LK 1.1. ANALISIS KURIKULUM
Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments
Lembar Kegiatan
|
ANALISIS
KURIKULUM 2013
Tujuan: Mendiskusikan rasional dan elemen
perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD, strategi implementasi Kurikulum 2013 serta
pendekatan, model pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013
Langkah Kerja:
1.
Cermati
hand-out konsep Kurikulum 2013 serta Permendikbud tahun 2013 yang terkait
dengan Standar Kompetensi Lulusan,
Standar Isi, Standar Proses, Standar
Penilaian dan Implementasi Kurikulum
2.
Diskusikan
dalam kelompok dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, tuliskan jawaban
hasil diskusi pada kolom yang tersedia
3.
Presentasikan
hasil diskusi, setiap kelompok menyajikan salah satu jawaban pertanyaan hasil diskusi
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
|
Adanya
tantangan internal dan eksternal :
1.
Tantangan internal tuntutan pendidikan yang
mengacu pada`standar Nasional pendidikan
2.
Tantangan eksternal berupa teknologi dan
komunikasi serta globalisasi
§
untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan
hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif,
inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
§ Agar dapat menghasilkan
insan Indonesia yang:
Produktif ,Inovatif
,Kreatif,Afektif
melalui penguatan:
Sikap, Keterampilan, dan Pengetahuan
yang terintegrasi.
|
2.
|
Apa saja elemen perubahan
dalam Kurikulum 2013
|
§ Kompetensi:
Keterpaduan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan
§ Isi:
Berpikir tingkat tinggi
Kesesuaian, keluasan, dan
kedalaman
§ Proses:
Pendekatan saintifik
Berbasis aktifitas
Berbasis penemuan
§ Penilaian:
Otentik dan Terjadwal
(masukan, proses, hasil)
|
3.
|
Bagaimana strategi implementasi Kurikulum 2013 dalam proses
pembelajaran?
|
§ Pelatihan guru
§ Memahami KI,KL,SKL
§ Melakukan analisis buku guru dan buku siswa
§ Memahami pedoman penilaian peserta didik
§ Melakukan pendampingan dalam bentuk monitoring
dan evaluasi
|
4.
|
Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan
Kurikulum 2013
|
KTSP 2006
§ Mata pelajaran tertentu
mendukung kompetensi tertentu
§ Mata pelajaran
dirancang berdiri sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri
§ Tiap mata pelajaran
diajarkan dengan pendekatan berbeda
Kurikulum 2013
§ Tiap mata pelajaran
mendukung semua kompetensi [sikap, keterampilan, pengetahuan]
§ Mata pelajaran
dirancang terkait satu dengan yang lain dan memiliki kompetensi dasar yang
diikat oleh kompetensi inti tiap kelas
§ Semua mata pelajaran
diajarkan dengan pendekatan yang sama [saintifik] melalui mengamati,
menanya, mencoba, menalar,....
|
5.
|
Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam
Kurikulum 2013
|
Proses
pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
a.
mengamati;
b.
menanya;
c.
mengumpulkan informasi;
d.
mengasosiasi; dan
e.
mengkomunikasikan
|
6.
|
Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
|
Penilaian
Otentik
§
penilaian
berbasis portofolio
§
pertanyaan
yang tidak memiliki jawaban tunggal,
§
memberi
nilai bagi jawaban nyeleneh,
§
menilai
proses pengerjaannya bukan hanya hasilnya,
§
penilaian
spontanitas/ekspresif,
§
dll
|


Comments
The Teachers

About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply