LESSON PLAN SOCIOLOGY (Sosiologi Sebagai Ilmu Tentang Masyarakat)

Posted on | Thursday, November 7, 2013 | No Comments




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1)

Nama sekolah              : SMA/MA
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            : X/ 1

Standar Kompetensi   : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
                                          norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar      : 1. 1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji 
                                              hubungan masyarakat dan lingkungan.
Indikator                     :  - Mendefenisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
                                       - Mendeskripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial
                                       - Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat

Alokasi Waktu            :  6 x 45 menit (3 x Pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
     -  menjelaskan sejarah perkembangan dan objek kajian sosiologi sebagai ilmu
     -  menjelaskan fungsi sosiologi
     -  menjelaskan metode dan teknik kajian sosiologi dalam penelitian terhadap fenomena di
        masyarakat dan lingkungan

     Karakter siswa yang diharapkan:       
     -  Berpikir ilmiah, kritis, dan peduli.
                            
B. Materi Pokok/Pembelajaran
     -  Hakikat Sosiologi
     -  Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
     -  Sejarah perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain

C. Skenario Pembelajaran
     1. Model Pembelajaran      : STAD
     2. Strategi Pembelajaran
         -  Pendekatan     : deduktif
         -  Metode           : cooperative learning
         -  Tipe                 : tutorial

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1. Kegiatan awal (10 menit)
          -  Apersepsi
       Kelas dipersiapkan seperti absensi, kebersihan kelas, dan ketenangan.
          -  Memotivasi
        Siswa diberi penjelasan tentang pokok bahasan, pengertian, contoh, pemahaman       
        materi yang akan dipelajari.
          -  Rambu-rambu belajar
            Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi  
            pada hari itu.      
     2. Kegiatan inti (30 menit)
   -  Siswa mendengarkan penjelasan guru  tentang hakikat sosiologi, sosiologi sebagai     
       ilmu pengetahuan, sejarah perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara 
       ilmu-ilmu lain.
   -  Siswa mengerjakan tugas Uji Penguasaan Materi (dalam buku Sosiologi SMA kelas  
      X ESIS) halaman 10, 12, dan 16.
   -  Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.
     3. Kegiatan akhir (5 menit)
         -  Menanyakan kembali kepada siswa kesulitan yang dihadapi dalam memahami materi
         -  Memberi penguatan materi/merangkum materi bersama siswa.
         -  Memberi tugas yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan.
         -  Memberitahukan pokok bahasan yang akan dipelajari selanjutnya.

E. Alat dan sumber
     1. Alat        : LCD, power point, spidol
     2. Sumber   : - Buku Sosiologi SMA X Penerbit ESIS halaman 2-30
                          - BSE Sosiologi SMA X Penerbit Graha Multi Grafika (Depdiknas)

F. Penilaian
     1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan  16.
     2. Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
     3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
     4. Tes pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 27-30.

  Lembar observasi siswa
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6
1.
2.
3.










     Aspek yang dinilai:
     1. Kemampuan menyampaikan pendapat
     2. Kemampuan memberikan argumentasi
     3. Kemampuan memberikan kritik
     4. Kemampuan mengajukan pertanyaan
     5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik
     6. Kelancaran berbicara

     Penskoran:                                                             Jumlah skor:
     A. Tidak Baik        Skor 1                                      24—30 = Sangat Baik
     B. Kurang Baik      Skor 2                                      18—23 = Baik
     C. Cukup Baik       Skor 3                                      12—17 = Cukup
     D. Baik                   Skor 4                                      06—11 = Kurang
     E. Sangat Baik       Skor 5


           , __ Maret 2013
          Mengetahui:                                                                       
  Kepala SMAN 4 Merlung                                                             Guru Mata Pelajaran




                                                                                                      J.Renold Siregar, S.Sos.
            NIP.                                                                                         NIP.19771129 200904 1 002

Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

GUEST BOOK