8 PERSIAPAN GURU SEBELUM MENGAJAR

Posted on | Wednesday, July 20, 2016 | 1 Comment



Salam super...
Selamat datang tahun ajaran semoga generasi penerus bangsa kita semakin berkualitas, mungkin seiring dengan banyaknya libur setelah lebaran mood mengajar bapak ibu guru belum pulih sepenuhnya, berikut 8 tips agar bapak ibu guru bisa mempersiapkan dengan baik sebelum mengajar.
Guru dalam melaksanakan tugasnya wajib untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang tugas yang dipikulnya sebelum tugas rutinitas itu dilakukan. Persiapan bukan hanya tentang bahan-bahan ajar saja (administrasi), tetapi meliputi kesiapan diri guru secara keseluruhan sebelum berdiri di depan kelas.


1. Siapkan mood yang baik Bangun pagi seawal mungkin agar tidak timbul kejadian terburu-buru. Saat bangun pagi, biasanya mood (suasana hati) masih terbawa alam mimpi. Mujur kalau mimpinya yang asyik-asyik dan indah tentu mood Anda akan baik. 

Bagai mana jika mimpinya seram, sedih, marah, atau menyakitkan tentu mood saat bangun pagi jadi kurang baik. Untuk itu saat bangun tidur (pagi) jangan langsung meninggalkan tempat tidur. Menggeliatlah sepuasnya; Hirup dalam-dalam udara pagi yang menyegarkan; sapalah (dengan ucapan) angin, api, air, dan tanah semampu Anda (bayangkan dalam hati ke-4 elemen tersebut), bersyukurlah kepada Tuhan karena Anda dapat bangun dan bertemu kembali dengan dunia yang baru saja Anda tinggalkan. Mudah-mudahan mood Anda pagi itu akan baik. Perlu diketahui bahwa mood pagi hari dapat mempengaruhi semua aktifitas seseorang sepanjang hari lho.

2. Membersihkan diri Sebelum mandi, Anda dapat melakukan senam ringan dengan berlari-lari kecil di halaman rumah. Selepas itu pergilah ke kamar mandi, pastikan bahwa Anda mandi (jangan tak mandi) serta melaksanakan segala aktivitas kamar mandi (misalnya BAB). Jangan menggosok (membersihkan) gigi dulu, cukup berkumur-kumur saja. Gosok gigi dapat dilakukan setelah sarapan pagi dan jika telah merasa tidak ada lagi makanan yang akan dikunyah hingga 3-4 jam ke depan.

3. Sarapan Sarapan pagi sesuai kebutuhan saja, jangan berlebihan. Maksudnya jangan kekenyangan atau masih terasa lapar. Minum susu atau teh manis yang rendah kadar gulanya. Jenis makanan pagi terserah diri kita masing-masing, yang penting cukup mengandung karbohidrat dan zat gizi (vitamin dan protein) untuk memberi energi yang cukup ketika berada di depan kelas. Untuk penderita maag, siapkan saja bekal untuk dimakan ketika perut mulai memintanya.


4. Penampilan Untuk memastikan penampilan Anda menarik, jangan lupa berdiri di depan cermin beberapa saat. Rapikan rambut, pakaian dan atributnya, serta jangan lupa memakai parfum kesayangan Anda (bagi yang suka wewangian) agar suasana hari itu akan lebih bermakna. Ingatlah bahwa kebanyakan siswa menyukai guru yang berpenampilan menarik.

5. Tinggalkan (lupakan sementara) masalah pribadi Jangan sesekali membawa “masalah” yang bersifat pribadi ke kelas. akibatnya akan sangat mempengaruhi kualitas kerja Anda. Memang bagian ini agak sulit untuk di praktikkan. Tapi dengan pengaturan dan jadwal yang ketat, yaitu berlatih untuk tidak mencampuradukkan segala urusan, akan membantu kita menjadi terbiasa tidak membawa masalah (urusan) yang tidak berhubungan langsung dengan bidang pekerjaan yang sedang dikerjakan.

6. Berangkat dengan berdoa Yakin segala perlengkapan ke sekolah telah disiapkan? Melangkahlah dengan kaki kanan terlebih dahulu saat berada di depan pintu dan siap untuk berangkat. Jangan lupa berdoa memohon kepada Tuhan agar Anda di ridhoi untuk beraktifitas pada hari itu.

7. Santai dalam perjalanan Di perjalanan menuju sekolah, senyumlah sekedarnya pada orang yang memandang ke arah Anda. Sapa, jika orang yang Anda temui mengenal Anda dengan baik. Jangan timbulkan kesan terburu-buru dalam perjalanan. Tetaplah terlihat “santai” walaupun saat itu Anda hampir terlambat sampai. Bernyanyi dalam hati ketika di perjalanan akan lebih menggairahkan Anda untuk menjalani rutinitas. Tidak dianjurkan bersiul dalam perjalanan.

8. Masuk kelas dengan senyuman Sapa rekan kerja Anda dengan senyuman, tanyakan kabar mereka. Ingatlah bahwa Anda dan rekan Anda adalah satu tim yang hebat dan bertanggung jawab dalam mencerdaskan anak bangsa. Sekarang, Anda telah siap untuk berdiri di depan kelas. Sapa siswa/siswi yang telah merindukan kehadiran Anda dengan senyuman yang paling manis di pagi itu.

Comments

One Response to “8 PERSIAPAN GURU SEBELUM MENGAJAR”

  1. ibu kartikasari
    February 8, 2017 at 9:58 AM

    Berkat Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si.
    Pengangkatan Guru Honorer Melalui Jalur Khusus di BKN Pusat
    "Bismillahirahmanirahim...
    Berkat Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. yang banyak
    membantu saya, saya sekarang lulus CPNS dan SK saya akhirnya bisa
    keluar,itu adalah kisah hidup dari saya, jika anda ingin seperti saya
    anda bisa,Hubungi Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. No HP Beliau: 0852-5552-2745
    siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda
    menjadi PNS.
    Saya berharap untuk ke depannya semakin banyak lagi
    yang bisa lulus dengan bantuan Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. . atau bisa
    lihat profil beliau di http://www.bkn.go.id/unit_kerja/aidu-tauhid ,Selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,Terima kasih

Leave a Reply

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

My fellows

GUEST BOOK