LK 2.2 ANALISIS BUKU GURU

Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments


LK- 2.2
 
Analisis Buku Guru

PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
1.       Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2.       Merencanakan tindak lanjut berdasarkan  hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.


Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku guru  yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku guru yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis

Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Guru
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku guru  yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya 
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku guru dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek kegiatan guru
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.       Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku guru tersebut.  Jika sesuai dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.       Setelahmelakukananalisisbuku guru danbuku siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara buku guru dan buku siswa  yang Anda analisis.


FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku        : SOSIOLOGI
Kelas                    :   X
Jenjang               :  SMA
Topik                     : Fungsi dan Peran Sosiologi dalam Kehidupan Masyarakat
Kegiatan  Guru
Isi buku yang relevan dengan  kegiatan guru
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik

A.  Perencanaan Pembelajaran

Menentukan KI dan KD yang berkaitan
Kompetensi dasar  sesuai dengan silabus



V

KD  sesuai karena yang tertera uraian KI

Menentukan alokasi waktu
Alokasi waktu yang di bua tidak sesuai dengan silabus

V

Waktu tidak sesuai dengan silabus

Merumuskan indikator
Indikator  pengetahuan,Sikap dan Keterampilan sudah terintegrasi


V

Indikator sudah ada  termuat


Merumuskan tujuan pembelajaran
Sudah  tersedia


V

Sudah tersedia

Menentukan cakupan materi pembelajaran
Tidak ada cakupan materi




V
Pada petunjuk penggunaan buku tidak tertera cakupan materi
Guru melengkapi dengan langkah lankah dalam kegitan pembelajaran
Menentukan pendekatan

Tidak ada pendekatan


V
Pada petunjuk penggunaan buku tidak tertera pendekatan yang dianjurkan  pendekatan saintifik, standar proses  dan standar

Guru melengkapi pendekatan dalam kegitan pembelajaran
Menentukan model

Sudah ada

V



Menentukan strategi

Tidak ada  strategi penggunaan buku guru  pada perencanaan dan pelaksanaan  pembelajaran



V
Pada petunjuk penggunaan buku tidak tertera strategi dalam pembelajaran
Guru melengkapi strategi dalam kegitan pembelajaran
Menentukan metode

Metode sudah ada

V

Tetapi tidak di jabarkan cara kerja metode tersebut
Guru melengkapi dengan metode
Menentukan media, sumber dan alat

Tidak  ditulis media,sumber dan alat yang akan dipakai dalam pembelajaran


V
Pada petunjuk penggunaan buku tidak tertera media,sumber dan alat
Guru melengkapi dengan media,sumber dan alat pembelajaran
Mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model, dan metode

langkah-langkah pembelajaran sudah ada


V

Ada pada petunjuk buku guru


B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Menilai Pengetahuan
-          Contoh instrumen
-          Pembahasan


Sudah ada


V

Ada pada petunjuk buku guru

Menilai Sikap
-          Contoh instrumen
-          Rubrik

Sudah ada



V

Ada pada petunjuk buku guru

Menilai Keterampilan
-          Contoh instrumen
-          Rubrik
Tidak  ada





V
Tidak ada pada petunjuk buku
Guru melengkapi penilaian dengan instrumen dan rubrik
Portofolio

Ada tetapi instrumen dan rubrik  tidak ada karena hanya berisi perintah-perintah untuk melakukan observasi

V

Ada pada petunjuk buku guru

Penilaian Diri

Sudah ada
V


Ada pada penilaian proses belajar

Penilaian Antar Teman
Tidak ada


V
Tidak ada pada buku petuniuk guru
Guru melengkapi penilaian dengan penilaian antar teman
Informasi Pengayaan Belajar

Sudah ada

V

Ada pada buku guru

Informasikan hubungan guru dan Orang tua
Tidak ada


V
Tidak ada pada buku petuniuk guru
Guru melengkapi penilaian dengan informasi hubungan guru dan orang tua

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku guru
 Buku guru ini kurang pas dipakai sebaga buku panduan guru karena  dalam penjabaran materinya dan langkah-langkahnya kurang  perinciannya.




R - 2.2
 
RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU GURU

Rubrik penilaian analisis buku guru digunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku guru  sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.    Cermati format penilaian analisis buku guru   serta  hasil analisis peserta  yang akan dinilai
2.    Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
Kurang (K)
≤ 70
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis

3.       Setelah selesai penilaian masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen    sehingga menghasilkan  nilai hasil analisis buku guru





Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK