LK 4.2 PENYUSUNAN RPP SOSIOLOGI

Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       :  DIKLAT IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Kelas/Semester            :  X IIS/1
Mata Pelajaran            :  SOSIOLOGI
Materi Pokok             : FUNGSI DAN PERAN SOSIOLOGI
Alokasi Waktu            : 3 x 45  menit (1 x Pertemuan )

A.    Kompetensi Inti SMA kelas X
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab penomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1  Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
3.1  Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat
Indikator;
3.1.1 Menjelaskan latar belakang lahirnya Sosiologi
3.1.2 Mendeskripsikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
3.1.3. Mendeskripsikan pengertian sosiologi
3.1.4. Mengidentifikasi ciri sosiologi sebagai ilmu
3.1.5. Mendeskripsikan obyek kajian/studi sosiologi
3.1.6. Menyimpulkan peran sosiologi dalam mengkaji fenomena gejala sosial

4.1  Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
Indikator;
4.2.1Menganalisis tentang sifat,ciri dan objek kajian ilmu sosiologi
4.2.2 Mendeskripsikan manfaat nyata sosiologi dalam masyarakat

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa mampu;
   Dengan memperhatikan tayangan, peserta didik dapat menjelaskan latar belakang lahirnya ilmu sosiologi
   Dengan berdiskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan sosiologi sebagai ilmu dan metode
   Dengan kerja kelompok dan berdiskusi, peserta didik dapat mendeskripsikan objek studi sosiologi
   Dengan memperhatikan tayangan dan berdiskusi, peserta didik dapat menuliskan fungsi sosiologi dalam mengkaji fenomena (gejala) sosial

D.    Materi pokok
►latar belakang lahirnya ilmu sosiologi
►sosiologi sebagai ilmu dan metode
►pengertian sosiologi menurut tokoh sosiologi
►ciri-ciri sosiologi
►obyek kajian sosiologi
►peran sosiologi dalam mengkaji fenomena (gejala) sosial


E.     Metode Pembelajaran
·      Pendekatan pembelajaran     : Saintifik
·      Model Pembelajaran     : Project Based Learning, Discovery Learning, Problem Based Learning
·      Metode Pembelajaran   : Diskusi, tanya jawab dan penugasan.

F.     Alat / Media / Sumber Pembelajaran
a.      Media
Gambar gejala sosial yang mempercepat terjadinya revolusi industri

b.      Alat/bahan
Power point, LCD, Laptop

c.       Sumber Pembelajaran
1.   PengantarSosiologi, Kun Maryati & Juju Suryawati, Sosiologi kelompok peminatan ilmu-ilmu sosial, Jakarta: Erlangga 2013
2.   Lembar Kerja siswa
3.   Lembar Penilaian
4.   Sumber lain yang relevan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Fase Menyampaikan tujuan dan memotivasi

v berdoa
v perkenalan
v memotivasi siswa untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA
v membangun komunitas dan membangkitkan motivasi belajar: sambil lebih memperkenalkan diri dengan teman-teman yang sama-sama baru masuk SMA
v menjelaskan tujuan pembelajaran
v menjelaskan pokok materi yang dipelajari
v menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran

15  menit
Inti
Fase mengamati
ü siswa mengamati gambar yang memicu timbulnya revolusi industri

FaseMenanya
ü siswa   setelah mengamati gambar menumbuhkan rasa keingintahuan lebih lanjut dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang kehidupan masyarakat saat kejadian dalam tayangan tersebut

Fase mengumpulkan informasi
ü  siswa saling berbagi informasi melalui kerja kelompok untuk mengumpulkan informasi. Data-data yang dijadikan bahan tentang;
- Abad XVII tumbuh beragam penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan
- peristiwa revolusi industri
- timbul kalangan baru dalam masyarakat; pemilik modal
- ada konflik, kerusuhan, pemberontakan yang mengakibatkan kemiskinan
- perubahan memicu ilmuwan untuk mempelajari gejala sosial yang sedang terjadi

Fase Mengasosiasi
Data yang diperoleh dari mengumpulkan informasi diatas dihubungkan menjadi sebagai berikut;
ü para pemikir kuno  (Ariestoteles, Plato, Socrates) yang beranggapan masyarakat terbentuk begitu saja
ü abad pencerahan (XVII M) ilmu pengetahuan tumbuh dan berkembang pesat. Perkembangan menumbuhkan kesadaran
ü Abad XVIII M terjadi perubahan revolusioner karena struktur masyarakat lama dengan cepat berganti struktur masyarakat baru. Revolusi sosial dalam revolusi Amerika, revolusi industri, dan revolusi Perancis

Fase Mengomunikasikan
ü Siswa membuat laporan secara tertulis dan melaporkan hasilnya pada diskusi kelas.


105
Penutup
Fase Memberikan penghargaan
N Guru memberikan reward kepada siswa yang aktif
N Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang (hubungan social)
N Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.

15 menit

Pertemuan 2 (Model Discovery Learning)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Fase Menyampaikan tujuan dan memotivasi

v berdoa
v memotivasi siswa untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA
v motivasi belajar
v menjelaskan tujuan pembelajaran
v menjelaskan pokok materi yang dipelajari
v menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran

15  menit
Inti
Fase stimulasi
ü siswa diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic sosiologi sebagai ilmu dan metode dengan cara;
-          menyajikan gambar bapak sosiologi Auguste Comte dan tokoh sosiologi dari Indonesia Selo Soemardjan
-          menyampaikan pesan bahwa gambar tersebut merupakan orang yang berperan penting dalam perkembangan ilmu sosiologi

Fase Problem statemen (pertanyaan/identifikasi)
ü guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan  dengan perkembangan sosiologi sebagai ilmu dan metode
-              mengapa Auguste Comte dikatakan sebagai bapak sosiologi /
-              mengapa sosiologi dikatakan ilmu ?

Fase Pengumpulan data
Siswa mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi, melalui;
-           Auguste Comte dikatakan sebagai Bapak Sosiologi karena pertama kali istilah sosiologi dalam bukunya Cours de philosophie positive
-           Sosiologi dikatakan ilmu karena memiliki cirri-ciri utama yaitu; empiris, teoritis, kumulatif, dan non-etis. Khusus untuk nonetis dalam pendidikan sosiologi masih memperhatikan nilai-nilai yang ditumbuhkan dalam kehidupan di sekolah dn tidak bebas tanpa kendali
-           
Fase Pengolahan data
ü  Siswa berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan dengan cara;
- mengolah data pengamatan dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja
- mengolah data dengan cara diskusi kelompok membahas data-data yang telah dikelompok-kelompokan

Fase verification (pembuktian)
ü Siswa mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku sumber (memeriksa data)

Fase Generalization
ü Siswa membuat laporan secara tertulis dan melaporkan hasilnya pada diskusi kelas.


105
Penutup
Fase Memberikan penghargaan
N Guru memberikan reward kepadasiswa yang aktif
N Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang(hubungan sosial)
N Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.

15 menit


Pertemuan 3 (Problem Based Learning)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Fase Menyampaikan tujuan dan memotivasi

v berdoa
v memotivasi peserta didik untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA
v membangun komunitas dan membangkitkan motivasi belajar
v menjelaskan tujuan pembelajaran
v menjelaskan pokok materi yang dipelajari
v menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran

15  menit
Inti
Fase mengorientasi peserta didik kepada masalah
ü guru menjelaskan tujuan pembelajaran kemudian memberikan konsep dasar, petunjuk atau referensi yang diperlukan dalam pembelajaran
ü siswa menyaksikan tayangan mengenai “Kemiskinan dan Anak Terlantar”
ü guru melakukan brainstorming dimana siswa dihadapkan pada masalah “kemiskinan dan anak terlantar” Bahasan awal ini memancing siswa untuk menemukan permasalahan yang berhubungan dengan “kemiskinan dan anak terlantar”

Fase Mengorganisasikan peserta didik
ü guru membantu siswa untuk memecahkan masalah melalui pembentukan kelompok belajar
ü masing-masing kelompok belajar membuat identifikasi masalah yang dikemukakan oleh anggota kelompoknya, menyusun berdasarkan skala prioritas masalah
ü siswa mendiskusikan hal-hal yang harus dikerjakan dengan konsep-konsep yang harus didiskusikan dan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, untuk memecahkan masalah

Fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok
ü  siswa mengumpulkan informasi untuk menciptakan dan membangun ide mereka sendiri dalam memecahkan masalah
ü  siswa mendiskusikan manfaat sosiologi dalam kehidupan nyata dalam masyarakat

Fase Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
ü siswa merencanakan dan menyiapkan laporan dengan cara berbagi tugas dengan teman
ü pembuatan laporan melalui kegiatan;
-         menghimpun alternatif pemecahan masalah dengan membuat gradasi mulai yang paling urgen sampai yang paling lemah
-         laporan disusun dengan membuat pemecahan masalah secara gradasi
-         membut laporan secara sistematis dan benar

Fase Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
ü Siswa mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari melalui diskusi kelas untuk menganalisis hasil pemecahan  materi yang disampaikan oleh siswa


105
Penutup
Fase Memberikan penghargaan
N Guru memberikan reward kepada siswa yang aktif
N Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang (hubungan sosial)
N Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.

15 menit



BENTUK
PENILAIAN
TEKNIK
PENILAIAN
BENTUK
INSTRUMEN
INSTRUMEN
SIKAP/
Observasi

Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses  pembuatan film dan  presentasi

Skala sikap
Lihat lampiran
KETERAMPILAN/
Portofolio
Menilai laporan peserta didik

CD fim dan peta konsep
Lihat lampiran
PENGETAHUAN/
Tes tertulis
 Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan konsep

Soal tes
Lihat lampiran


LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Tes Tulis (Bentuk Uraian)
Satuan Pendidikan             : DIKLAT IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Mata Pelajaran                   : SOSIOLOGI
Kelas                                    : X IIS

Kompetensi dasar              : Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat

Materi                                  Fungsi dan Peran Sosiologi

Indikator                            : Menganalisis hakekat sosiologi sebagai ilmu

Soal
1.      Jelaskan hakekat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang kategoris !
2.      Apa yang dimaksud dengan sosiologi bersifat empiris !
3.    Apa yang menjadi obyek kajian sosiologi !
4.      Apa yang dimaksud dengan gejala sosial ?
5.      Setujukah anda bahwa kesetaraan gender merupakan gejala sosial yang positif? Coba jelaskan!


 






LAMPIRAN : KUNCI JAWABAN BESERTA RUBRIK PENSKORAN


NO

KUNCI JAWABAN
SKOR
1.
Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang kategoris artinya sosiologi membatasi diri dengan apa yang terjadi dan bukan pada apa yang seharusnya terjadi.

20
2.
Bersifat empiris artinya didasarkan pada hasil observasi dan akal sehat dan hasilnya tidak bersifat spekulatif
20
3.
Yang menjadi obyek kajian sosiologi adalah masyarakat
20
4.
Gejala sosial adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi diantara dan oleh manusia, baik secara individu maupun secara kelompok
20
5
Disesuaikan dengan argumentasi jawaban.
20
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
100

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Tes Lisan

Satuan Pendidikan             : DIKLAT IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Mata Pelajaran                   : SOSIOLOGI
Kelas                                    : X IIS

Kompetensi dasar              : Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat

Materi                                  Fungsi dan Peran Sosiologi

Indikator                             : Mendeskripsikan manfaat nyata sosiologi masyarakat


C. Rubrik Penilaian Tes Lisan

NO.
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
1.
2.
3.
4.
Kepercayaan diri tampil di depan kelas (presentasi)
Alur presentasi tertata rapi
Pemaparan konsep dengan jelas
Ide/opini sebagai indikator wawasan/cara pandang topik yang diangkat

30
20
20
20
SKOR MAKSIMAL
90


PEDOMAN PENSKORAN

KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Siswa dapat menyebutkan dengan benar contoh yang berkaitan dengan gejala sosial

25
Siswa dapat menyebutkan dengan benar contoh yang berkaitan dengan manfaat gejala sosial

25
Siswa dapat memberikan opini mengenai permasalahan sosial sebagai penjabaran konsep gejala sosial

40



LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PROYEK


Satuan Pendidikan             : DIKLAT IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Mata Pelajaran                   : SOSIOLOGI
Kelas                                    : X IIS

Kompetensi dasar              : Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat

Materi                                  Fungsi dan PeranSosiologi

Indikator                             : Mendeskripsikan manfaat nyata sosiologi masyarakat
Tugas
Secara berkelompok, siswa membuat satu film  mengenai realita kemiskinan masyarakat kota. Durasi film 15 menit.
Tugas dikumpulkan berupa CD dengan program DVD, FLV atau Media Player




 










Rubrik Penilaian

No.
Kriteria
Kelompok
4
3
2
1
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip




2
Ketepatan memilih bahan




3
Kreativitas




4
Ketepatan waktu pengumpulan tugas




5
Kerjasama kelompok




Jumlah skor

           
Keterangan:4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
           
Nilai Perolehan = x 100

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO


Satuan Pendidikan             : DIKLAT IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Mata Pelajaran                   : SOSIOLOGI
Kelas                                    : X IIS

Kompetensi dasar              : Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat

Materi                                  Fungsi dan Peran Sosiologi

Indikator                            : Menganalisis hakekat sosiologi sebagai ilmu

Jenis Portofolio                   :  Individual

Tujuan Portofolio              :  Memantau perkembangan kemampuan, dan keterampilan Fungsi dan peran sosiologi
Tugas

Buatlah  peta konsep fungsi dan peran sosiologi  dalam bentuk Power point. Peta konsep berisi;
1.      Gejala sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat, berisi; pengertian gejala sosial, karakteristik gejala sosial, bentuk dan jenis gejala sosial
2.      Fungsi dan peran sosiologi dalam mengkaji gejala sosial di masyarakat, berisi; sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, metode ilmiah, hubungan sosiologi dengan ilmu lain, peran dan fungsi sosiologi
Siswa mempresentasikan hasil peta konsep yang dibuat. Peta Konsep dan Poster di kumpulkan berupa CD (1 kelas 1 CD) jangan lupa cantumkan nama dan disusun urut berdasarkan  nomor absen
 

















Rubrik Penilaian
Nama siswa    :  …………………………………………………
Kelas               : ………………………………………………….

No
Kategori
Skor
Alasan
1
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuaidengan rencana?


2.
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?


3.
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?


4.
Apakah bahan presentasi disajikan secara menarik?


Jumlah



Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang






Jakarta, Agustus 2014
Mengetahui:                                                                    Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah




Evy Clara                                                                    Kelompok DKI Jakarta
Nara sumber/Fasilitator






























Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK