
3.
|
Emile
Durkheim
|
|
4.
|
Joseph S. Roucek dan Roland R. Warren
|
|
5.
|
William F. Ogburn dan
Meyer F. Nimkoff
|
|
6.
|
Alex Inkeles
|
|
7.
|
Pitirim
Sorokin
|
|
8.
|
Selo
Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
|
|
9.
|
Hasan Shadily
|
2.
Amati gambar tentang fenomena
“kemiskinan” di bawah ini kemudian analisis berbagai alternatif yang dapat
dikembangkan dengan pemahaman “Sosiologi” untuk mengatasi masalah tersebut.
....................................................................................................
....................................................................................................
FORMAT PENILAIAN
LAPORAN PORTOFOLIO
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Peminatan : X/Ilmu-ilmu Sosial
Materi
Pokok : Fungsi Sosiologi
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek Penilaian
|
Skor rata-rata
|
Nilai
|
|||
Tampilan
|
Kelengkapan
|
Tata Bahas
|
Jawaban Pertanyaan
|
||||
1.
|
A
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3,50
|
87,5
|
2.
|
dst.
|
||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
|||||||
7.
|
|||||||
8.
|
|||||||
9.
|
|||||||
10.
|
Keterangan pengisian skor :
4. Sangat Baik
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang


Comments
The Teachers

About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply