LK 2.2 ANALISIS BUKU GURU
Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments
|
Analisis Buku Guru
PETUNJUK
PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
1.
Memahami
isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2.
Merencanakan
tindak lanjut berdasarkan hasil analisis
buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-
Mendeskripsikan
isi buku guru yang sesuai dengan kegiatan perencanaan
pembelajaran
-
Mendeskripsikan isi buku guru yang sesuai dengan penilaian
proses dan hasil belajar
-
Menganalisis
kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah
secara berkelompok!
2.
Pelajari
format Analisis Buku Guru
3.
Siapkan
SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah buku guru
yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya
5.
Lakukanlah
analisis terhadap buku guru dan tuliskan
hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-
mendeskripsikan
secara singkat isi buku sesuai dengan
aspek kegiatan guru
-
memberikan
tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-
menuliskan
alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.
Berdasarkan
hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika kurang/tidak
sesuai, Anda disarankan untuk memberikan
rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku guru
tersebut. Jika sesuai dengan kebutuhan,
buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.
Setelahmelakukananalisisbuku
guru danbuku siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara buku guru dan buku siswa
yang Anda analisis.
FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku :
SOSIOLOGI
Kelas : X
Jenjang : SMA
Topik :
Fungsi dan Peran Sosiologi dalam Kehidupan Masyarakat
Kegiatan Guru
|
Isi buku yang relevan
dengan kegiatan guru
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Perencanaan Pembelajaran
|
||||||
Menentukan KI dan KD
yang berkaitan
|
Kompetensi dasar sesuai dengan silabus
|
V
|
KD sesuai karena yang tertera uraian KI
|
|||
Menentukan alokasi
waktu
|
Alokasi waktu yang di
bua tidak sesuai dengan silabus
|
V
|
Waktu tidak sesuai
dengan silabus
|
|||
Merumuskan indikator
|
Indikator pengetahuan,Sikap dan Keterampilan sudah terintegrasi
|
V
|
Indikator sudah ada termuat
|
|||
Merumuskan tujuan
pembelajaran
|
Sudah tersedia
|
V
|
Sudah tersedia
|
|||
Menentukan cakupan
materi pembelajaran
|
Tidak ada cakupan
materi
|
V
|
Pada petunjuk
penggunaan buku tidak tertera cakupan materi
|
Guru melengkapi dengan
langkah lankah dalam kegitan pembelajaran
|
||
Menentukan pendekatan
|
Tidak ada pendekatan
|
V
|
Pada petunjuk
penggunaan buku tidak tertera pendekatan yang dianjurkan pendekatan saintifik, standar proses dan standar
|
Guru melengkapi
pendekatan dalam kegitan pembelajaran
|
||
Menentukan model
|
Sudah ada
|
V
|
||||
Menentukan strategi
|
Tidak ada strategi penggunaan buku guru pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
|
V
|
Pada petunjuk
penggunaan buku tidak tertera strategi dalam pembelajaran
|
Guru melengkapi
strategi dalam kegitan pembelajaran
|
||
Menentukan metode
|
Metode sudah ada
|
V
|
Tetapi tidak di
jabarkan cara kerja metode tersebut
|
Guru melengkapi dengan
metode
|
||
Menentukan media,
sumber dan alat
|
Tidak ditulis media,sumber dan alat yang akan
dipakai dalam pembelajaran
|
V
|
Pada petunjuk
penggunaan buku tidak tertera media,sumber dan alat
|
Guru melengkapi dengan
media,sumber dan alat pembelajaran
|
||
Mendeskripsikan langkah
pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model, dan metode
|
langkah-langkah
pembelajaran sudah ada
|
V
|
Ada pada petunjuk buku
guru
|
|||
B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Menilai Pengetahuan
-
Contoh instrumen
-
Pembahasan
|
Sudah ada
|
V
|
Ada pada petunjuk buku
guru
|
|||
Menilai Sikap
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
Sudah ada
|
V
|
Ada pada petunjuk buku
guru
|
|||
Menilai Keterampilan
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
Tidak ada
|
V
|
Tidak ada pada petunjuk
buku
|
Guru melengkapi
penilaian dengan instrumen dan rubrik
|
||
Portofolio
|
Ada tetapi instrumen
dan rubrik tidak ada karena hanya
berisi perintah-perintah untuk melakukan observasi
|
V
|
Ada pada petunjuk buku
guru
|
|||
Penilaian Diri
|
Sudah ada
|
V
|
Ada pada penilaian
proses belajar
|
|||
Penilaian Antar Teman
|
Tidak ada
|
V
|
Tidak ada pada buku
petuniuk guru
|
Guru melengkapi
penilaian dengan penilaian antar teman
|
||
Informasi Pengayaan
Belajar
|
Sudah ada
|
V
|
Ada pada buku guru
|
|||
Informasikan hubungan
guru dan Orang tua
|
Tidak ada
|
V
|
Tidak ada pada buku
petuniuk guru
|
Guru melengkapi
penilaian dengan informasi hubungan guru dan orang tua
|
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku
guru
Buku guru ini kurang pas dipakai
sebaga buku panduan guru karena dalam
penjabaran materinya dan langkah-langkahnya kurang perinciannya.
|
|
RUBRIK
PENILAIAN ANALISIS BUKU GURU
Rubrik penilaian
analisis buku guru digunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta
pelatihan terhadap buku guru sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah
penilaian hasil analisis
1. Cermati format penilaian analisis buku
guru serta hasil analisis peserta yang akan dinilai
2. Berikan
nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis
|
3. Setelah
selesai penilaian masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen sehingga menghasilkan nilai hasil analisis buku guru
Comments
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply