CARA MENGOBATI PANAS DALAM PADA BAYI

Posted on | Wednesday, May 7, 2014 | No Comments





Perlu Anda ketahui bahwa sariawan dan panas dalam adalah penyakit yang tidak hanya menyerang orang-orang dewasa. Anak usia balita bahkan bayi sekalipun tidak luput dari sakit panas dalam. Jika orang dewasa saja yang merasakan sangat sedih, sakit, dan jengkel bagiamana dengan anak. Tentu sebagai orang tua Anda juga merasakan bagaimana tersiksanya buah hati Anda ketika panas dalam. Si kecil yang semula aktif, periang dan menyenangkan saat terkena panas dalam akan berubah menjadi pemurung, suka merengek, kesakitan, menangis yang juga berakibat susah makan karena panas adalah keadaan dimana tubuh seseorang mengalami panas di dalam tubuh yang mengganggu sistem pencernaan.
Jika bayi telah mengalami panas dalam, orang tua mana yang tidak akan khawatir. Perasaan cemas, khawatir dan bingung akan melanda orang tua terlebih ibu. Panas dalam merupakan sakit yang disebabkan oleh beberapa hal, baik makanan yang dikonsumsi ataupun alergi terhadap debu dan polusi sehingga mengganggu saluran pernafasan juga pencernaan yang bisa berakibat menjadi panas dalam. Untuk bayi, panas dalam disebabkan karena pola makan ibu yang tidak teratur serta makanan yang dikonsumsi kurang sehat yakni terlalu banyaknya mengkonsumsi daging, coklat, bawang, kopi, minum-minuman alkohol, dan merokok sehingga berpengaruh terhadap ASI untuk bayi.
Panas dalam pada bayi bukan penyakit yang bisa Anda remehkan begitu saja, karena panas dalam adalah salah satu gejala si bayi memiliki penyakit lain yang mungkin sangat menganggu kesehatan dan berbahaya bagi pertumbuhan juga perkembangan kecerdasan anak tepatnya gangguan di organ dalam anak. Ada banyak cara tradisional untuk mengobati panas dalam pada bayi yang bisa Anda lekukan sendiri di rumah tanpa harus membawa si kecil ke dokter. Namun perlu Anda waspadai, jika pemberian jamu tradisional kurang berhasil segeralah buah hati Anda bawa ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya.
Cara mengobati panas dalam pada bayi bisa dilakukan dengan:
  1. Memanfaatkan air kelapa muda untuk obat. Air kelapa muda baik untuk pengobatan panas dalam bayi dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan bayi. Berikan air kelapa muda kepada bayi Anda yang sedang panas dalam dengan cara meminumkannya. Campur air kelapa muda ini dengan madu dan berikan satu kali sehari.
  2. Berikan buah hati kecil Anda yang tengah mengalami panas dalam dengan ramuan dari sari kunyit, telur ayam kampung dan madu yang dicampur menjadi satu. Berikan pada bayi Anda satu kali sehari.
  3. Gunakan cincau sebagai asupan pendingin bagi tubuh anak. Berikan cincau yang telah dicampur dengan madu agar rasanya lebih segar dan manis pada buah hati yang mengalami panas dalam. Berikan cincau secara teratur dua kali sehari. Selain dapat meredam panas dalam bayi, cincau sekaligus menjadi obat yang mengenyangkan untuk anak.
  4. Selain si kecil yang meminum obat-obatan taradisional, makanan ibu harus dijaga dengan baik. Hindari makan makanan yang memicu perkembangan panas dalam karena pada dasarnya si kecil masih minum ASI dari sang ibu.
  5. Air perasan daun katuk baik untuk mengurangi panas dalam bayi, selain itu juga baik dikonsumsi untuk ibu dalam melancarkan ASI.
Siapapun pasti menginginkan anaknya sehat dan terbebas dari penyakit apapun, termasuk penyakit panas dalam. Jika cara tradisional pengobatan panas dalam pada bayi telah dilakukan namun belum memberikan hasil yang diinginkan atau anak belum sembuh dari panas dalam. Cobalah untuk memeriksakan kesehatan anak ke dokter.

http://bayi.info/cara-mengobati-panas-dalam-pada-bayi#

Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK