L.K 2.1. ANALISIS BUKU SISWA
Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments
|
Analisis Buku Siswa
PETUNJUK
PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku siswa peserta dapat
-
Mendeskripsikan
isi buku siswa yang sesuai dengan
kegiatan perencanaan pembelajaran
-
Mendeskripsikan isi buku siswa yang sesuai dengan penilaian
proses dan hasil belajar
-
Menganalisis
kesesuaian isi buku siswa dan menentukan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah
secara berkelompok!
2.
Pelajari
format Analisis Buku Siswa
3.
Siapkan
SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah buku siswa
yang berisi teks materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti
kegiatan siswa dan evaluasi
5.
Lakukanlah
analisis terhadap buku siswa dan
tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan
cara:
-
mendeskripsikan
secara singkat isi buku sesuai dengan
aspek-aspek yang dianalisis
-
memberikan
tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-
menuliskan
alasan Anda memilih kualifikasi tersebut
-
Berdasarkan
hasil analisis, tuliskan alasan dan tindak lanjut hasil analisis ,
-
Jika
kurang/tidak sesuai, Anda disarankan
untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai
pengguna buku siswa untuk proses pembelajaran.
-
Jika
sesuai dengan kebutuhan, buku bisa digunakan sebagai sumber belajar dalam
pembelajaran.
FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku :
SOSIOLOGI UNTUK
SMA – MA Kelas X (buku coklat)
Kelas : X
Jenjang :
SMA - MA
Topik : Fungsi
Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat
Kompetensi
Dasar:
3.1 Mendeskripsikan
fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
4.1 Melakukan
kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai
gejala sosial yang terjadi di masyarakat
Komponen Buku
|
Deskripsi pada buku
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
|||
K
|
C
|
B
|
|||||
A. Sistematika
|
|||||||
Judul sesuai dengan KD yang harus dicapai
|
Judul bab tertulis: Fungsi dan peranan sosiologi dalam
kehidupan masyarakat
|
√
|
Judul Bab tidak sesuai
dengan Silabus
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
Urutan sub topik
/materi sesuai dengan KD dan
sistematika keilmuan
|
- Pengertian dan ruang lingkup
- Metode dalam sosiologi
- Penerapan sosiologi dalam kehidupan sehari – hari
|
√
|
Isi bab ini belum
memenuhi permintaan silabus 2013, karena masih sama dengan kurikulum 2006.
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
Komponen penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik
|
- Skala sikap
- Perintah penilaian proyek
- Pilihan ganda
|
√
|
Penilaian tidak konsekwen
dengan uraian materi. Di uraian materi tidak dibahas mengenai perubahan ,
tetapi di penilaian proyek diminta untuk pengamatan terhadap perubahan selama
5 tahun terakhir.
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
B. Uraian Materi
|
|||||||
Pendahuluan bab
memotivasi siswa untuk belajar
|
-
Pernahkah anda
berada di tempat keramaian?
-
Sadarkah anda
keramaian yang ada di sekeliling anda adalah bagian dari masyarakat?
-
Apa yang
dimaksud dengan masyarakat?
|
√
|
Penulis menggiring
siswa untuk memahami pengertian masyarakat. Sedangkan permintaan silabus
adalah untuk menerapkan sosiologi dalam mengkaji gejala social.
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
Cakupan materi setiap
sub topik/sub bab memenuhi kebutuhan
pencapaian KD
|
1.
Pengertian dan
ruang lingkup
-
Definisi
sosiologi
-
Sifat dan
hakikat sosio
-
Tujuan dan guna
2.
Metode dalam
sosiologi
-
Kualitatif
-
Kuantitatif
3.
Penerapan
sosiologi dalam kehidupan sehari – hari
|
√
|
Uraian materi tidak
memenuhi kebutuhan pencapaian KD. Karena di KD diminta untuk menggunakan
sosiologi dalam mengkaji gejala social, akan tetapi pada buku ini tidak
terdapat uraian tentang itu.
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
Kegiatan pada buku
memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
|
√
|
Tidak ada tanda-tanda
mengarahkan pada pembelajaran saintifik
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
||||
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
|||||||
Penilaian Pengetahuan
|
- Pilihan ganda
|
√
|
Dari 10 butir soal PG
tidak satupun yang bertanya tentang fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala
sosial
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
Penilaian Sikap
|
- Skala sikap
|
√
|
Butir skala sikap tidak
memenuhi kebutuhan pencapaian KD. Karena
permintaan KD adalah agar siswa mensyukuri
keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Kuasa
Dan merespon secara positif berbagai gejala sosial di
lingkungan sekitar
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
Penilaian Keterampilan
|
- Perintah penilaian proyek
|
√
|
Penilaian tidak
konsekwen dengan uraian materi. Di uraian materi tidak dibahas mengenai
perubahan , tetapi di penilaian proyek diminta untuk pengamatan terhadap
perubahan selama 5 tahun terakhir.
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
Tugas
|
-
Berisi perintah
untuk melihat rekaman video kehidupan masyarakat Papua
-
Perintah
mendeskripsikan aspek sosiologi dari video itu
-
Pertanyaan:
apakah informasi dari video tadi dapat dipertanggungjawabkan sebagai hasil
penelitian social
-
Pertanyaan:
metode apa yang paling tepat untuk mencari informasi tentang suatu masyarakat
|
√
|
Sangat jauh dari
kebutuhan pencapaian KD
|
Buku ini tidak
disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
|
|||
Deskripsi rekomendasi
hasil analisis buku siswa
Buku ini sangat tidak
direkomendasikan untuk dijadikan sebagai sumber belajar siswa, karena:
1.
Hanya mengubah sampul buku dengan label sesuai kurikulum 2013,
padahal isi di dalamnya sama dengan kurikulum 2006.
2.
Sistimatika dari buku ini tidak runtut
3.
Konten / Isi buku sangat lemah
4.
Pembahasan konsep setiap bab tidak relevan dengan tuntutan
pencapaian KD
5.
Tidak menuntun siswa dalam pembelajaran saintifik
6.
Penilaian tidak sesuai permintaan KD
|
Comments
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply