LK 3.1 b PERANCANGAN PENERAPAN MODEL-MODEL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments


LK - 3.1b
 
Lembar Kerja                
Perancangan Penerapan Model-Model Pada  Pembelajaran Sosiologi

Tujuan Kegiatan   :     Pada kegiatan ini diharapkan  peserta mampu merancang  pembelajaran Sosiologi dengan menerapkan  model Project Based Learning, Discovery Learning  dan Problem Based Learning    
Langkah Kegiatan  :
1.    Kerjakan secara berpasangan, pelajari konsep model-model pembelajaran pada hand-out  dan contoh-contoh penerapannya pada pembelajaran sosiologi 
2.    Cermati lembar kerja perancangan  model pembelajaran   
3.    Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka yang sesuai salah satu    model. Sub topik/materi  yang dipilih sebaiknya sesuai dengan topik/materi yang telah dianalisis kelompok Anda pada saat Analisis Buku
4.    Isilah Lembar Kerja perancangan   model pembelajaran   sesuai dengan model yang Anda pilih
5.    Presentasikan hasil rancangan Anda
6.    Perbaiki rancangan jika ada saran atau usulan perbaikan




FORMAT   PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN  
       Model   Project Based Learning
Kompetensi Dasar
:
3. Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat
4. Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
Topik
:
Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat  

Sub Topik
:
Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat

Tujuan
:
-          Dengan kerja kelompok dan berdiskusi, peserta didik dapat membuat laporan kajian gejala sosial di masyarakat sekitar
Alokasi Waktu
:
 1 x TM

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.       Penentuan Pertanyaan Mendasar

Di masyarakat terdapat beragam gejala sosial. Bagaimanakah anda menggunakan ilmu sosiologi untuk mengkaji gejala sosial tersebut?

2.       Mendesain Perencanaan Proyek
Aturan untuk anggota:
-          Setiap anggota kelompok berkewajiban melaksanakan kegiatan kelompok dari awal hingga akhir kegiatan
-          Jika ada anggota berhalangan sehingga tidak mampu menyelesaikan tugas yang dibebankan kepadanya, maka tugas akan dialihkan kepada anggota lain oleh ketua kelompok, dan kepada yang berhalangan akan kehilangan 1 poin nilai/skor
Aktifitas anggota kelompok:
-          Mendesain kegiatan
-          Menyusun jadwal kegiatan
-          Menentukan berbagai subjek pendukung
-          Menyusun laporan
-          Melakukan presentasi laporan
3.       Menyusun Jadwal

-          Minggu ke 1 : menentukan  gejala social yang akan dikaji dan menyiapkan instrument pengamatan
-          Minggu ke 2 : melakukan pengamatan
-          Minggu ke 3 : mendeskripsikan hasil pengamatan dan melakukan analisis
-          Minggu ke 4 : menyusun laporan
-          Minggu ke 5 : melakukan presentasi laporan
4.        Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek

-          Guru memonitor ketercapaian pekerjaan kelompok pada setiap tahapan kegiatan dengan menggunakan rubric (terlampir)
-          Guru melakukan penilaian sikap
5.       Menguji Hasil


-          Guru menilai pekerjaan masing – masing kelompok dari laporan pengamatan (proyek) dan presentasi meliputi:
a.       Kemampuan pengelolaan (memilih topik, mencari informasi, pengelolaan waktu dan pelaporan)
b.      Relevansi (keseuaian dengan mata pelajaran)
c.       Keaslian (benar – benar karya siswa dan kontribusi guru)
-          Guru memberikan umpan balik
6.       Mengevaluasi Pengalaman
-          Guru dan siswa melakukan refleksi
-          Guru mendengar ungkapan perasaan dan pengalaman peserta didik selama menyelesaikan proyek
-          Guru dan siswa membuat simpulan temuan di lapangan sebagai jawaban dari pertanyaan besar yang sudah dibangun di awal pertemuan pada bab ini

FORMAT   PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN  
       Model   Discovery Learning
Kompetensi Dasar
:
3. ..…………………...............................................................
4. ..….......................................................... …………………..
Topik
:
………...................................................………………………….. 

Sub Topik
:
..............................................................................................
Tujuan
:
..........................................................................................
Alokasi Waktu
:
 1 x TM

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.   Stimulation (simulasi/Pemberian rangsangan)

2.   Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)

3.   Data collection (pengumpulandata)

4.   Data processing (pengolahan Data)

5.   Verification (pembuktian)

6.   Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)


     Model  Pembelajaran Problem Based Learning
Kompetensi Dasar
:
3..     
4.. 
Topik
:

Sub Topik
:

Tujuan
:

Alokasi Waktu
:
 1 x TM

FASE-FASE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada masalah

Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik

Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah



Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK