LK 3.1.a PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments
|
Lembar Kerja
Perancangan
Penerapan Pendekatan Saintifik pada
Pembelajaran Sosiologi
Tujuan Kegiatan : Melalui diskusi kelompok peserta mampu merancang
penerapan
pendekatan saintifik pada pembelajaran Sosiologi
Langkah Kegiatan :
1. Pelajari
hand out dan contoh penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran
sosiologi
2. Isilah Lembar Kerja perancangan pembelajaran yang tersedia
3. Setelah
selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda
4. Perbaiki
hasil kerja kelompok Anda jika ada masukkan dari kelompok lain
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1
Memperdalam nilai agama
yang dianutnya dan menghormati agama lain.
2.2
Merespon secara positif
berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar.
3.2
Mendiskripsikan fungsi
sisiologi dalam mengkaji sebagai gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat
4.2
Melakukan kajian , diskusi
dan menyimpulkan fungsi sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
|
Topik /Tema
|
:
|
Fungsi sosiologi dalam mengenali
gejala sosial di masyarakat
|
Sub Topik/Tema
|
:
|
1.
Pengertian
dan ruang lingkup sosiologi
2.
Metode
dalam sosiologi
3.
Penerapan
sosiologi dalam kehidupan sehari-hari
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Dengan memperhatikan gambar dan
diskusi, siswa dapat mengamati,
menanyakan, menganalisis dan mempresentasikan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang
terjadi dalam masyarakat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x 45 menit
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
Dengan disajikan gambar
siswa melakukan kegiatan observasi ,dan mendiskusikan hasil pengamatan
|
Menanya
|
Siswa setelah mengamati
gambar menumbuhkan rasa keingintahuan lebih lanjut dengan mengajukan berbagai
pertanyaan tentang fungsi sosiologi dalam kehidupan masyarakat dengan
menanyakan : kenapa di masyarakat terjadi kesenjangan sosial dalam masyarakat
|
Mengumpulkan informasi
|
Siswa saling
berbagi informasi melalui kerja kelompok untuk mengumpulkan berbagai informasi
yang terkait dengan tema yang dibahas. Informasi lain yang bisa dikumpulkan
antara lain mencari berbagai berita dan gambar kesenjangan sosial dari berbagai sumber seperti internet, media
massa,dll.
Berbagai
informasi tersebut kemudian diolah secara komprehensif untuk menjawab dan
menganalisa secara berkelompok dari berbagai pertanyaan yang diajukan pada
kegiatan menanya. Dengan mengumpulkan berbagai informasi tersebut, siswa
dapat mendapatkan penjelasan lebih lengkap sesuai dengan pertanyaan yang
diajukan.
|
Mengasosiasikan
|
Data-data yang diperoleh
dari mengumpulkan informasi di atas kemudian dihubungkan dengan pola dari
keterkaitan antar informasi seperti menentukan hubungan simetris atau
asimetris dalam gambar yang tersedia atau aksi-aksi demonstrasi lainnya.
Hubungan asimetris merupakan hubungan yang tidak memiliki persamaan antara
satu dengan lainnya.Hubungan simetris merupakan hubungan yang memiliki
persamaan dan dapat tercermin dari perilaku orang lain. Dengan adanya dua
hubungan ini, siswa diminta mengasosiasikan dengan mengidentifikasi isu-isu
yang dipilih oleh berbagai kelompok masyarakat dalam aksi
demonstrasinya.Apakah juga berbagai aksi-aksi demonstrasi yang dikumpulkan
juga melanggar aturan atau mengganggu ketertiban dan kenyaman orang lain?Dari
pengolahan informasi juga, siswa bisa mencari solusi bagaimana jalan keluar
agar aksi demonstrasi bisa berlangsung aman, lancar dan tidak ricuh. Siswa
juga dapat merefleksikan tindakan demonstrasi dalam kerangka interaksi
sosial.
|
Mengkomunikasikan
|
Membuat laporan secara
tertulis dan melaporkan hasilnya pada diskusi kelas melalui power
point.Diskusi dilakukan untuk mendapatkan tanggapan/komentar dan masukan dari
kelompok lainnya.
|
Comments
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply