LK 3.2 PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Posted on | Thursday, August 28, 2014 | No Comments
|
Lembar Kerja
PERANCANGAN PENILAIAN
DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Tujuan Kegiatan: Pada kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan dalam pembelajaran Sosiologi
Langkah Kegiatan :
1. Kerjakan dalam kelompok, cermati
contoh-contoh pengembangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan serta lembar kerja perancangan
instrumen penilaian
2. Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema
untuk dari satu KD, sebaiknya topik/materi yang dipilih sesuai dengan model-model pembelajaran yang telah
dikembangkan oleh kelompok Anda
3.
Isilah
Lembar Kerja perancangan penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan dengan contoh instrumen
untuk masing-masing bentuk penilaian
4.
Presentasikan
hasil kerja kelompok Anda
5.
Perbaiki
rancangan instrumen penilaian jika ada saran atau usulan perbaikan
Format:
Identitas Materi
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1 Mensyukuri
keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Kuasa
2.2 Merespon
secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
3.1 Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai
gejala sosial yang terjadi di
masyarakat
4. 1 Melakukan
kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai
gejala sosial yang terjadi di masyarakat
|
Topik/Materi
|
:
|
Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di
masyarakat
|
Sub Topik/Sub Materi
|
:
|
Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di
masyarakat
|
1. Instrumen
Penilaian Sikap
Indikator:
Selama pembelajaran berlangsung peserta didik menunjukkan sikap santun, toleran, aktif, rendah hati, dan peduli.
a.
Observasi
(oleh guru)
Berilah tanda √ pada
pilihan jawaban di bawah ini sesuai dengan kenyataan yang anda amati!
Kriteria penilaian:
4 : sangat baik
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang
Rubric Penilaian Sikap
Diskusi:
b.
Penilaian
Diri
Berilah tanda √ pada isian
berikut dengan jujur sesuai suara hati nurani anda!
c.
Antar
Peserta Didik
Berilah penilaian kepada
teman sekelompokmu secara objektif menggunakan format berikut.
Kriteria penilaian:
4 : selalu
3 : sering
2 : kadang - kadang
1 : tidak pernah
Keterangan aspek yang
dinilai:
-
Ide
kreatif : mengemukakan alternative –alternatif topic pengamatan gejala social
yang akan diangkat menjadi tema kelompok
-
Tanggung
jawab: ikut aktif dalam setiap tahapan kegiatan
-
Peduli
: ikut membantu dalam mengatasi kesulitan kelompok
-
Toleransi
: menghargai perbedaan pendapat selama melakukan tugas kelompok
d.
Jurnal (oleh guru)
Isilah format jurnal berikut sesuai pengamatan anda secara otentik:
|
2.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
KD 3.1: Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji
berbagai gejala sosial yang terjadi di
masyarakat
Indicator soal:
-
Dengan
membaca contoh gejala social tentang kemiskinan, peserta didik dapat
mendeskripsikan fungsi sosiologi dalam mengkaji masalah kemiskinan di
masyarakat.
a.
Tes
Tertulis
-
Pilihan
Ganda ( tidak ada)
-
Uraian
Contoh gejala sosial: kemiskinan di Jakarta
Jakarta sebagai ibukota Negara Republik Indonesia idealnya menjadi
kota metropolitan yang warganya merasakan adanya keadilan, kesejahteraan,
kenyamanan dan keamanan. Namun
demikian pada kenyataannya terlalu banyak warga masyarakat yang belum
merasakan hal tesebut di atas. Salah satu gejala social yang bisa dilihat
dengan kasat mata adalah banyaknya warga yang menggelandang, tidak memiliki
pekerjaan dan tempat tinggal yang layak, serta tidak memiliki akses untuk mengenyam
pendidikan. Banyak diantara mereka
tinggal di pusat kota, berdampingan dengan hingar bingar aktifitas
pemerintahan, bisnis dan hiburan. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan
antara kelas atas dengan bawah. Bagi kelas bawah yang tidak mampu memenuhi
kebutuhan hidupnya sebagaimana lingkungannya, mereka ini dikategorikan
sebagai masyarakat miskin.
Setelah membaca contoh gejala sosial di atas, jawablah pertanyaan
berikut:
o
Menurut
pendapat anda, kemiskinan pada contoh gejala social di atas dikategorikan
sebagai apa?
-
Kemiskinan
structural?
-
Kemiskinan
kultural ?
Berikan argumentasi anda
secara memadai!
o
Jika
anda menggunakan ilmu sosiologi sebagai peneliti, apa yang bisa anda lakukan
untuk menkaji gejala social tersebut? Jelaskan dengan argumentasi yang
memadai!
o
Jika
anda menggunakan ilmu sosiologi dalam pembangunan, apa yang bisa anda lakukan
untuk menkaji gejala social tersebut? Jelaskan dengan argumentasi yang
memadai!
b.
Tes
Lisan (tidk ada)
c.
Tes
Penugasan (tugas proyek)
|
3. Instrumen
Penilaian Keterampilan
KD.
4.1 Melakukan kajian, diskusi dan
menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
Indikator:
-
Dengan
melakukan kegiatan proyek (project based
learning), peserta didik dapat menyusun laporan pengamatan gejala social
dan melakukan presentasi
a.
Tes
Praktik (tidak ada)
b.
Tes
Proyek (tidak ada)
- Proyek
- Produk
c.
Portofolio
Kriteria penilaian
ketercapaian:
4 : sangat tepat
3 : tepat
2 : kurang tepat
1 : tidak tepat
Rubric penilaian portofolio:
|
Comments
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply