SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II) (beserta kunci)
Posted on | Tuesday, May 24, 2016 | No Comments
1.
Dua orang atau lebih yang
memiliki kesamaan identitas dan berinteraksi satu sama lain secara terstruktur
untuk mencapai tujuan bersama disebut…
A.
komunitas sosial
B.
interaksi sosial
C.
masyarakat sosial
D.
kelompok sosial
E.
kelas sosial
2.
Berikut ini merupakan definisi
kelompok sosial menurut pendapat Soerjono Soekanto adalah …
A.
himpunan atau kesatuan manusia
yang hidup bersama karena adanya hubungan antara mereka secara timbal balik dan
saling mempengaruhi
B.
kelompok orang yang saling
berinteraksi sesuai dengan pola-pola yang telah matang
C.
himpunan atau kesatuan manusia
yang hidup bersama pada suatu tempat
D.
dua atau lebih orang yang saling
berinteraksi dengan cara-cara berpola, dan dikenali sebagai sebuah kelompok
oleh mereka sendiri dan oleh orang lain
E.
kumpulan manusia yang memiliki
kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi
3.
Sekumpulan manusia dikatakan
sebagai sebuah kelompok sosial apabila memiliki beberapa persyaratan
diantaranya adalah…
A.
adanya kesadaran menjadi individu
yang otonom
B.
adanya kesadaran tujuan yang sama
walaupun jalan yang ditempuh berbeda-beda
C.
adanya kesadaran bahwa dia adalah
bagian dari kelompok tersebut
D.
memiliki unsur pemaksa
E.
setiap individu menyadari bahwa
kelompok memiliki suatu ikatan yang tidak dapat diganggu gugat
4.
Seorang tokoh yang membagi
kelompok sosial menjadi solidaritas mekanis dan solidaritas organis adalah…
A.
Emile Durkheim
B.
Soerjono Soekanto
C.
Pierre L. van den Berghe
D.
Robert K. Merton
E.
Clifford Geertz
5.
Pada kelompok dengan solidaritas
mekanis yang diutamakan adalah persamaan…
A.
kebutuhan
B.
perilaku
C.
tuntutan
D.
minat
E.
kebutuhan
6.
Perhatikanlah ciri-ciri kelompok
sosial berikut!
1)
Terdapat hubungan yang mesra dan
menyeluruh.
2)
Adanya hubungan yang bersifat
pribadi.
3)
Bersifat eksklusif.
Informasi-informasi
tersebut merupakan ciri-ciri dari salah satu jenis kelompok sosial yaitu…
A.
kelompok semu
B.
kelompok nyata
C.
kelompok primer
D.
gemeinschaft
E.
gesellschaft
7.
Kehidupan bersama di daerah
pedesaan yang diperkuat dengan kedekatan tempat tinggal serta tempat bekerja
akan menghasilkan pengelompokkan sosial yang disebut…
A.
gemeinschaft of life
B.
gemeinschaft of blood
C.
gemeinschaft of place
D.
gemeinschaft of mind
E.
gesellschaft
8.
Mahasiswa Universitas Indonesia
yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta membentuk perkumpulan sosial yang diberi
nama Paguyuban Mahasiswa UI Asal Yogya dan Jawa Tengah. Kelompok sosial pada
deskripsi tersebut, terbentuk atas kriteria…
A.
hobi
B.
profesi
C.
wilayah
D.
lokalitas
E.
etnisitas
9.
Perhatikan gejala sosial berikut.
(1)
Pembagian kerja berdasarkan
bidang keahlian spesifik.
(2)
Solidaritas bersifat mengikat
sehingga terdapat ketergantungan.
(3)
Ikatan hubungan sosial
berdasarkan kesepakatan resmi dan tertulis.
(4)
Sesama anggota kelompok sosial
saling mengenal secara pribadi.
(5)
Setiap tindakan bertujuan untuk
mendapatkan profit atau keuntungan.
Ciri-ciri tersebut
terdapat dalam kelompok sosial…
A.
primer
B.
sekunder
C.
paguyuban
D.
patembayan
E.
perkumpulan
10.
Patembayan adalah kelompok yang
banyak dijumpai dalam kehidupan masyarakat…
A.
modern
B.
feodal
C.
suburban
D.
berkasta
E.
sederhana
11.
Petani dan Guru Sosiologi
merupakan tipe kelompok yang didasarkan pada…
A.
perasaan kekuatan kepada
kelompoknya
B.
kesatuan wilayah tempat tinggal
C.
profesi
D.
ada atau tidaknya struktur
organisasi dalam lingkungan kerja
E.
corak kehidupan sosial
12.
Perhatikanlah
pernyataan-pernyataan berikut ini!
1)
Terbentuknya tidak direncanakan.
2)
Interaksi dan komunikasi tidak
dilakukan secara terus menerus.
3)
Tidak terorganisir dalam wadah
tertentu.
4)
Kehadirannya tidak konstan.
5)
Tidak ada kesadaran tiap
kelompoknya.
Keterangan di atas
merupakan ciri-ciri…
A.
kelompok nyata
B.
kelompok sosial sementara
C.
kelompok semu
D.
kerumunan sosial
E.
kelompok sosial informal
13.
Berikut yang tidak
termasuk kelompok semu adalah…
A.
gerombolan suporter tim sepakbola
yang hendak menyaksikan laga tim favoritnya
B.
delegasi utusan daerah untuk mengikuti
Musyawarah Kerja Nasional Partai Indonesia Berdaulat
C.
kerumunan orang yang penasaran
melihat mayat tak dikenal di pinggir sungai
D.
antrean ibu-ibu yang hendak
membeli minyak tanah
E.
penggemar sinetron “Remaja Kita”
14.
Suatu kelompok primer (primary
group) umumnya dicirikan oleh…
A.
persaingan dan pergaulan
B.
kehangatan dan afeksi
C.
saling penyesuaian
D.
persaingan dan suasana
antarhubungan dinamis
E.
pergaulan intim dan kerja sama
tatap muka
15.
Berikut ini yang merupakan salah
satu syarat untuk menjadi anggota dalam kelompok primer adalah…
A.
memiliki banyak waktu luang
sehingga dapat berkonsentrasi dalam kegiatan kelompok
B.
memiliki keinginan yang kuat
untuk bergabung dalam kelompok primer
C.
memiliki kecakapan untuk dapat
berinteraksi dengan orang banyak
D.
antaranggota kelompok saling
berdekatan secara fisik dan terjadi interaksi yang intensif
E.
terdapat kewaspadaan dari
individu
16.
Perhatikan informasi-informasi
berikut ini.
1)
Hubungan antar anggota renggang
dan tidak perlu saling mengenal secara pribadi.
2)
Adanya suatu kelanggengan hubungan
antaranggota kelompok yang bersangkutan.
3)
Masing-masing anggota tidak
saling mengenal karena jumlah anggotanya banyak.
4)
Setiap individu memiliki
keinginan yang sama dalam mencapai tujuan kelompok.
5)
Hubungan bersifat tidak permanen
Berdasarkan informasi di
atas, yang merupakan sifat-sifat yang dimiliki oleh kelompok sekunder adalah…
A.
1), 2), dan 3)
B.
2), 3), dan 4)
C.
1), 3), dan 5)
D.
1), 3), dan 4)
E.
3), 4), dan 5)
17.
Perhatikan informasi-informasi di
bawah ini!
1)
Memiliki jumlah anggota yang
banyak.
2)
Organisasi bersifat resmi.
3)
Terdapat peraturan yang tertulis.
Informasi-informasi yang
disampaikan di atas merupakan ciri-ciri kelompok…
A.
membership group
B.
reference group
C.
associational group
D.
formal group
E.
informal group
18.
Berikut ini yang merupakan salah
satu ciri kelompok societal group adalah…
A.
tidak terhimpun
B.
memiliki pemimpin yang bijaksana
dalam mengambil keputusan
C.
terdapat kesengajaan untuk
membentuknya
D.
tidak terjadi interaksi antara
satu dengan yang lainnya
E.
terbentuk dengan sendirinya
19.
Makna dari multikultural tidak
hanya berarti keanekaragaman, melainkan multikultural yang juga berarti…
A.
kebersamaan dari semua kelompok
yang ada
B.
kesenjangan antara kelompok yang
satu dan yang lain
C.
persilangan antar budaya yang
berbeda
D.
pembauran dari keanekaragaman
yang ada
E.
kesetaraan antarperbedaan yang
ada
20.
Masyarakat multikultural dalam
bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat menjunjung tinggi keragaman
budaya. Sebagai bagian integral negara, semua kelompok sosial budaya atau suku
bangsa mempunyai hak sama dan wajib menjaga kesatuan serta kelangsungan hidup
masyarakat negara. Oleh sebab itu, hubungan antar kelompok sosial yang berbeda
suku dan budaya didasarkan prinsip…
A.
kesederajatan
B.
keadilan
C.
keterkaitan
D.
kesempatan
E.
kebebasan
21.
Seorang tokoh yang memperkenalkan
istilah masyarakat majemuk kepada masyarakat Indonesia adalah…
A.
Soerjono Soekanto
B.
Nasikun
C.
Pierre L. van den Berghe
D.
JS Furnivall
E.
Clifford Geertz
22.
Kondisi wilayah Indonesia yang
berupa kepulauan membuat hampir setiap masyarakatnya mengembangkan kebudayaan
kebudayaan yang khas dan unik. Keberagaman budaya tersebut merupakan bentuk
adaptasi dari lingkungan yang berbeda walaupun masih dalam rumpun suku yang
sama. Kemajemukan budaya Indonesia disebabkan oleh…
A.
isolasi geografis
B.
pengalaman historis pernah
dijajah
C.
perbedaan kekayaan sumber daya
alam
D.
keragaman profesi atau sistem
mata pencarian masyarakat
E.
perkembangan kebutuhan hidup dan
tuntutan zaman
23.
Secara horisontal, kebhinekaan
masyarakat Indonesia ditandai oleh adanya perbedaan-perbedaan di antara warga
masyarakat dalam hal...
A.
golongan dan kelas-kelas budaya
B.
suku bangsa, agama, ras, dan
antar golongan
C.
ideologi dan aliran politik
D.
kesukubangsaan dan kebudayaan
E.
aliran politik dan kelas-kelas
sosial
24.
Berikut adalah prinsip-prinsip
yang terkandung dalam multikulturalisme, kecuali…
A.
individualitas
B.
perbedaan
C.
keanekaragaman
D.
kesederajatan
E.
penghargaan pada demokrasi
25.
Pengaruh multikulturalisme
terhadap kehidupan sosial masyarakat adalah…
A.
interaksi dan integrasi
B.
konflik dan integrasi
C.
persatuan dan kesatuan
D.
integrasi dan solidaritas
E.
solidaritas dan toleransi
26.
Berikut ini yang merupakan sikap
yang dapat menghambat multikulturalisme adalah…
A.
menganggap budaya sendiri
sederajat dengan bangsa lain
B.
menganggap budaya sendiri yang
lebih baik
C.
mengakui perbedaan dan kesetaraan
antarbudaya
D.
menganggap bahwa tidak mungkin
ada kesetaraan pada tiap budaya
E.
menganggap bahwa budaya sendiri
lebih rendah daripada budaya lain
27.
Dalam masyarakat multikultural
hendaknya dikembangkan sikap…
A.
individualisme dan monopolis
B.
toleransi dan empati
C.
diskriminatif
D.
bekerja sama dengan satu suku
E.
saling mencurigai antar etnis
28.
Perhatikan contoh perilaku sosial
berikut.
(1)
Mendukung kebijakan yang sesuai
dengan kelompok sendiri.
(2)
Menerima usulan dan pendapat dari
para tokoh agama lain.
(3)
Mau menerima pemimpin dari latar
belakang suku dan agama yang berbeda.
(4)
Suka melihat orang yang khusyuk
beribadah sesuai agama yang dianut.
(5)
Memberikan sumbangan bencana alam
tanpa membedakan agama.
Sikap yang sesuai dengan
realitas masyarakat multikultural ditunjukkan nomor…
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1), (2), dan (4)
C.
(2), (3), dan (5)
D.
(2), (4), dan (5)
E.
(3), (4), dan (5)
29.
Setidaknya ada tiga hal yang
mendorong berkembang pesatnya pemikiran multikulturalisme, yaitu…
A.
globalisasi, politisasi, dan
kemajuan teknologi
B.
perkembangan IPTEK, modernisasi,
dan asimilasi
C.
modernisasi, globalisasi, dan
proses demokrasi
D.
demokratisasi, globalisasi, dan
penghargaan terhadap HAM
E.
proses demokratisasi, kemajuan
teknologi, dan penghargaan terhadap HAM
30.
Hal berikut yang tidak
sejalan dengan semangat untuk mengembangkan multikulturalisme adalah …
A.
berdialog dan berinteraksi dengan
orang lain
B.
perbedaan dijadikan peluang untuk
saling memahami bahwa anggota-anggota masyarakat memiliki keunikan
masing-masing sebagai realitas
C.
menjadikan orang lain sebagai the
other
D.
berusaha berpikir secara
dialektis-kritis
E.
menghindari cara berpikir
dikotomis
31.
Sebagai masyarakat yang
multikultural, bangsa Indonesia terdiri dari kelompok-kelompok sosial yang
memiliki kesadaran dan identitas kesatuan kebudayaan, atau disebut…
A.
ras
B.
keturunan
C.
agama
D.
jenis kelamin
E.
etnis
32.
Keanekaragaman bangsa Indonesia
tercermin dari ungkapan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya…
A.
walaupun berbeda-beda tetapi
masih satu tujuan juga
B.
walaupun berbeda-beda tak akan
terpecah belah
C.
walaupun berbeda-beda tetapi
tetap satu jua
D.
walaupun berbeda-beda tidak akan
menjadi masalah
E.
walaupun berbeda-beda tetapi
tetap dalam satu misi jua
33.
Suatu upaya menyatukan
kelompok-kelompok yang ada guna membentuk suatu generasi/kelompok baru dengan
cara melakukan perkawinan campuran disebut…
A.
amalgamasi
B.
pluralisme
C.
resistensi
D.
pemindahan
E.
asimilasi
34.
Upacara sekaten, yang bertujuan
untuk memperingati Maulid Nabi, merupakan kebudayaan yang masih hidup dan
berkembang di daerah…
A.
Surabaya dan Malang
B.
Solo dan Jepara
C.
Solo dan Yogyakarta
D.
Yogyakarta dan Surabaya
E.
Pekalongan dan Magelang
35.
Sistem kekerabatan ambilineal
dapat dijumpai pada masyarakat…
A.
Bugis-Makassar
B.
Sunda
C.
Dayak
D.
Asmat
E.
Bali
36.
Dalam masyarakat Bugis-Makassar
terdapat peraturan yang mengatur tentang tata niaga pelayaran yang disebut…
A.
Attoriolong
B.
Adde’alopiloping bicarana pabalue
C.
Nipakam bani bellaya
D.
To maradeka
E.
Rippadeppe mabelae
37.
Bahasa daerah yang memiliki
daerah penyebaran asal meliputi Pulau Lombok di deretan pulau-pulau Nusa
Tenggara, adalah…
A.
bahasa Bali
B.
bahasa Sasak
C.
bahasa Batak
D.
bahasa Melayu
E.
bahasa Bugis
38.
Tari Merak merupakan tarian yang
menggambarkan tentang keindahan dan kebebasan alam. Tari Merak berasal dari…
A.
Jawa Timur
B.
Jawa Tengah
C.
Yogyakarta
D.
Kalimantan Selatan
E.
Sulawesi Tenggara
39.
Segmentasi atau pengelompokkan sosial dalam
masyarakat multikultural melahirkan banyak suku bangsa yang berbeda-beda.
Struktur budaya yang berbeda dapat memunculkan permasalahan sosial dalam bentuk
sentimen etnis. Hubungan sosial antarsuku bangsa dapat terganggu dan tidak
harmonis. Kenyataan tersebut sering kali menjadi penyebab terjadinya…
A.
mobilitas sosial
B.
konflik horisontal
C.
kemajemukan sosial
D.
proses pelapisan sosial
E.
perubahan masyarakat
40.
Kondisi masyarakat Indonesia yang
majemuk sangat rawan memicu konflik. Hal tersebut dapat disebabkan oleh…
A.
perbedaan kebudayaan
B.
perbedaan jenis kelamin
C.
sikap etnosentrisme yang
berlebihan
D.
wilayah Indonesia sangat luas
E.
kesamaan kepentingan
41.
Ketika para siswa hendak
mengadakan study tour, terjadilah perbedaan pendapat dalam menentukan
objek. Untuk mencapai kata mufakat dilakukan voting. Contoh penyelesaian
konflik tersebut termasuk bentuk akomodasi…
A.
elimination
B.
stalemate
C.
integration
D.
majority rule
E.
subjugation
42.
Bapak Budi menganggap sukunya
adalah yang paling unggul di antara suku-suku lainnya. Setiap kali berinteraksi
dengan orang lain, dia tidak henti menyombongkan keunggulan sukunya dan
menjelek-jelekkan suku lain. Tindakan ini merupakan wujud perilaku primordial
dalam bentuk…
A.
seksisme
B.
rasialisme
C.
etnosentrisme
D.
egoisme
E.
rasisme
43.
Salah satu fungsi laten
primordialisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu…
A.
memicu pecahnya konflik sosial
B.
memperkuat ikatan golongan
C.
memperteguh rasa cinta terhadap
kebudayaan
D.
menjaga keutuhan dan kestabilan
budaya
E.
mewujudkan sikap berpegang teguh
pada nilai budaya
44.
Dalam masyarakat majemuk, setiap
individu hidup dalam keragaman budaya. Apabila tidak ada perilaku toleran,
dalam diri individu dapat muncul rasa sentimen primordial yang bersifat
subjektif. Hal ini dapat menganggu hubungan antar kelompok sosial. Dari
deskripsi tersebut, dapat disimpulkan bahwa…
A.
perbedaan primordial dapat memicu
konflik sosial
B.
keragaman ciri budaya merupakan
kenyataan/fakta sosial
C.
setiap kelompok suku dan agama
mempunyai ciri tersendiri
D.
status sosial tidak berhubungan
dengan perbedaan suku/agama
E.
masyarakat Indonesia menghormati
keragaman budaya bangsa
45.
Faktor-faktor pendukung
terjadinya integrasi sosial di Indonesia adalah seperti diuraikan berikut ini, kecuali…
A.
perasaan senasib dan
sepenanggungan akibat penjajahan
B.
adanya Pancasila
C.
penggunaan bahasa Indonesia
D.
keanekaragaman suku, bangsa,
bahasa, dan budaya
E.
semangat persatuan dan kesatuan
46.
Berikut ini yang tidak
termasuk sikap kritis terhadap keanekaragaman kelompok sosial adalah…
A.
mengembangkan rasa nasionalisme
B.
menegakkan supremasi hukum
C.
menghilangkan primordialisme
D.
berusaha menyelesaikan konflik
dengan jalannya sendiri karena dianggap akan lebih mudah terselesaikan
E.
mengembangkan sikap toleransi
terhadap nilai dan norma yang ada di dalam masyarakat
47.
Berikut ini merupakan unsur-unsur
penunjang dalam upaya memperkuat integrasi nasional adalah…
A.
merayakan kemerdekaan negara lain
B.
memperingati Sumpah Pemuda
C.
memperingati hari besar keagamaan
masing-masing
D.
menurunkan bendera merah putih
ketika upacara
E.
memaksakan kehendak pada suku
bangsa lain
48.
Di bawah ini yang tidak
termasuk tujuan integrasi sosial adalah…
A.
meningkatnya prestasi yang lebih
tinggi
B.
meningkatnya fungsi-fungsi
kemasyarakatan
C.
menciptakan konflik sosial
D.
menciptakan saling ketergantungan
E.
menciptakan keseragaman hidup
1)
Primordialisme menunjang
kerukunan bangsa.
2)
Primordialisme menghambat
komunikasi antarsuku masyarakat di dalam Negara.
3)
Primordialisme menggalang
kerukunan warga dunia.
4)
Primordialisme membuat orang
berpandangan sangat subjektif.
5)
Primordialisme mempersulit
integritas bangsa.
Pernyataan di atas yang
merupakan kelemahan primordialisme adalah…
A.
1), 2), dan 3)
B.
1), 2), dan 4)
C.
2), 3), dan 4)
D.
1), 2), dan 5)
E.
2), 4), dan 5)
50.
Berikut ini merupakan contoh
kasus politik aliran yang menghambat integrasi nasional adalah…
A.
razia aparat guna melacak
peredaran narkoba
B.
demonstrasi yang dilakukan oleh
mahasiswa terhadap aparat pemerintah
C.
operasi militer terhadap warga
sipil yang bersenjata
D.
pemberontakan G 30 S/PKI
E.
unjuk rasa karyawan menuntut
kenaikan gaji


Comments
The Teachers

About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply