LK 3.1.a PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments


LK- 3.1a

 
Lembar Kerja


Perancangan  Penerapan Pendekatan Saintifik pada  Pembelajaran  Sosiologi


 Tujuan Kegiatan        :    Melalui  diskusi kelompok peserta mampu merancang penerapan
                                                pendekatan saintifik pada pembelajaran Sosiologi
Langkah Kegiatan       :

1.  Pelajari hand out dan contoh  penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran sosiologi
2.   Isilah Lembar Kerja perancangan  pembelajaran yang tersedia
3.  Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda
4.  Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukkan dari kelompok lain



Kompetensi Dasar
:
1.1       Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain.
2.2       Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar.
3.2       Mendiskripsikan fungsi sisiologi dalam mengkaji sebagai gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat
4.2       Melakukan kajian , diskusi dan menyimpulkan fungsi sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat

Topik /Tema
:
Fungsi sosiologi dalam mengenali gejala sosial di masyarakat
Sub Topik/Tema
:
1.       Pengertian dan ruang lingkup sosiologi
2.       Metode dalam sosiologi
3.       Penerapan sosiologi dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran
:
Dengan memperhatikan gambar dan diskusi, siswa  dapat mengamati, menanyakan, menganalisis dan mempresentasikan fungsi sosiologi  dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat
Alokasi Waktu
:
3 x 45 menit

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati

Dengan disajikan gambar siswa melakukan kegiatan observasi ,dan mendiskusikan hasil pengamatan
Menanya

Siswa setelah mengamati gambar menumbuhkan rasa keingintahuan lebih lanjut dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang  fungsi  sosiologi dalam kehidupan masyarakat dengan menanyakan : kenapa di masyarakat terjadi kesenjangan sosial dalam masyarakat
Mengumpulkan informasi



Siswa saling berbagi informasi melalui kerja kelompok untuk mengumpulkan berbagai informasi yang terkait dengan tema yang dibahas. Informasi lain yang bisa dikumpulkan antara lain mencari berbagai berita dan gambar kesenjangan sosial  dari berbagai sumber seperti internet, media massa,dll.
Berbagai informasi tersebut kemudian diolah secara komprehensif untuk menjawab dan menganalisa secara berkelompok dari berbagai pertanyaan yang diajukan pada kegiatan menanya. Dengan mengumpulkan berbagai informasi tersebut, siswa dapat mendapatkan penjelasan lebih lengkap sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.
Mengasosiasikan


Data-data yang diperoleh dari mengumpulkan informasi di atas kemudian dihubungkan dengan pola dari keterkaitan antar informasi seperti menentukan hubungan simetris atau asimetris dalam gambar yang tersedia atau aksi-aksi demonstrasi lainnya. Hubungan asimetris merupakan hubungan yang tidak memiliki persamaan antara satu dengan lainnya.Hubungan simetris merupakan hubungan yang memiliki persamaan dan dapat tercermin dari perilaku orang lain. Dengan adanya dua hubungan ini, siswa diminta mengasosiasikan dengan mengidentifikasi isu-isu yang dipilih oleh berbagai kelompok masyarakat dalam aksi demonstrasinya.Apakah juga berbagai aksi-aksi demonstrasi yang dikumpulkan juga melanggar aturan atau mengganggu ketertiban dan kenyaman orang lain?Dari pengolahan informasi juga, siswa bisa mencari solusi bagaimana jalan keluar agar aksi demonstrasi bisa berlangsung aman, lancar dan tidak ricuh. Siswa juga dapat merefleksikan tindakan demonstrasi dalam kerangka interaksi sosial.
Mengkomunikasikan



Membuat laporan secara tertulis dan melaporkan hasilnya pada diskusi kelas melalui power point.Diskusi dilakukan untuk mendapatkan tanggapan/komentar dan masukan dari kelompok lainnya.


Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK