Profile
A. VISI SEKOLAH: ”PENDIDIKAN YANG MENGHASILKAN PRESTASI DI BIDANG
AKADEMIK DAN NON (2016-2021) AKADEMIK,
BERAKHLAK, SERTA PEDULI LINGKUNGAN ”
B. MISI SEKOLAH:
1. Meningkatkan
disiplin warga sekolah.
2. Melaksanakan
proses belajar mengajar dengan efektif dan tuntas.
3. Melaksanakan
bimbingan belajar secara terprogram.
4. Meningkatkan
dan mengembangkan kreatifitas siswa dalam bidang olahraga dan seni melalui
ekstra kurikuler.
5. Tertib
administrasi.
6. Melatih
siswa membaca Al’quran.
7. Membudidayakan
perilaku beretika dalam kegiatan sehari-hari.
8. Menggalang
kerjasama dengan stake holder dan masyarakat.
9. Menciptakan
siswa yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.
C. TUJUAN SEKOLAH:
Bertolak dari Visi dan Misi
di atas maka tujuan yang ingin dicapai oleh
SMAN 4 MERLUNG adalah sebagai
berikut:
1.
Menjadi sekolah terbaik/teladan di sekitar Merlung.
2.
Terwujudnya layanan pendidikan yang unggul yang
ditandai dengan layanan pendidikan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat
menggunakan pembelajaran yang kreatif.
3.
Terciptanya lingkungan sekolah yang agamis dan
mencintai budaya bangsa.
4.
Memiliki tim olahraga minimal 2 cabang mampu
menjadi finalis tingkat kabupaten.
5.
Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.
6.
Meningkatkan pengetahuan tentang komputer dan
mampu menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari serta mengaplikasikannya
dalam menunjang informasi.
7.
Memiliki tim olimpiade dan LCC minimal finalis
tingkat kabupaten.
8.
Lulusan yang peduli terhadap lingkungan dan
masyarakat.
D. IDENTIFIKASI TANTANGAN
NYATA YANG DIHADAPI SEKOLAH
1.
Kualitas SDM orang tua siswa umumnya masih rendah,
sehingga berakibat kurangnya kepedulian mereka terhadap pendidikan.
2.
Nilai Ujian Nasional yang masuk ke SMAN 4 Merlung umumnya
rendah.
3.
Lingkungan sekitar sekolah, lingkungan masyarakat
yang tidak kondusif untuk mendukung keberhasilan pendidikan.
4.
Kondisi sosial ekonomi orang tua siswa relatif
masih rendah, sehingga mempengaruhi
peran aktif mereka untuk memperhatikan sekolah.
5.
Masih adanya guru yang mengajar tidak sesuai
dengan kompetensi yang dimilikinya.
6.
Masih ada beberapa guru yang merangkap beberapa
mata pelajaran.
7.
Masih adanya beberapa guru yang motivasi
mengajarnya perlu peningkatan.
8.
Kemampuan Guru dalam mengimplementasikan kurikulum
Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) masih
perlu peningkatan.
9.
Belum maksimalnya beberapa orang guru dalam
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik.
10.
Kesadaran siswa tentang hak dan kewajiban umumnya
rendah.
11.
Motivasi belajar siswa masih rendah.
12.
Kedisiplinan, keaktifan siswa masih perlu
peningkatan.
13.
Kesadaran akan arti pentingnya lingkungan sekolah
masih perlu dibenahi.
14.
Beberapa sarana dan prasarana sekolah belum
memiliki ruang sendiri seperti:
- Laboratorium Bahasa
- Ruang OSIS, Pramuka
- Mushala
- Ruang Kelas
15.
Perlunya penambahan Guru untuk memperlancar KBM.
E. SASARAN
1.
Proaktif mencari informasi dari berbagai sumber.
2.
Secara berkala mengadakan musyawarah dengan komite
sekolah.
3.
Membahas permasalahan tentang kemampuan siswa
menghadapi UN/UAS dengan Dinas terkait.
4.
Melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar
melalui kegiatan gotong royong dan keagamaan sekaligus minta dukungan masyarakat
untuk mendukung program sekolah.
5.
Proaktif mencari dana lain selain dari orang tua
siswa.
6.
Mengupayakan penambahan guru sesuai dengan
kompetensi.
7.
Mengupayakan guru tidak rangkap jabatan dan
rangkap mata pelajaran.
8.
Mengikut sertakan guru dalam penataran dan
pelatihan-pelatihan dinas dan non kedinasan.
9.
Melakukan pembinaan terhadap guru menyangkut hak
dan kewajibannya.
10.
Memberi penghargaan kepada siswa yang berprestasi.
11.
Memiliki tim olimpiade/ LCC yang mampu bersaing di
tingkat Kabupaten.
12.
Memiliki tim olahraga yang mampu menjadi finalis
di tingkat Kabupaten.
13.
Memiliki tim kesenian yang mampu tampil di tingkat
Kabupaten.
14.
Mengusulkan penambahan ruangan Kelas, Labor Bahasa,
Ruang OSIS, Pramuka, dan Mushala.
15.
Mengusulkan penambahan Tenaga Administrasi
Sekolah.
16.
Mengusulkan Penambahan sarana sekolah seperti :
Komputer, Alat Praktik IPA, dan Olahraga.
F.
NILAI-NILAI
1. Kebersamaan
2. Transparansi
3. Tanggung Jawab
4. Saling Percaya
5. Saling Menghargai
6. Disiplin
7. Kreasi dan Inovatif
8. Pelayanan Prima
KEADAAN DAN POTENSI SEKOLAH
A. Lingkungan Sekolah
SMAN 4 Merlung
terletak di Jalan Timur Km 86 Desa Dusun Mudo kecamatan Muara Papalik
Kabupaten Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi. Sekolah ini kira-kira 12 km dari
pusat kota. Kecamatan,.dan Cukup jauh dari pemukiman warga,
B. Keadaan Sekolah
1.
Sarana dan Prasarana
a. Tanah dan Halaman
Tanah sekolah adalah Tanah
Hibah Luasnya kira-kira 8000m2 dan sudah
memiliki pagar
Status :
Hibah
Luas Tanah :
8.000 m2
Luas Bangunan :
750 m 2
b. Gedung
Sekolah
Bangunan sekolah pada umumnya dalam kondisi baik walaupun jumlah ruangan
yang masih belum memadai
Keadaan Gedung SMAN 4 Merlung
Luas bangunan :
750 m2
Ruang Kepala Sekolah : 1 baik
Ruang TAS :
1 baik
Ruang Guru :
1 baik
Ruang Kelas : 7 baik
Ruang Lab. IPA : 1 baik :
-
Ruang Lab. Komputer ; 1 baik
Ruang Perpustakaan : 1 baik
Ruang Serba guna : 1 baik
Ruang OSIS : -
Ruang Pramuka :
-
Ruang PMR :
-
Gudang : 1 baik
WC/Kamar mandi : 4 baik
2.
Anggaran
Sekolah
Anggaran sekolah berasal dari dana Pemerintah Daerah Tk.II Kabupaten
Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi.
Sumber dana pendidikan SMAN 4 MERLUNG
Tahun Pelajaran
|
Pemerintah Rp
|
Komite Sekolah Rp
|
Jumlah Rp
|
2009/2010
|
693713300
|
21000000
|
714..713.300
|
2010/2011
|
792773200
|
12000000
|
804.773.200
|
Alokasi dana ini terutama diperuntukkan untuk menunjang kegiatan-kegiatan
intrakurikuler
dan ekstrakurikuler dan juga untuk memenuhi kelengkapan
sarana belajar peserta didik.
c. Personil Sekolah
SMAN 4 Merlung didirikan pada tahun 2008 dan
lokasinya jauh dari pemukiman penduduk
pada saat itu. Kepala Sekolah yang telah mengabdi adalah sbb:
1.
|
ALI AKBAR NASUTION, S.Ag.
|
(2008 s/d 2009)
|
2.
|
NAHRUDIN, S.Pd.
|
(2009 s/d 2013)
|
3.
|
Drs. BASHORI
|
(2013 s/d 2016)
|
4.
|
ERLIS, S.Pd.
|
(2016 s/d skrg)
|
Jumlah seluruh pegawai di SMAN 04 MERLUNG ada sebannyak 18 orang yang terdiri dari :
-
19 orang Guru
-
2 orang Tenaga Administrasi Sekolah (TAS).
|
TAS ( Tenaga Administrasi Sekolah )
No
|
N A M A
|
JABATAN
|
STATUS
|
1
|
KUKUH ARIYADI
|
Penjaga Sekolah
|
PTT
|
2
|
MAYA SUSTIYANA, S.Kom.
|
TU
|
PTT
|
Dari sejumlah guru, 94 % adalah
berstatus pegawai negeri dan sisanya 6 % adalah Guru
tidak tetap.
Demikian juga penjaga
sekolah 1 orang PTT
d. Keadaan Peserta Didik
1.
Jumlah
Peserta didik
Jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2016/2017 seluruhnya berjumlah 165
orang.
Dengan rincian 2 lokal kelas X, 2 lokal kelas XI dan 3 lokal kelas XII.
Jurusan yang ada di SMAN 4 Merlung adalah Jurusan IPA dan IPS. Kelas XI dengan 1 lokal
IPA dan 1 IPS dan Kelas XII dengan 1 lokal IPA dan 2 lokal IPS.
Jumlah Peserta Didik tahun 2016/2017
Kelas |
Jumlah Lk
|
Jumlah Pr
|
Jumlah
|
X.1
|
10
|
15
|
25
|
X.2
|
10
|
13
|
25
|
XI IPA
|
10
|
14
|
25
|
XI IPS
|
15
|
10
|
25
|
XII IPA
|
16
|
9
|
25
|
XII IPS.1
|
17
|
8
|
25
|
XII IPS.2
|
16
|
7
|
25
|
Jumlah
|
94
|
74
|
168
|
Untuk mengatasi berbagai
kendala ekonomi, sekolah telah mengupayakan berbagai bantuan dari berbagai
pihak. Setiap tahun hampir 150 siswa mendapat bantuan bea siswa dari Pemerintah
yaitu Bantuan Keluarga Kurang Mampu dan Bea Siswa Prestasi.
Beasiswa peserta didik tahun 2016/2017
No.
|
ASAL BANTUAN
|
JUMLAH SISWA YG MENERIMA
|
1.
|
Bantuan Siswa Miskin
|
20 siswa
|
2.
|
Profil Tamatan
Tahun
Pelajaran
|
Lulusan
(%)
|
Rata-Rata
NEM
|
Siswa yang
Melanjutkan Ke PT.
|
|||
Jlh
|
Target
|
Hasil
|
Target
|
Jlh
|
Target
|
|
2010/2011
2011/012
|
24
34
|
25
35
|
70
73
|
6.0
6.5
|
7
|
10
15
|
Kondisi
Orang Tua
Pekerjaan
|
Jlh
(%)
|
Penghasilan
per-bulan
|
Jlh
(%)
|
Tingkat Pendidikan
|
Jlh
(%)
|
||
Pegawai
Negeri
|
2
|
< 200.000
|
8
|
SD/Lebih
Rendah
|
49
|
||
TNI /
Polri
|
0
|
201.000 – 400.000
|
22
|
SLTP
|
30
|
||
Karyawan
Swasta
|
10
|
401.000 – 600.000
|
50
|
SLTA
|
20
|
||
Petani
|
68
|
601.000 – 1.000.000
|
15
|
Perguruan
Tinggi
|
1
|
||
Pedagang
Swasta
|
15
|
> 1.000.000
|
5
|
||||
Nelayan
|
|||||||
Lain-Lain
|
5
|
E. Kerjasama Sekolah
1.
Kerjasama
dengan Orang Tua
Kerjasama dengan orang tua dilaksanakan melalui Komite Sekolah.
Ada beberapa peranan penting orang tua dalam menunjang proses belajar mengajar
di SMAN 4 Merlung, yaitu sbb:
a.
Donatur
terbesar dalam menunjang kegiatan KBM dan Sarana Prasarana sekolah.
b.
Mitra sekolah
yang paling utama dalam pembinaan pendidikan
c.
Mitra dalam
menata masa depan peserta didik.
d.
Mitra dialog
dalam peningkatan sumber daya manusia di lingkungan sekolah.
2.
Kerjasama
dengan Alummni
Sampai saat ini SMAN 4 Merlung belum mempunyai kerjasama dengan para alumni
karena sekolah ini baru memiliki alumni tahun 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, dan tahun 2016.
3. Prestasi Yang Pernah Dicapai Oleh Sekolah
a. Akademik
No
|
Kejuaraan
|
Tingkat
|
Tahun
|
1
2
3
|
Olimpiade kimia (III)
Olimpiade kebumian (II)
Olimpiade matematika (II)
|
Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten
|
2011
2011
2011
|
a. Non Akademik
No
|
Kejuaraan
|
Tingkat
|
Tahun
|
1
2
3
4
|
OOSN Lompat Tinggi
Lari 100 m
Lompat Jauh
Karate
|
Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten
|
2011
|
Dusun Mudo, 1 Juli 2016
Kepala SMAN 4 Merlung
ERLIS, S.Pd.
NIP.19701027 199003 2 001
NIP.19701027 199003 2 001


The Teachers

About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II