L.K 2.1. ANALISIS BUKU SISWA

Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments



LK 2.1
 
Analisis Buku Siswa

PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku siswa peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku siswa yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku siswa yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis

Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Siswa
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku siswa  yang berisi teks materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti kegiatan siswa dan evaluasi
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku siswa dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek-aspek yang dianalisis
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alasan Anda memilih kualifikasi tersebut
-          Berdasarkan hasil analisis, tuliskan alasan dan tindak lanjut hasil analisis ,
-          Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku siswa untuk proses pembelajaran. 
-          Jika sesuai dengan kebutuhan, buku bisa digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran.



FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

Judul Buku          : SOSIOLOGI UNTUK SMA – MA Kelas X (buku coklat)
Kelas                     :  X
Jenjang                : SMA - MA
Topik                   : Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat

Kompetensi Dasar: 
3.1  Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat

4.1  Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat

Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
K
C
B



A.   Sistematika


Judul  sesuai dengan  KD yang harus dicapai

Judul bab tertulis: Fungsi dan peranan sosiologi dalam kehidupan masyarakat





Judul Bab tidak sesuai dengan Silabus
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
Urutan sub topik /materi sesuai dengan  KD dan sistematika keilmuan

-    Pengertian dan ruang lingkup
-    Metode dalam sosiologi
-    Penerapan sosiologi dalam kehidupan sehari – hari



Isi bab ini belum memenuhi permintaan silabus 2013, karena masih sama dengan kurikulum 2006.
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
 Komponen penilaian  sesuai tuntutan penilaian autentik

-    Skala sikap
-    Perintah penilaian proyek
-    Pilihan ganda


Penilaian tidak konsekwen dengan uraian materi. Di uraian materi tidak dibahas mengenai perubahan , tetapi di penilaian proyek diminta untuk pengamatan terhadap perubahan selama 5 tahun terakhir. 
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar

B. Uraian Materi
               
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar
-       Pernahkah anda berada di tempat keramaian?
-       Sadarkah anda keramaian yang ada di sekeliling anda adalah bagian dari masyarakat?
-       Apa yang dimaksud dengan masyarakat?



Penulis menggiring siswa untuk memahami pengertian masyarakat. Sedangkan permintaan silabus adalah untuk menerapkan sosiologi dalam mengkaji gejala social.
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab  memenuhi kebutuhan pencapaian KD
1.       Pengertian dan ruang lingkup
-       Definisi sosiologi
-       Sifat dan hakikat sosio
-       Tujuan dan guna
2.       Metode dalam sosiologi
-       Kualitatif
-       Kuantitatif
3.       Penerapan sosiologi dalam kehidupan sehari – hari



Uraian materi tidak memenuhi kebutuhan pencapaian KD. Karena di KD diminta untuk menggunakan sosiologi dalam mengkaji gejala social, akan tetapi pada buku ini tidak terdapat uraian tentang itu.
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik









Tidak ada tanda-tanda mengarahkan pada pembelajaran saintifik

Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar

C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Penilaian  Pengetahuan



-    Pilihan ganda




Dari 10 butir soal PG tidak satupun yang bertanya tentang fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
Penilaian Sikap
-    Skala sikap





Butir skala sikap tidak memenuhi kebutuhan pencapaian KD. Karena  permintaan KD adalah agar siswa  mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa 
Dan merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
Penilaian Keterampilan

-    Perintah penilaian proyek






Penilaian tidak konsekwen dengan uraian materi. Di uraian materi tidak dibahas mengenai perubahan , tetapi di penilaian proyek diminta untuk pengamatan terhadap perubahan selama 5 tahun terakhir. 
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar
Tugas




-       Berisi perintah untuk melihat rekaman video kehidupan masyarakat Papua
-       Perintah mendeskripsikan aspek sosiologi dari video itu
-       Pertanyaan: apakah informasi dari video tadi dapat dipertanggungjawabkan sebagai hasil penelitian social
-       Pertanyaan: metode apa yang paling tepat untuk mencari informasi tentang suatu masyarakat


Sangat jauh dari kebutuhan pencapaian KD
Buku ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber belajar


Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
Buku ini sangat tidak direkomendasikan untuk dijadikan sebagai sumber belajar siswa, karena:
1.      Hanya mengubah sampul buku dengan label sesuai kurikulum 2013, padahal isi di dalamnya sama dengan kurikulum 2006.
2.      Sistimatika dari buku ini tidak runtut
3.      Konten / Isi buku sangat lemah
4.      Pembahasan konsep setiap bab tidak relevan dengan tuntutan pencapaian KD
5.      Tidak menuntun siswa dalam pembelajaran saintifik
6.      Penilaian tidak sesuai permintaan KD



Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK