HOLISTIC LEARNING METHODS
Posted on | Monday, May 9, 2016 | No Comments
Nio Gwan Chung (Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec)
dalam bukunya Muhammad SAW The Super Leader Super Manager menuliskan 20 metode
dan teknik pengajaran sebagai 'holistic learning methods', yaitu :
1. Learning conditioning (meminta diam untuk
mengingatkan, menyeru secara langsung dan perintah untuk menyimak dan diam
dengan cara tidak langsung);
2. Active interaction (interaksi pendengaran :
teknik berbicara, tidak bertele-tele pada ucapan dan tidak terlalu bernada
puitis, memperhatikan intonasi, diam sebentar ditengah-tengah penjelasan;
interaksi pandangan : eye contact dalam mengajar, memanfaatkan ekspresi wajah,
tersenyum);
3. Applied-learning (metode praktikum yang
diterapkan oleh guru dan yang dilakukan oleh siswa);
4. Scanning and levelling (memahami siswa
secara individu sesuai tingkat kecerdasannya);
5. Discussion and feed-back (metode yang logis
dalam memberikan jawaban dan membuat contoh sederhana yang mudah dipahami);
6. Story telling (bercerita);
7. Analogy and case study (memberikan
perumpamaan dan studi kasus nyata di sekitar kehidupan);
8.
Teaching and Motivating (meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan
yang tinggi);
9.
Body language (membuat penyampaiannya bertambah terang, lebih pasti dan jelas;
menarik perhatian pendengar dan membuat makna yang dimaksud melekat pada
pikiran; mempersingkat waktu);
10.
Picture and graph technology (penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan);
11.
Reasoning and argumentation (mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang
sulit dan berat agar dipahami oleh siswa);
12.
Self reflection (memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu
pertanyaan agar siswa dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran);
13.
Affirmation and repetition (pengulangan kalimat dan ucapan nama);
14.
Focus and point basis ( menggunakan teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar
atau poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa);
15.
Question and answer metodh (teknik bertanya untuk menarik perhatian pendengar
dan membuat pendengar siap terhadap apa yang akan disampaikan kepadanya);
16.
Guessing with question (penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar
keingintahuan);
17.
Encouraging student to ask (guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada
siswa untuk berani mengajukan pertanyaan : bertanya dapat menghapus kebodohan
serta memperbaiki pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas
cara penyampaian pelajarannya);
18.
Wisdom in answering question (menyikapi orang-orang yang mengajukan pertanyaan
sesuai dengan tingkat pengetahuannya; menyikapi si penyanya dengan sikap yang
bermanfaat baginya);
19.
Commenting on student question (memberikan komentar terhadap jawaban siswa);
20.
Honesty (seorang guru harus menanamkan sikap mulia berani mengakui
ketidaktahuan ke dalam diri siswanya. ucapan 'aku tidak tahu adalah bagian dari
ilmu')
Sumber:
kompasiana.com
Comments
The Teachers
About Me
TEACHERS' PROFILE
SISWA BERPRESTASI
EDUCATION LINKS
- BERITA PENDIDIKAN
- CATATAN DARI KEGIATAN LESSON STUDY
- DIGITAL REPOSITORY UNIMED
- DIGITAL REPOSITORY USU
- FORM DATA GURU DAN PENGAWAS DIKMEN
- GURU PEMBAHARU
- JOURNAL OF TEACHING SOCIOLOGY
- JURNAL LIPI
- KORAN PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- PENDIDIKAN UNTUK SD DAN SMP
- PORTAL EDUKASI TERBESAR DI INDONESIA
- PORTAL INFORMASI PTK
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
GOVERNMENT
UNIVERSITIES
SCHOLARSHIP LINKS
S2 KEPENGAWASAN P2TK DIKMEN KEMENDIKBUD
TANJABBAR
BAHAN AJAR SOSIOLOGI
EVALUASI BELAJAR
- B.INGGRIS (KLS X SMA/SMT.II)
- PAK (KLS X SMA/SMT.II)
- PREDIKSI SOAL OLIMPIADE SOSIOLOGI
- SIMULASI TRY OUT I UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SIMULASI TRY OUT II UN SOSIOLOGI TAHUN 2016
- SOSIO KLS X SMT.II
- SOSIO KLS XI SMT.II
- SOSIOLOGI (KLS X SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XI IPS SMA/SMT.II)
- SOSIOLOGI (KLS XII IPS SMA/SMT.II
Leave a Reply