LK 1.1. ANALISIS KURIKULUM

Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments

Lembar Kegiatan

LK-1.1
 
 



  ANALISIS    KURIKULUM 2013

Tujuan:  Mendiskusikan rasional dan elemen perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD, strategi implementasi Kurikulum 2013 serta pendekatan, model pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013
Langkah Kerja: 
1.    Cermati hand-out  konsep Kurikulum 2013  serta Permendikbud tahun 2013 yang terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses,   Standar Penilaian  dan Implementasi Kurikulum
2.    Diskusikan dalam kelompok dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, tuliskan jawaban hasil diskusi pada kolom yang tersedia
3.    Presentasikan hasil diskusi, setiap kelompok menyajikan salah satu  jawaban pertanyaan  hasil diskusi 
4.    Berikan komentar terhadap hasil presentasi kelompok lain


 




No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
Adanya tantangan internal dan eksternal :
1.       Tantangan internal tuntutan pendidikan yang mengacu pada`standar Nasional pendidikan
2.       Tantangan eksternal berupa teknologi dan komunikasi serta globalisasi
§  untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
§  Agar dapat menghasilkan insan Indonesia yang:
Produktif ,Inovatif ,Kreatif,Afektif
melalui penguatan:
Sikap, Keterampilan, dan Pengetahuan
yang terintegrasi.

2.
Apa saja elemen  perubahan dalam Kurikulum 2013
§  Kompetensi:
        Keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan
§  Isi:
       Berpikir tingkat tinggi
      Kesesuaian, keluasan, dan kedalaman
§  Proses:
       Pendekatan saintifik
       Berbasis aktifitas
       Berbasis penemuan
§  Penilaian:
      Otentik dan Terjadwal
     (masukan, proses, hasil)

3.
Bagaimana strategi  implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran?
§  Pelatihan guru
§  Memahami KI,KL,SKL
§  Melakukan analisis buku guru dan buku siswa
§  Memahami pedoman penilaian peserta didik
§  Melakukan pendampingan dalam bentuk monitoring dan evaluasi
4.
Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan Kurikulum 2013
KTSP 2006
§  Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu
§  Mata pelajaran dirancang berdiri sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri
§  Tiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan berbeda
Kurikulum 2013
§  Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi [sikap, keterampilan, pengetahuan]
§  Mata pelajaran dirancang terkait satu dengan yang lain dan memiliki kompetensi dasar yang diikat oleh kompetensi inti tiap kelas
§  Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama [saintifik] melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar,....

5.
Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran  dalam  Kurikulum 2013
Proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi;
d. mengasosiasi; dan
e. mengkomunikasikan

6.
Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Penilaian Otentik
§  penilaian berbasis portofolio
§  pertanyaan yang tidak memiliki jawaban tunggal,
§  memberi nilai bagi jawaban nyeleneh,
§  menilai proses pengerjaannya bukan hanya hasilnya,
§  penilaian spontanitas/ekspresif,
§  dll




Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

GUEST BOOK