LK 3.2 PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments


  LK-3.2
 
Lembar Kerja
                           
PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
 Tujuan Kegiatan:       Pada kegiatan ini diharapkan  peserta mampu merancang  instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan  dalam pembelajaran Sosiologi
Langkah Kegiatan  :
1.       Kerjakan dalam kelompok, cermati contoh-contoh pengembangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan serta lembar kerja perancangan  instrumen penilaian
2.       Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk dari satu KD, sebaiknya topik/materi yang dipilih sesuai  dengan model-model pembelajaran yang telah dikembangkan oleh kelompok Anda
3.       Isilah Lembar Kerja perancangan  penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan  dengan contoh instrumen untuk masing-masing bentuk  penilaian
4.       Presentasikan hasil kerja kelompok  Anda
5.       Perbaiki rancangan instrumen penilaian jika ada saran atau usulan perbaikan


Format:
  Identitas Materi
Kompetensi Dasar
:
1.1  Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1  Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa 
2.2  Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
3.1   Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat
4. 1  Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
Topik/Materi
:
Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat  

Sub Topik/Sub Materi
:
Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat  


1.       Instrumen Penilaian Sikap
Indikator:  Selama pembelajaran berlangsung peserta didik menunjukkan sikap santun,  toleran, aktif, rendah hati, dan peduli.
a.       Observasi  (oleh guru)
Berilah tanda √ pada pilihan jawaban di bawah ini sesuai dengan kenyataan yang anda amati!
Kriteria penilaian:
4    : sangat baik
3    : baik
2    : cukup
1    : kurang


Rubric Penilaian Sikap Diskusi:

NAMA
ASPEK YANG DINILAI
RATA2
Mengemukakan pendapat secara santun
Mau mendengarkan argumentasi atau pendapat orang lain yang berbeda
Terlibat aktif dalam proses diskusi
Mau menerima keputusan kelompok meskipun tidak sesui dengan pendapat pribadi
Bersikap solutif terhadap permasalahan yang timbul pada saat berlangsungnya diskusi
ADAM






BUDI






CHADIJAH






DEWI






ENDANG






FORTUNA







b.      Penilaian Diri
Berilah tanda √ pada isian berikut dengan jujur sesuai suara hati nurani anda!

ASPEK YANG DINILAI
SANGAT SETUJU
SETUJU
TIDAK SETUJU
Saya bersyukur  karena diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa menjadi maklhuk paling sempurna di muka bumi



Saya merasa prihatin ketika melihat gejala social yang buruk



Saya merasa perlu melakukan perbuatan yang dapat membantu kesulitan orang lain yang saya temui



Saya memahami adanya perbedaan diantara sesama manusia dilihat dari latar belakang social budaya dan saya bisa menerima kenyataan akan perbedaan tersebut



Jika saya mengalami perbedaan yang berifat prinsip dengan orang – orang di sekitar saya, maka saya bisa mengambil sikap secara cerdas agar tidak terjadi konflik horizontal



Jika ada masalah diantara teman saya atau di lingkungan terdekat saya, maka saya mempunyai inisiatif / prakarsa untuk menyelesaikan masalah tersebut



Ketika lingkungan terdekat saya baik di sekolah,  rumah, teman bermain maupun kelompok belajar membutuhkan partisipasi saya, maka saya akan melakukannya dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab.





c.       Antar Peserta Didik
Berilah penilaian kepada teman sekelompokmu secara objektif menggunakan format berikut.
Kriteria penilaian:
4    : selalu
3    : sering
2    : kadang - kadang
1    : tidak pernah
Keterangan aspek yang dinilai:
-          Ide kreatif : mengemukakan alternative –alternatif topic pengamatan gejala social yang akan diangkat menjadi tema kelompok
-          Tanggung jawab: ikut aktif dalam setiap tahapan kegiatan
-          Peduli : ikut membantu dalam mengatasi kesulitan kelompok
-          Toleransi : menghargai perbedaan pendapat selama melakukan tugas kelompok

NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
JUMLAH
Ide kreatif
Tg jawab
Peduli
Toleransi
ADAM





BUDI





CHADIJAH





DEWI





ENDANG





FORTUNA






d.      Jurnal (oleh guru)
Isilah format jurnal berikut sesuai pengamatan anda secara otentik:
NAMA SISWA
TERMINOLOGI PENGAMATAN
KET
KE 1
KE 2
KE 3
KE 4
ADAM
………………………………………………………………
………………………………………………………………
……………………………………………………
………………………………………………………………

BUDI
………………………………………………………………
………………………………………………………………
……………………………………………………
………………………………………………………………

CHADIJAH
………………………………………………………………
………………………………………………………………
……………………………………………………
………………………………………………………………

DEWI
………………………………………………………………
………………………………………………………………
……………………………………………………
………………………………………………………………

ENDANG
………………………………………………………………
………………………………………………………………
……………………………………………………
………………………………………………………………

FORTUNA
………………………………………………………………
………………………………………………………………
……………………………………………………
………………………………………………………………


2.       Instrumen Penilaian Pengetahuan
KD 3.1: Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat
Indicator soal:
-          Dengan membaca contoh gejala social tentang kemiskinan, peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi sosiologi dalam mengkaji masalah kemiskinan di masyarakat.

a.       Tes Tertulis

-          Pilihan Ganda ( tidak ada)

-          Uraian

Contoh gejala sosial: kemiskinan di Jakarta
Jakarta sebagai ibukota Negara Republik Indonesia idealnya menjadi kota metropolitan yang warganya merasakan adanya keadilan, kesejahteraan, kenyamanan dan keamanan.  Namun demikian pada kenyataannya terlalu banyak warga masyarakat yang belum merasakan hal tesebut di atas. Salah satu gejala social yang bisa dilihat dengan kasat mata adalah banyaknya warga yang menggelandang, tidak memiliki pekerjaan dan tempat tinggal yang layak, serta tidak memiliki akses untuk mengenyam pendidikan.  Banyak diantara mereka tinggal di pusat kota, berdampingan dengan hingar bingar aktifitas pemerintahan, bisnis dan hiburan. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan antara kelas atas dengan bawah. Bagi kelas bawah yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sebagaimana lingkungannya, mereka ini dikategorikan sebagai masyarakat miskin.
Setelah membaca contoh gejala sosial di atas, jawablah pertanyaan berikut:
o   Menurut pendapat anda, kemiskinan pada contoh gejala social di atas dikategorikan sebagai apa?
-          Kemiskinan structural?
-          Kemiskinan kultural ?
Berikan argumentasi anda secara memadai!
o   Jika anda menggunakan ilmu sosiologi sebagai peneliti, apa yang bisa anda lakukan untuk menkaji gejala social tersebut? Jelaskan dengan argumentasi yang memadai!
o   Jika anda menggunakan ilmu sosiologi dalam pembangunan, apa yang bisa anda lakukan untuk menkaji gejala social tersebut? Jelaskan dengan argumentasi yang memadai!


b.      Tes Lisan (tidk ada)

c.       Tes Penugasan (tugas proyek)


3.       Instrumen Penilaian Keterampilan

KD. 4.1   Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
Indikator: 
-          Dengan melakukan kegiatan proyek (project based learning), peserta didik dapat menyusun laporan pengamatan gejala social dan melakukan presentasi

a.       Tes Praktik (tidak ada)

b.      Tes Proyek (tidak ada)
-       Proyek

-       Produk

c.       Portofolio
Kriteria penilaian ketercapaian:
4 : sangat tepat
3 : tepat
2 : kurang tepat
1 : tidak tepat
Rubric penilaian portofolio:

NO
TAHAPAN
INDIKATOR
KUALIFIKASI KETERCAPAIAN

Perencanaan
Ketepatan memilih topic gejala social.



Menentukan lokasi pengamatan



Menentukan informan yang akan dijadikan sumber data



Membuat jadwal kegiatan


Pelaksanaan
Melakukan kegiatan sesuai tahapan kerja



Melakukan kegiatan sesuai jadal



Kesesuaian antara topic yang dipilih dengan subjek yang diamati



Mendapatkan informasi yang sesuai dengan kriteria sumber data


Pelaporan hasil
Analisis hasil sesuai / terkait dengan konsep sosiologi mengenai gejala sosial



Penulisan laporan menggunakan bahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar



Sistimatika pelaporan sesuai  dengan kaidah yang ditetapkan







Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK