MENGENAL MENTAL BLOCK DAN CARA MENGATASINYA

Posted on | Monday, February 15, 2016 | No Comments



Tahukah anda penyebab anak pesimis untuk belajar? 
Tahukah anda penyebab anak susah untuk displin?
Tahukah anda penyebab anak mudah patah semangat dan tak punya harapan?
Bagaimana cara mengatasinya?

Kondisi anak atau siswa yang susah untuk belajar adalah salah satu masalah besar terutama bagi orang tua atau guru. Anak yang malas belajar, susah diatur, semau sendiri, mudah patah semangat, sudah barang tentu akan menghambat prestasi mereka. Tidak hanya prestasi akademis di sekolah, namun juga prestasi hidupnya yaitu tidak berkembangnya mental dan kepribadian mereka secara matang.
Anak sebagai pribadi yang sedang berkembang baik secara fisik maupun psikologis, adalah pribadi yang membutuhkan perhatian dari orang dewasa agar ia tetap bisa tumbuh secara optimal. Salah satu hal yang sering menghambat pertumbuhan siswa terutama secara mental atau psikologis adalah adanya mental blocks (Mental blok). Mental blok atau hambatan mental adalah gejala hambatan secara mental / psikologis yang menyelubungi pikiran seseorang. Ia dapat muncul dari kekeliruan pengalaman hidup atau pergaulan, sisa traumatik masa lalu, sisa luka batin, sisa pengalaman yang tidak mengenakkan ketika kecil atau pengalaman buruk, fobia, kurangnya pemahaman, tidak memiliki pengendalian diri yang baik, maupun karena kekeliruan cara pandang terhadap sesuatu. Mental Blok juga bisa disebabkan oleh cara belajar/ pendidikan yang tidak tepat yang sebelumnya ia dapatkan.







Dampak dari mental blok ini bisa muncul dalam berbagai sikap atau tindakan yang mencerminkan bahwa seseorang tersebut mempunyai keterbatasan psikologis tertentu. Secara umum seseorang yang mengalami mental blok akan mengalami kecanggungan bertindak, kesulitan berbicara di depan umum, kesulitan mengaktualisasikan diri, kurang percaya diri, susah untuk belajar, susah diatur atau susah displin, bahkan dalam taraf tertentu bisa mengarah dalam bentuk sindrom “inferior complex” atau sindrom rendah diri.

Mental blok menyebabkan anak mempunyai citra diri negatif terhadap dirinya. Hambatan mental ini sering muncul pada diri anak seperti rasa tidak percaya diri atas kemampuan yang ia miliki. Sehingga anak tersebut merasa tidak bisa untuk berprestasi. Jika sudah demikian maka anak tersebut akan malas belajar, karena ia menganggap bahwa serajin apapun ia belajar ia tetap tidak bisa berkembang. Di dalam dirinya sudah terlanjur berkembang anggapan bahwa ia bodoh, IQ nya rendah, ia tidak menguasai mata pelajaran tertentu, dan berbagai anggapan yang intinya mencitrakan dirinya negatif dan tidak mampu menggapai prestasi.

Secara lebih sederhana, mental blok dapat dipahami dalam ilustrasi gajah berikut ini:
Pernahkan anda melihat pertunjukan sirkus?
Coba kita amati binatang buas atau binatang besar semacam gajah yang begitu menurut untuk melakukan apa saja. Gajah yang berbadan besar itu hanya ditambatkan dengan seutas tali pada tiang pancang kecil. Sebagai hewan yang berbadan besar sudah barang tentu memiliki kekuatan besar untuk mearikan diri atau behkan mencabut tiang pancangnya. Namun ternyata gajah itu hanya diam saja, bahkan seolah-olah menjadi makhluk lemah yang tidak mempunyai kekuatan untuk meloloskan diri. Kenapa bisa begitu? Karena gajah sudah dilatih dan dididik sedemikian rupa, agar menurut saja. Pikiran mereka terlanjur diprogram untuk melakukan apa saja sesuai perintah pawangnya. Sikap gajah tersebut merupakan salah satu contoh sederhana tentang mental block. Dimana gajah tersebut pikiran sadarnya telah terhalangi untuk melakukan tindakan positif yang memberdayakannya. Begitupun juga dengan seorang anak yang mengalami mental blok maka pikiran sadarnya akan terhalangi untuk melakukan tindakan positif yang memberdayakannya.


Cara Untuk Mengatasi Mental Blok:
Sebagai sebuah gejala mental, maka mental blok bisa diatasi dengan meningkatkan kapasitas mental itu sendiri, yaitu dengan meningkatkan rasa percaya diri. Meningkatkan rasa percaya diri pada orang yang mengalami mental blok lebih sulit dibandingkan dengan meningkatkan rasa percaya diri pada orang biasa, namun itu bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Orang yang mengalami mental blok pikiran bawah sadarnya sudah terprogram untuk tidak bisa memiliki percaya diri dengan baik, oleh karena itu ia tidak bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki. Itulah alasan kenapa mental blok sangat menghambat kemajuan seseorang. Jika mental blok ini masih dalam tahap wajar, untuk mengatasinya bisa dilakukan sendiri dengan usaha dan latihan yang dilakukan secara terus menerus. Namun dalam kondisi yang sudah berlarut, untuk menghilangkan mental blok ini diperlukan bantuan dari psikolog, terapis atau motivator untuk mengatasinya. 




Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi mental blok:

Nilai Diri Positif
Setiap orang terlahir ke dunia dengan potensi yang sama dari Tuhan, yaitu potensi jasadiyah dan ruhaniyah. Dua potensi ini menjadikan setiap orang mempunyai tugas besar dalam hidupnya yaitu sebagai pemakmur atau penyejahtera kehidupan. Setiap orang juga harus menyadari bahwa potensi besar yang telah dianugerahkan Tuhan kepadanya tersebut harus digunakan untuk berperan aktif dalam kehidupan. Dengan kesadaran seperti ini maka setiap orang akan menilai dirinya secara positif, yaitu sebuah cara pandang terhadap diri sendiri bahwa ia adalah makhluk dengan tugas besar untuk membesarkan kehidupan, sebagaimana setiap orang di muka bumi ini mempunyai tugas yang sama. 

Kenali penyebab rasa yang membuat tidak nyaman
Rasa tidak nyaman sering muncul baik ketika sendiri maupun berada di depan orang lain. Untuk dapat mengenali rasa ini maka perlu dilakukan proses rileksasi diri, sehingga jiwa atau mental dalam kondisi tenang serta tidak ada gangguan seperti suara ataupun gerakan apapun. Dalam kondisi yang tenang biasanya seseorang lebih mudah mengenali dirinya sendiri termasuk untuk mengenali kondisi-kondisi kejiwaannya sehingga ia bisa menganalisis gejala-gejala mental dalam dirinya serta memilih mana yang baik yang harus dipertahankan dan mana yang bguruk yang harus segera dibuang.

Gali kemampuan yang dimiliki
Setiap orang mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda, kalau diiukur nilai IQ-nya pasti setiap orang juga mempunyai nilai berbeda-beda. Namun setiap orang pasti mempunyai kelebihan sendiri-sendiri yang bisa ditonjolkan. Mental blok bisa ditimbulkan karena perasaan dan anggapan bahwa ia tidak mempunyai kelebihan apapun yang bisa diptimalkan dan ditonjolkan. Galilah kelebihan tersebut hingga anda menemukan kelebihan anda. Mungkin seorang siswa tidak jago matematika, tetapi ia jago dalam seni rupa, mungkin seortang siswa tidak ahli dalam sejarah tetapi ia sangat menguasai ilmu komputer. Oleh karena itu cobalah untuk menggali kemampuan atau kelebihan apa yang paling menonjol, kemudian kembangkan kelebihan tersebut hingga benar-benar menguasai. Kemudian harus berani menggunakan kelebihan tersebut di muka umum guna meningkatkan rasa percaya diri.

Berani berbicara di depan umum
Latih diri untuk berani berbicara dan berpendapat dalam sebuah kajian atau diskusi adalah cara paling efektif untuk menghilangkan mental blok. Dengan berani berbicara, berpendapat, menyanggah gagasan orang lain atau bahkan menawarkan gagasan baru dalam sebuah acara diskusi atau kajian akan lebih mempercepat meningkatkan kepercayaan diri.

Perbanyak pengetahuan
Rajin membaca, rajin mendengarkan, dan menggali informasi baru  adalah salah satu cara untuk mengatasi mental blok. Rasa percaya diri yang menurun bisa disebabkan oleh keadaan dimana seseorang merasa tidak mempunyai pengetahuan yang memadai akan suatu hal. Sehingga ia tidak berani mengeksplor dirinya terhadap hal tersebut. Dengan memperbanyak pengetahuan maka akan menyebabkan seseorang mudah dalam berkomunikasi atau bersosialisasi dengan lebih banyak orang.

Berani mencoba hal-hal baru
Aktifitas yang cenderung konstan dan tidak ada hal-hal baru yang menantang hanya akan menyebabkan keterkungkungan dan matinya kreatifitas. Dengan berani mencoba hal-hal baru seseorang akan lebih percaya diri untuk menghadapi berbagai tantangan dan hambatan sehingga ia terbiasa memaksimalkan kemampuan dirinya.

Jangan takut pada kesulitan
Takut pada kesulitan berarti takut untuk berkembang. Berani menghadapi dan menyelesaikan kesulitan berarti berani untuk meningkatkan kapasitas diri. Dengan berlatih menghadapi kesulitan maka seseorang akan siap kapanpun menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup. 

Tetap menjadi diri sendiri 
Faktor ketokohan seseorang atau role model adalah salah satu penyebab seseorang untuk berkembang atau bahkan menururn. Ketika seseorang mengidoalakan seseorang yang memacunya untuk berprestasi maka tentu ini akan membawa dampak yang positif, namun jika role model tersebut justru membuat seseorang menjadi menurun prestasinya ini berarti bahwa mengikuti atau mengekor pada orang lain harus segera dihindari. Jadilah diri sendiri dengan prinsip yang diyakini untuk diperjuangkan dalam hidup. 

Memperbanyak kawan atau aktif dalam sebuah organisasi 
Semakin banyak kawan maka akan melatih komunikasi dan interaksi dengan lebih banyak orang. Namun tidak semua orang gampang dalam mencari kawan, dengan berorganisasi adalah salah satu cara mendapatkan benayk kawan dengan mudah. Dengan aktif dalam berorganisasi memungkinkan seseorang akan melakukan berbagai macam kegiatan yang menuntut dirinya terlibat langsung berinteraksi dengan banyak orang lain. Oleh karena itu berperan aktif dalam berorganisasi menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan potensi diri.

Mempunyai goal atau tujuan yang jelas terhadap masa depan
Orang yang tidak mempunyai mimpi akan masa depannya berarti orang tidak ingin hidup di masa depan. Masa depan bukanlah suatu waktu yang lama, masa depan adalah masa setelah saat ini, yang berarti akan segera terjadi. Orang yang mempunyai goal atau tujuan yang jelas akan masa depannya biasanya akan lebih terstruktur hidupnya, baik pemikiran maupun  tindakannya. Goal yang jelas terhadap masa depan akan menjadikan seseorang lebih fokus dalam menjalani hidup, ini juga berarti bahwa ia akan lebih berani untuk mengoptimalkan segala potensi yang ada dalam dirinya untuk meraih tujuan tersebut. Tujuan masa depan atau juga mimpi masa depan bisa tercapai jika memang dibarengi dengan kesungguhan pemikiran dan tindakan.

Itulah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi mental blok. Masih ada beberapa cara lain yang intinya adalah keberanian untuk memaksimalkan setiap potensi yang ada dalam diri, baik potensi jasad mupun ruhani. Orang yang mampu menghilangkan mental blok dalam dirinya akan lebih cepat dalam berkembang serta memperoleh impian mereka.


http://www.lamperan.net/2016/02/mengenal-mental-block-dan-cara-mengatasinya.html

Comments

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK