LK 3.1 b PERANCANGAN PENERAPAN MODEL-MODEL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments
|
Lembar Kerja
Perancangan Penerapan Model-Model Pada Pembelajaran Sosiologi
Tujuan Kegiatan : Pada
kegiatan ini diharapkan peserta mampu
merancang pembelajaran Sosiologi dengan
menerapkan model Project Based Learning, Discovery
Learning dan Problem Based Learning
Langkah Kegiatan :
1.
Kerjakan secara berpasangan, pelajari konsep model-model
pembelajaran pada hand-out dan contoh-contoh penerapannya pada
pembelajaran sosiologi
2.
Cermati lembar kerja perancangan model
pembelajaran
3.
Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali
tatap muka yang sesuai salah satu
model. Sub topik/materi yang
dipilih sebaiknya sesuai dengan topik/materi yang telah dianalisis kelompok
Anda pada saat Analisis Buku
4.
Isilah Lembar Kerja perancangan model
pembelajaran sesuai dengan model yang Anda pilih
5.
Presentasikan hasil rancangan Anda
FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN
Model Project
Based Learning
Kompetensi Dasar
|
:
|
3. Mendeskripsikan fungsi
Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
4. Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi
Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
|
Topik
|
:
|
Fungsi
Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat
|
Sub Topik
|
:
|
Fungsi
Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat
|
Tujuan
|
:
|
-
Dengan kerja kelompok dan
berdiskusi, peserta didik dapat membuat laporan kajian gejala sosial di
masyarakat sekitar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x TM
|
TAHAP PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1. Penentuan Pertanyaan Mendasar
|
Di masyarakat terdapat beragam gejala sosial.
Bagaimanakah anda menggunakan ilmu sosiologi untuk mengkaji gejala sosial
tersebut?
|
2. Mendesain Perencanaan Proyek
|
Aturan untuk anggota:
-
Setiap anggota kelompok
berkewajiban melaksanakan kegiatan kelompok dari awal hingga akhir kegiatan
-
Jika ada anggota berhalangan
sehingga tidak mampu menyelesaikan tugas yang dibebankan kepadanya, maka
tugas akan dialihkan kepada anggota lain oleh ketua kelompok, dan kepada yang
berhalangan akan kehilangan 1 poin nilai/skor
Aktifitas anggota kelompok:
-
Mendesain kegiatan
-
Menyusun jadwal kegiatan
-
Menentukan berbagai subjek
pendukung
-
Menyusun laporan
-
Melakukan presentasi laporan
|
3.
Menyusun
Jadwal
|
-
Minggu ke 1 : menentukan gejala social yang akan dikaji dan
menyiapkan instrument pengamatan
-
Minggu ke 2 : melakukan
pengamatan
-
Minggu ke 3 : mendeskripsikan
hasil pengamatan dan melakukan analisis
-
Minggu ke 4 : menyusun laporan
-
Minggu ke 5 : melakukan
presentasi laporan
|
4. Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek
|
-
Guru memonitor ketercapaian pekerjaan
kelompok pada setiap tahapan kegiatan dengan menggunakan rubric (terlampir)
-
Guru melakukan penilaian sikap
|
5. Menguji Hasil
|
-
Guru menilai pekerjaan masing –
masing kelompok dari laporan pengamatan (proyek) dan presentasi meliputi:
a. Kemampuan pengelolaan (memilih topik, mencari informasi, pengelolaan
waktu dan pelaporan)
b. Relevansi (keseuaian dengan mata pelajaran)
-
Guru memberikan umpan balik
|
6. Mengevaluasi Pengalaman
|
-
Guru dan siswa melakukan
refleksi
-
Guru mendengar ungkapan
perasaan dan pengalaman peserta didik selama menyelesaikan proyek
-
Guru dan siswa membuat simpulan
temuan di lapangan sebagai jawaban dari pertanyaan besar yang sudah dibangun
di awal pertemuan pada bab ini
|
FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN
Model Discovery
Learning
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.
..…………………...............................................................
4. ..…..........................................................
…………………..
|
Topik
|
:
|
………...................................................…………………………..
|
Sub Topik
|
:
|
..............................................................................................
|
Tujuan
|
:
|
..........................................................................................
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x TM
|
TAHAP PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1. Stimulation (simulasi/Pemberian rangsangan)
|
|
2. Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
|
|
3. Data collection (pengumpulandata)
|
|
4. Data processing (pengolahan Data)
|
|
5. Verification (pembuktian)
|
|
6. Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Kompetensi Dasar
|
:
|
3..
4..
|
Topik
|
:
|
|
Sub Topik
|
:
|
|
Tujuan
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x TM
|
FASE-FASE
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
|
Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik
|
|
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
|
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
|
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
|
Comments
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply